Misteri Bunuh Diri Masal Burung Jalak

Misteri Bunuh Diri Masal Burung JalakHalo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ada banyak kasus bunuh diri setiap tahunnya dimana-mana, terutama terjadi di kota-kota besar, tekanan dan himpitan hidup memicu orang-orang untuk mengakhiri segalanya, namun berbicara tentang bunuh diri dalam skala yang lebih luas, maka kita akan dengan mudah menemui keanehan yang benar-benar misterius, karena ternyata, bunuh diri tidak hanya dilakukan oleh manusia saja, namun juga pada hewan-hewan, yang tentu saja kasus aneh ini memicu alarm tanda tanya. Seperti dalam tulisan berikut dimana sekelompok burung melakukan bunuh diri, lantas apa artinya bila ada kawanan burung melakukan bunuh diri massal dengan menenggelamkan diri mereka ke dalam kolam? Itulah realita yang terjadi di Inggris dan para ahli sedang berjuang untuk menemukan alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

Burung starling *Sturnus vulgaris atau burung jalak versi Eropa pernah tersebar luas di Inggris bahkan di sebagian besar wilayah dunia, namun anehnya populasi mereka telah menghilang pada tingkat yang mengkhawatirkan dalam beberapa tahun terakhir, umumnya karena telah hilangnya daerah bersarang dan sumber makanan mereka. Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh Zoological Society of London yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, populasi burung jalak jenis ini di Inggris telah menurun dari 45 juta ekor di tahun 1980, dan hanya menjadi sekitar 3,4 juta ekor saja saat ini, jumlah ini membuat mereka menjadi spesies yang terdaftar dalam list merah yang terancam punah. Lantas apakah yang menyebabkan burung-burung jalak ini menghilang? Dan apakah hal ini juga yang memicu mereka untuk melakukan bunuh diri?

Misteri Bunuh Diri Masal Burung Jalak
Kawanan burung jalak
Apapun teori yang akan muncul. Namun studi ini menemukan 12 kasus di antara tahun 1993 dan 2013, di mana kawanan burung jalak sekitar 2-80 ekor ditemukan tewas tenggelam. Tenggelam adalah cara yang sangat langka bagi burung untuk mati sehingga penemuan ini tentu saja sangat membingungkan. Otopsi tidak menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit atau luka dari serangan. Semua tanda yang ada menunjukkan mereka melakukan aksi bunuh diri.

Jadi mengapa burung jalak melakukan bunuh diri secara berkelompok? Salah satu teori adalah karena kepadatan jumlah mereka saat mereka minum atau mandi. Namun, bahkan dengan jumlah populasi mereka yang terus menurun, kawanan burung jalak dalam kelompok besar kadang-kadang masih menenggelamkan diri mereka sendiri ke sebuah kolam atau genangan air. Burung muda yang belum cukup kuat atau cukup berpengalaman untuk berurusan dengan jumlah burung yang banyak di ruang terbatas mungkin akan terjebak di bawah air? Bisa jadi.

Burung jalak mandi
Apakah burung jalak yang mandi bisa menyebabkan mereka tenggelam?
Kemungkinan lainnya adalah bahwa burung jalak mungkin salah mengira bahwa genangan air atau kolam tampak seperti tanah padat dan mereka berakhir tenggelam pada upaya pendaratan. Karena spesies hewan ini adalah burung sosial, maka kawanan burung jalak yang mati menunjukkan bahwa banyak dari mereka hanya mengikuti kerumunan kawanan saja yang mengakibatkan kematian mereka sendiri.

Namun tetap saja tidak ada satu pun dari penjelasan yang mungkin untuk kasus bunuh diri burung jalak yang tenggelam yang bisa meyakinkan para ahli, jadi mereka meminta siapa saja yang menemukan kawanan burung jalak yang tenggelam untuk melaporkan hal tersebut ke situs Zoological Society di Garden Wildlife Health.

Seperti biasa, kematian massal hewan adalah alasan untuk sebuah kekhawatiran, terutama jika hal tersebut disebabkan oleh manusia atau jika ada hal lain yang bertanggung jawab atas kematian mereka, bisa saja memiliki potensi untuk naik bergerak ke atas di dalam rantai makanan. Dengan terganggunya rantai makanan, tentu saja pengaruhnya akan meluas dan berujung bisa membahayakan manusia itu sendiri. Semoga saja para ahli mampu menemukan jawaban dari semua kematian aneh tersebut dan menemukan solusi yang tepat agar keseimbangan alam tetap terjaga. Sekian, terimakasih, semoga anda sudi untuk berfikir dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Hantu Himalaya
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.