Cara Membuat Terarium

Cara Membuat Terarium

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Apa itu Terarium ya? Terarium adalah sebuah seni menempatkan tanaman di dalam kaca, seni Terarium saat ini telah berkembang dan menjadi awal yang penting dalam ilmu botani untuk desain interior modern. Seni ini termasuk jenis kerajinan yang memakai pedoman dasar geometris, dan para penggemar Terarium menemukan kebebasan yang luar biasa saat melangkah jauh dari keteraturan dan masuk kedalam dunia di luar standar sebuah tanaman.

Mungkin tidak semua penghuni rumah atau apartemen merasa bisa berkebun. Nah jika anda ingin tanaman hijau tapi anda hanya memiliki ruangan minimal, anda bisa membuat sendiri dunia mini yang penuh dengan tanaman subur dan indah dengan membuat terarium anda sendiri? Dan tentu saja dengan skill yang cukup, anda bisa membuat tanaman-tanaman ini tampil menggemaskan. Baiklah, dalam tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Terarium sendiri, selamat membaca ;)

Cara membuat Terarium
PERSIAPAN BAHAN:
  • Sebuah jar kaca bening, vas, mangkuk, gelas, atau apa pun wadah kaca menarik yang anda miliki.
  • Lem kaca (Opsional, jika anda ingin memvariasikan wadah dengan sambungan pecahan kaca)
  • Batu, kerikil atau potongan kaca daur ulang
  • Arang aktif (kadang-kadang disebut karbon aktif)
  • Pot yang sesuai tanah untuk tanaman anda
  • Lumut atau rumput mini (opsional)
  • Barang-barang dekoratif (opsional)
  • Berbagai tanaman kecil
  • Sendok atau sekop
  • Gunting
  • Sarung tangan
persiapan alat dan bahan terarium

Sumber wadah bisa anda dapatkan dari toko barang bekas atau toko barang antik, atau mungkin anda bisa mencari sendiri di sekitar rumah anda untuk sebuah toples kaca tua. Bahkan stoples jelly sederhana atau botol kalengan kaca biasa bisa membuat terrariums indah. Mereka dapat dibiarkan terbuka atau tertutup dan itu benar-benar terserah pada anda. Semua perlengkapan lainnya bisa dibeli di pusat berkebun lokal anda.

Adapun jenis tanaman, adalah kreasi anda sendiri tanpa batas, tetapi umumnya mencari tanaman kecil yang dapat dimuat di dalam jar anda dan tidak akan tumbuh terlalu tinggi. Beberapa tanaman akan memiliki batang sehingga anda bisa mengkreasikan mereka lebih jauh. Untuk memastikan bahwa terarium yang akan anda buat akan berhasil, anda perlu untuk mengetahui sifat tanaman-tanaman tersebut, misalnya tumbuhan pakis dan tanaman tropis, mereka membutuhkan jumlah air dan tanah yang bervariasi. Nah jika anda akan ingin menanam kaktus tanah pada pot tua, Kreasi batuan kerikil dapat digunakan sebagai lapisan drainase sedangkan arang aktif membantu menjaga terarium tetap sehat, dan lumut dapat digunakan untuk dekorasi dan untuk membantu penyerapan dan menahan air.

LANGKAH 1: Siapkan Container

Bersihkan wadah yang ingin anda gunakan untuk membuat Terarium, pastikan tidak ada zat yang bisa menganggu tanaman yang akan anda tanam, cuci hingga benar-benar bersih. Bayangkan bagaimana anda ingin mengatur tanaman anda di dalam toples.

LANGKAH 2: Tambahkan Drainase

Setelah wadah siap, isi bagian bawah dengan batu atau kerikil. Hal ini untuk membuat layer drainase buatan sehingga air dapat menetap dan tidak membanjiri tanaman. Tingkat kedalaman batuan benar-benar tergantung pada ukuran kontainer anda.

