Kasus Aneh Kemunculan Api Misterius Dan Pyrokinesis

Kasus Aneh Kemunculan Api Misterius Dan Pyrokinesis

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Jika anda penggemar serial anime One Piece, kita tentu mengenal sosok Hiken No Ace yang memakan buah setan Mera Mera No Mi, yakni sebuah kekuatan api yang menakutkan. Nah di dunia nyata, kekuatan di luar kontrol kita ini terkadang hadir dan menyerbu serta membangkitkan teror dan misteri yang tidak memiliki jawaban sama sekali. Dalam beberapa kasus, jelas api misterius ini menjadi ancaman bahaya fisik. Mungkin, ada beberapa jenis kekuatan kasat mata yang cukup menakutkan yang menghantui ketika sesuatu yang tak tampak mendorong, menarik, menekan, atau membuat kerusakan lainnya yang benar-benar berbahaya. Aktivitas poltergeist memang telah lama melanda umat manusia, dan ada satu fenomena yang lebih mengganggu adalah fakta dimana ada banyak dari kejadian aneh ini ini benar-benar muncul dalam sosok api. Memang, ada banyak kepercayaan yang mengatakan bahwa sosok Iblis, setan dan jin berasal dari api. Nah di sini kita akan memeriksa beberapa dari banyak kasus kekuatan jahat yang bertanggung jawab untuk kemunculan api misterius ini.

Munculnya Api Tanpa Sebab
Salah satu kasus yang paling terkenal di dunia dari aktivitas poltergeist yang terkait dengan api adalah sebuah kasus yang diduga terjadi di Odon, Indiana, pada bulan April 1941. Awalnya semua baik-baik saja, William Hackler baru saja selesai menikmati sarapan dengan keluarganya ketika ia meninggalkan rumahnya dan mencium bau yang tak salah lagi adalah bau asap. Merasa khawatir, pria itu melihat ada asap hitam tebal keluar dari salah satu jendela atas. Hal ini sangat aneh karena keluarga ini tidak menyalakan api apapun dan rumah itu benar-benar tidak memiliki listrik sama sekali. Ketika Hackler tiba di lokasi kebakaran jelas, ia melihat bahwa nyala api berada di ruang yang tampaknya keluar dari dinding rumahnya sendiri. Departemen kebakaran lokal dipanggil dan api kemudian dipadamkan, setelah itu pihak pemadam kebakaran pun pergi.

Misteri belum berakhir, karena segera setelah pemadam kebakaran meninggalkan tempat itu, kebakaran lain terjadi di ruang tamu di lantai atas, dan ketika api ini diselidiki di tampaknya muncul dari dalam kasur yang ada di ruangan tersebut. Api dengan cepat segera merambat ke seluruh ruangan, dan keluarga ini sekali lagi menghubungi pihak berwenang. Pemadam kebakaran kembali memadamkan api, tetapi selama beberapa hari mendatang rumah itu terus mengalami kebakaran aneh, dan hanya dalam beberapa hari saja, sudah ada hampir 30 kebakaran kecil yang entah darimana asalnya selalu muncul disekitar rumah. Dalam beberapa kasus, api muncul secara spontan dari benda-benda di sekitar rumah, seperti salah satu api yang muncul dari sebuah buku, kasur, seprai, tirai, lemari obat, dan laci meja semuanya secara aneh meletup dan terbakar menjadi api, sering muncul tanpa ada tanda-tanda apapun, bahkan muncul di depan banyak saksi mata. Dalam satu kasus, sebuah buku terbakar habis sementara selimut di dekatnya tidak tersentuh sama sekali. Dan dalam setiap kasus tidak ada penyebab yang bisa disalahkan untuk semua kebakaran yang terjadi di rumah tersebut.

Kebakaran terus berlanjut, bahkan dalam sehari saja bisa terjadi lebih dari 28 kebakaran terpisah, pihak berwenang tidak dapat memastikan penyebab semua itu. Banyak teori yang dikemukakan pada saat itu, seperti dugaan bahwa itu semua hanya lelucon berbahaya yang dilakukan oleh anak-anak, atau bahwa fenomena itu disebabkan oleh medan magnet aneh atau gas alam, tetapi tidak ada yang benar-benar menjelaskan secara rinci keanehan yang terjadi di sini. Fenomena itu bahkan tidak berhenti sampai rumah itu dibongkar, dan tetap menjadi misteri yang tak terpecahkan.

