Api Jenis Baru, Lebih Panas Dan Berpotensi

Api Jenis Baru, Lebih Panas Dan Berpotensi

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Untuk waktu yang lama para petugas pemadam kebakaran hutan mungkin telah lama mengetahui tentang tornado api, sejenis badai pusaran api. Semacam fenomena mematikan yang dapat terjadi ketika api berputar naik ke udara dalam kondisi atmosfer khusus tertentu. Pusaran api jenis ini dapat membakar jauh lebih panas dan lebih cepat daripada api biasa, dan jelas pusaran api menjadi lebih berbahaya saat kebakaran hutan atau kebakaran kimia terjadi.

Nah baru-baru ini, ilmuwan peneliti api di University of Maryland telah menemukan cara untuk memanfaatkan potensi pusaran api dalam rangka menciptakan api yang lebih efisien yang dapat meningkatkan berbagai aplikasi pada industri atau ilmiah. Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh University of Maryland, jenis baru dari api ini disebut "pusaran biru" karena warna dan tampilan bentuk api ini.

Api Jenis Baru, Lebih Panas Dan Berpotensi
Gambar dari University of Maryland menunjukkan "pusaran api biru" di atas air.
Para peneliti telah mempublikasikan hasil mereka dalam Proceedings National Academy of Sciences. Menurut penelitian mereka, api biru yang berpusar ini mungkin bisa jadi akan menjadi teknik baru untuk memerangi emisi dari mesin pembakaran atau untuk membersihkan tumpahan minyak dan kimia:

"Pusaran api dikenal karena ancaman intens dan bencana yang ditimbulkan pada kehidupan dan lingkungan di sekitarnya, sifat pusaran mereka tersebut dan dengan efisiensi pembakaran yang menjadi lebih tinggi menyiratkan potensi yang belum dieksploitasi untuk efisiensi yang lebih tinggi dari pembakaran rendah emisi. Pemahaman dan kontrol dari pusaran api biru dan pendahulunya, pusaran api, akan menyarankan kita cara-cara baru untuk remediasi tumpahan bahan bakar, mengurangi polusi pembakaran, dan penelitian mekanika fluida".

Warna biru dari pusaran api tersebut berasal dari oksigen yang ditemukan dalam reaksi. Warna kuning yang umumnya ditemukan pada tornado api terlihat karena panas yang terpancar dari partikel jelaga yang tidak sepenuhnya terbakar karena kekurangan oksigen. Dengan ketepatan dalam mengendalikan pasokan aliran oksigen, peneliti dapat membuat pembakaran bersih yang sempurna pada pusaran api biru yang membakar hampir 100% dari pasokan bahan bakar mereka.

Api Jenis Baru, Lebih Panas Dan Berpotensi
Pusaran api biru membakar jauh lebih efisien daripada bentuk-bentuk lain dari api.
Michael Gollner, seorang asisten profesor teknik proteksi kebakaran di University of Maryland percaya bahwa meskipun dengan sifat berbahayanya, kekuatan api biru berpusar ini bisa dimanfaatkan untuk kemajuan umat manusia dan lingkungan kita. Menurut Gollner, bagian dari aplikasi potensial terletak pada efisiensi tornado api ini sendiri:

"Pusaran api jauh lebih efisien daripada bentuk-bentuk lain dari pembakaran karena menghasilkan peningkatan panas secara drastis pada permukaan bahan bakar, yang memungkinkan mereka untuk membakar lebih cepat dan lebih baik. Dalam percobaan kami di atas air, kami melihat bagaimana sirkulasi generasi api berpusar juga membantu untuk menarik bahan bakar. Jika kami bisa mencapai keadaan yang mirip dengan pusaran biru pada skala yang lebih besar, kita bisa lebih mengurangi emisi udara menjadi jauh lebih bersih dari pembersihan tumpahan".

TORNADO API


Oke, mungkin terdengar seperti ide yang bagus, bisa menghadirkan teknologi baru semacam mesin bahan bakar yang jauh lebih irit, atau kompor irit gas? Namun masalahnya, disetiap teknologi selalu juga ada kesempatan untuk mengubah teknologi menjadi senjata mematikan, dan jika memang kedepan teknologi pusaran api ini berhasil di aplikasikan, semoga saja teknologi ini benar-benar bisa bermanfaat bagi manusia, khususnya di negeri kita dimana Rp. 7000 dari satu liter harga BBM dirasa cukup mahal meski harga sebungkus harga rokok dianggap murah. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.