Yuk Dengarkan Musik Aneh Dari Bintang Tua Berusia 13 Miliar Tahun

Yuk Dengarkan Musik Aneh Dari Bintang Tua Berusia 13 Miliar Tahun

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Jika ditanya terdengar seperti apa ya suara ruang angkasa? Mungkin kebanyakan dari kita akan menganggap bahwa di luar sana akan benar-benar sunyi senyap karena ruang angkasa adalah area vakum. Namun ternyata bintang-bintang juga menghasilkan suara lho! Ah yang benar? Buktinya sebuah tim astrofisikawan dari University of Birmingham telah membuktikan hal tersebut, mereka merekam 'lagu' dari bintang kuno di galaxy Bima Sakti, dan menciptakan beberapa suara musik yang jelas terdengar sangat aneh.

Rekaman suara ini datang dari empat buah bintang di sebuah cluster berusia 13 juta tahun di gugusan galaxy Bima Sakti yang disebut M4, dimana mereka merupakan salah satu gugusan bintang tertua di galaksi kita. Anda dapat mendengarkan bintang-bintang ini bernyanyi dalam sebuah paduan suara yang saya sertakan dalam file suara di bawah ini, atau anda bisa mendengarkan suara dari masing-masing bintang yang di rilis oleh University of Birmingham di dalam sebuah layar interaktif ini di SINI.

REKAMAN SUARA BINTANG


Para peneliti menangkap suara ini berasal dari resonansi osilasi yang terjebak di dalam bintang, dan suara ini tidak hanya menarik untuk didengarkan. Suara ini juga memprovokasi perubahan yang sangat kecil, atau seperti dalam kecerahan bintang, dan juga dapat memberikan kita banyak informasi tentang galaksi tempat kita tinggal. Dengan mengukur nada osilasi ini, maka mungkin bagi kita untuk menentukan massa dan usia bintang dalam disiplin ilmu yang disebut astroseismology.

Yuk Dengarkan Musik Aneh Dari Bintang Tua Berusia 13 Miliar Tahun
Cluster bintang-bintang M4
Seorang Profesor bernama Bill Chaplin, yang memimpin kolaborasi internasional di asteroseismology menjelaskan:

"Sama seperti arkeolog yang dapat mengungkapkan masa lalu dengan menggali bumi, kita juga dapat menggunakan suara di dalam bintang untuk melakukan arkeologi galaxy".

Memang, dengan menggunakan astroseismology, para astronom dapat mengungkap informasi yang tepat dan akurat tentang beberapa bintang tertua daripada orang-orang sebelumnya yang telah mempelajari hal ini dengan menggunakan metode lain yang berbeda.

Dr Andrea Miglio dari University of Birmingham School of Physics dan Astronomy, yang memimpin penelitian ini mengatakan dalam sebuah pernyataannya:

"Kami sangat senang untuk dapat mendengarkan beberapa peninggalan kuno dari bintang-bintang di awal alam semesta. Bintang-bintang yang telah kita pelajari benar-benar merupakan fosil hidup dari masa pembentukan galaksi kita, dan kami sekarang berharap untuk dapat membuka rahasia tentang bagaimana spiral galaksi-galaksi terbentuk, seperti kita sendiri, terbentuk dan berevolusi".

Hmm menarik sekali, bahkan luar angkasa saja memiliki suara, ini benar-benar di luar dugaan kita, dan tentu saja penemuan ini akan sangat membantu para ilmuwan untuk terus mencari tahu informasi-informasi yang tentunya akan sangat berguna dalam ilmu pengetahuan manusia kelak. Lantas bagaimana dengan suara sangkakala? Dengan adanya penemuan ini, sepertinya hal itu akan sangat sangat mungkin. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum. Credit image CC by 3,0 Mike Durkin on Flickr.

Baca Juga; Rekaman Suara Alien

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.