Kemunculan Api Biru Misterius
Kasus lain yang cukup terkenal terjadi pada tahun 1932, di kota Bladenboro, North Carolina, di mana pasangan tua bernama H. Williamson dan istrinya Lydia diteror oleh kemunculan api secara terus-menerus, kebakaran misterius mewabah di sekitar rumah mereka. Insiden pertama adalah ketika tirai jendela di ruang makan tiba-tiba secara misterius mengeluarkan api, meskipun tidak ada sumber api berada di sekitarnya. Anehnya, api ini dilaporkan memiliki rona kebiruan, dan dilaporkan tidak dapat padamkan lewat cara normal. Akhirnya tirai tersebut dibiarkan terbakar habis sampai menjadi abu, dan kemudian api padam dengan sendirinya.

Kejadian terbakarnya tirai jendela adalah awal dari hadirnya api misterius di rumah tersebut. Hari berikutnya, satu set seprai dan setumpuk kertas yang disimpan di lemari kamar tidur terbakar oleh api biru yang sama, dan sekali lagi, api tidak bisa dipadamkan, hingga membakar habis. Anehnya, benda lain yang berada di dalam lemari tidak terbakar oleh api tersebut sama sekali. Api tersebut sepertinya memilih objek apa saja yang akan terbakar. Banyak kebakaran lainnya terjadi di sekitar rumah pada hari yang sama, termasuk sepasang celana yang digantung dan bahkan tempat tidur yang disaksikan oleh beberapa saksi. Secara total, ada 20 kebakaran misterius yang terjadi selama tiga hari.

Dan kejadian yang paling menakutkan adalah ketika gaun katun yang dipakai oleh nyonya Williamson tiba-tiba terbakar tanpa alasan persis saat dia memakainya, putri dan suaminya berhasil melepaskan gaun tersebut dengan cara merobek pakaian yang sedang menyala terbakar itu. Ganjilnya, tak satu pun dari mereka yang menderita luka bakar atau merasa panas, seakan-akan api hanya khusus menargetkan gaun itu saja. Diketahui saat itu nyonya Williamson tidak berada di dekat api dan ia juga bukan perokok, tidak ada yang bisa mengetahui darimana api mungkin berasal, dan ini menjadi teka-teki yang melanda tanpa ada penjelasan logika. Petugas energi listrik, pemadam kebakaran, dan polisi tidak dapat menemukan penyebab logis atau rasional untuk kasus kebakaran ini, karena tidak ada tanda-tanda kabel yang rusak atau terbakar, dan dalam setiap kasus tidak ada api yang sedang menyala, dan anehnya api yang muncul selalu berwarna biru. Dengan tidak diketahui penyebabnya dan karena sepertinya wabah api ini tidak akan berakhir, maka keluarga Williamsons memutuskan untuk pindah, wabah ini berhenti dengan sendirinya secara misterius sebagaimana awalnya ia muncul secara misterius pula.

Kejadian di atas segera beredar di ranah dunia paranormal, telah ada beberapa jumlah kritikan yang ditujukan pada kasus di kota Bladenboro tentang Api Poltergeist selama bertahun-tahun. Salah satu masalah utama adalah bahwa beberapa artikel yang ditulis pada saat insiden itu terjadi masih dipertanyakan, sehingga menghadirkan berbagai teori yang dibesar-besarkan, dalam salah satu laporan seperti yang ditulis oleh seorang bernama Vincent H. Gaddis, yang cukup terkenal untuk hal semacam ini, juga sebagai sumber populer untuk kasus ini, namun penulis tidak hanya dikenal karena hal sensasional seperti ini saja, tetapi juga ditulis jauh setelah peristiwa yang telah terjadi dan telah diduga memiliki banyak kesalahan faktual. Para skeptis telah mengklaim bahwa kebakaran itu mungkin tidak misterius karena bisa jadi memang sengaja dibuat-buat, dan kemungkinan besar disebabkan oleh putri mereka yang berusia 21 tahun, yang tampaknya sebagai penyebab dari semua kebakaran itu, serta rincian lainnya yang membuat kasus ini tampak menjadi lebih misterius itu dibesar-besarkan selama bertahun-tahun. Apapun yang benar-benar pernah terjadi, tetap saja kasus itu adalah salah satu kasus yang paling terkenal dari aktivitas poltergeist api.

