Ternyata Ada Bulan Kecil Yang Sedang Mengorbit Bumi

Ternyata Ada Bulan Kecil Yang Sedang Mengorbit Bumi

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Siapa sangka ternyata bulan yang selama ini kita kenal tidak sendirian, karena rupanya ada objek angkasa lain yang telah mengorbit bumi kita selama setidaknya dalam 100 tahun terakhir, dan tetap tidak ditemukan sampai beberapa bulan yang lalu. Mungkinkah karena benda antariksa ini berukuran sangat kecil hanya dengan diameter 40 meter saja? Apakah benda angkasa ini akan tetap berada di orbitnya yang terpencil atau malah akan cukup dekat untuk menyebabkan tabrakan dan menuai bencana di bumi? Lantas dengan nama apa kita harus menyebutnya, bulan kecil?

Namun para pengamat antariksa tidak melihat objek ini sebagai bulan mini yang mengorbit bumi, melainkan sebuah asteroid yang dinamakan 2016 HO3, sebuah asteroid yang dianggap sebagai satelit quasi planet bumi.

Dalam pernyataan NASA dari penemuan ini, Paul Chodas dari Center for Near Earth Object (NEO) yang mempelajari hal ini di Jet Propulsion Laboratory mengungkapkan bahwa asteroid 2016 HO3 pertama kali terlihat pada tanggal 27 April, 2016, oleh Pan-STARRS1, sebuah teleskop survei asteroid di Haleakala, Hawaii - USA.


Estimasi objek ini berdiameter antara 37 dan 91 meter (120-300 kaki) dan orbit terpencilnya membuat ruang antara ia dan Bumi berada pada jarak sekitar 38 sampai 100 kali jarak dari Bulan. Chodas menggambarkan orbit ini sebagai "tarian kecil bersama bumi" yang membuat 2016 HO3 bergerak cukup jauh untuk melarikan diri gravitasi bumi, tetapi tidak cukup dekat untuk menjadi ancaman, jarak terdekatnya masih berada pada 9 juta mil (14 juta km) jauhnya.

Salah satu asteroid lainnya, 2003 YN107 mengikuti pola orbital yang sama untuk sementara waktu lebih dari 10 tahun yang lalu, tetapi sejak objek tersebut telah pergi dari sekitar kita. Asteroid baru ini jauh lebih terpaku dengan kita. Perhitungan kami menunjukkan bahwa 2016 HO3 telah menjadi satelit quasi stabil Bumi selama hampir satu abad, dan akan terus mengikuti pola ini sebagai pendamping Bumi selama berabad-abad yang akan datang.

Ternyata Ada Bulan Kecil Yang Sedang Mengorbit Bumi

Lantas apakah asteroid 2.016 HO3 hanya satu-satunya satelit quasi Bumi yang sedang mengorbit kita? Mungkin tidak. Dimana ada asap, disitu ada api, dan di mana ada asteroid, tentu ada asteroid lainnya, sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada sangat melimpah asteroid yang berada di angkasa. Pada tahun 2012, para peneliti di University of Helsinki telah menghitung "di setiap waktu tertentu setidaknya ada satu asteroid dengan diameter minimal satu meter sedang mengorbit Bumi."

Hmm.. terus apakah kita sedang berada dalam bahaya dari ancaman asteorid 2016 HO3? Di satu sisi, NASA mengatakan asteroid 2016 HO3 akan tetap berada di orbitnya yang tak menentu untuk ratusan tahun kedepan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun di sisi lain, ingat! Ukurannya itu lebih besar dari asteroid yang menyebabkan peristiwa dahsyat Tunguska pada tahun 1908. Masih berpikir 2016 HO3 tidak perlu dikhawatirkan? Itu pilihan anda. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.