Drainase terarium

LANGKAH 3: Tambahkan Arang Aktif

Tambahkan beberapa arang, tidak perlu terlalu banyak, hanya cukup untuk menutupi batuan. Arang akan berfungsi meningkatkan kualitas dunia tanaman kecil anda termasuk mengurangi bakteri, jamur dan bau.

arang terarium

LANGKAH 4: Tambahkan Tanah

Sekali lagi, kaktus dan jenis tumbuhan succulents lainnya membutuhkan tanah khusus dibandingkan dengan kebanyakan tanaman lainnya, jadi pastikan untuk mendapatkan tanah yang sesuai tergantung pada tanaman yang akan anda tanam. Tambahkan tanah secukupnya sehingga akar tanaman akan memiliki banyak ruang untuk menyesuaikan diri dan kemudian tumbuh. Ini bertujuan agar tingkat kedalaman tanah sedikit lebih besar dari ketinggian pot tanaman. Jika perlu tambah sedikit pupuk tanaman, namun perhatikan kadar keperluan pupuk terhadap jumlah tanaman, yang terbaik gunakan pupuk alami seperti kompos.

Tanah terarium

LANGKAH 5: Tanam Tanaman Anda

Ambil tanaman anda dan bersihkan tanah yang menempel di akarnya. Lakukan semua ini dengan lembut. Jika memungkinkan, anda bisa memangkas akar jika di rasa sangat panjang, jangan khawatir, karena akar akan tumbuh kembali. Menggunakan sendok, atau jari anda untuk menggali lubang dimana anda akan menempatkan tanaman akar anda. Tambahkan sedikit tanah lagi di sekitar bagian atas tanaman dan padatkan agar tanah turun di sekitar pangkal tanaman. Terus tempatkan tanaman kecil anda dalam wadah dan jauhkan tanaman anda dari tepi. Daun cenderung menyentuh sisi wadah, tetapi usahakan untuk menjauhkannya sebisa mungkin.

tanaman terarium

LANGKAH 6: Tambah Aksesoris

Setelah anda selesai menanam tanaman anda, anda dapat menambahkan aksesori kecil seperti lumut kering atau lumut hidup, mainan tua, manik-manik kaca, benda logam mengkilap, tongkat, batu, atau bahkan lapisan atau batu, semuanya bisa anda kreasikan sesuai keinginan anda. Ini adalah dunia kecil anda dimana anda dapat menempatkan apa pun yang anda inginkan di sana.

LANGKAH 7: Pembersihan dan Air

Bersihkan seluruh bagian sisi wadah kaca anda agar tampak mengkilap dan indah. Berikan terarium sedikit air. Tidak seperti kebanyakan tanaman rumah anda, terarium tidak perlu terendam air, hanya beberapa tembakan air saja itu sudah cukup.

Tips dan Trik Merawat Terarium
- Seiring waktu, anda perlu memantau kebutuhan air terarium anda berdasarkan tingkat kekeringan tanah. Untuk terrariums dengan wadah tertutup, jika air menetes dari atas, buka tutup untuk biarkan air menguap. Demikian juga, anda mungkin perlu menambahkan air jika terlihat kering. Anda tidak perlu untuk memberikan air terlalu sering.

- Jika daun mati atau layu, segera buang dari terarium untuk menjaga kesehatan sistem eco kecil Terarium anda.

- Jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung. Ingat bahwa pada dasarnya wadah kaca dan sinar matahari langsung melalui kaca akan memerangkap panas dan menghanguskan tanaman. Tempatkan dalam cahaya tidak langsung untuk hasil terbaik.

Berikut beberapa koleksi gambar tanaman Terarium yang mungkin bisa menginspirasi anda:

Cara Membuat Terarium
Terarium kubus

Cara Membuat Terarium

Cara Membuat Terarium

Cara Membuat Terarium

Cara Membuat Terarium

Cara Membuat Terarium

Cara Membuat Terarium


Cara Membuat Terarium

Nah bagaimana emosi muda? Ternyata membuat Terarium tidak terlalu sulit ya kan? Hasil dari kerajinan ini akan sangat bervariasi tergantung dari kreasi dan imajinasi anda, semakin sering anda bereksprimen tentu hasilnya juga akan semakin baik. Akhirul kalam, nikmati dunia kecil anda atau mungkin anda akan bereksprimen untuk membuat Terarium unik lainnya! Terimakasih, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum. Special Thanks to: inhabitat.com

Baca Juga; Romantisme Taman Berbunga
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.