Api Yang Mengikuti Keluarga Tuck
Sebuah kasus lain yang sama terkenalnya berkisah tentang Calvin Tuck dan istrinya Willie Bell, beserta enam anak-anak mereka, yang kesemuanya tinggal di sebuah rumah sewa dengan empat kamar di dekat Talladega, Alabama. Pada bulan Agustus 1958, keluarga Amerika keturunan Afrika yang miskin ini tiba-tiba terganggu oleh kebakaran kecil yang tampaknya muncul hampir di seluruh bagian rumah dengan tanpa alasan, anehnya api hanya menargetkan beberapa item yang tidak biasa, seperti salah satu contoh di mana sepotong roti di dapur meledak menjadi api atau item pakaian tertentu. Saksi yang mengklaim bahwa api berwarna biru kemerahan dan meninggalkan bau belerang di udara.

Tingkat kebakaran itu sendiri cukup intens, dengan setidaknya terjadi 52 kali kebakaran spontan dalam waktu singkat. Pada satu titik, kontraktor yang datang untuk memeriksa rumah mengklaim bahwa kebakaran terjadi setiap 15 menit, sering terjadi tepat di depan matanya sendiri. Jelas pemilik rumah sewa tersebut mengalami kerugian dan mencari tahu apa yang mungkin berada di balik kebakaran ini. Dalam setiap kasus kebakaran aneh ini ditemukan sering dimulai dari arah langit-langit, dan tidak satupun yang muncul dari lantai kecuali pada satu kasus dimana tempat tidur tiba-tiba terbakar. Menambah misteri lainnya adalah fakta dimana rumah sederhana itu memiliki atap logam dan tidak ada listrik, jadi tidak mungkin kabel listrik yang rusak bisa menjadi penyebabnya. Dinas Pemadam Kebakaran tidak tahu apa yang menyebabkan begitu banyak kebakaran seperti itu, dan penduduk setempat mulai berkumpul di luar rumah dengan ember air dalam upaya untuk membantu.

Kebakaran misterius terus berlanjut hingga mencapai puncaknya di satu hari di mana terjadi 22 kebakaran tanpa henti yang memusnahkan rumah, menghancurkan furniture dan menempatkan kehidupan keluarga malang ini dalam bahaya parah. Ketakutan dan tanpa asuransi, keluarga bingung ini dipaksa untuk mengosongkan rumah mereka yang telah hancur dan pindah ke struktur yang serupa yang tidak jauh dari lokasi pertama, berharap dengan kepindahan mereka maka kebakaran akan berhenti di rumah yang baru. Namun ternyata mereka salah. Segera setelah pindah ke tempat tinggal baru mereka, empat kebakaran dimulai disekitar rumah secara beruntun, merasa depresi dengan kejadian aneh tersebut telah mendorong Tuck untuk menumpuk harta keluarganya di halaman dan kemudian membakarnya, ia meyakini kekuatan supranatural alam yang menyebabkan semua itu akan berhenti jika semua barangnya telah dibakar. Sekali lagi, keluarga ini melarikan diri ke sebuah rumah baru, dan rumah kedua yang mereka tinggali sebelumnya dikatakan telah terbakar habis segera setelah mereka meninggalkannya.

Kali ini mereka tinggal di rumah kakak ipar Tuck, bernama Darnell Suttle. Apapun yang telah meneror keluarga ini tampaknya mengikuti mereka ke tempat tinggal ketiga ini, lima kebakaran secara cepat bermunculan di rumah Suttle juga. Dua orang petugas polisi yang menyelidiki kasus ini terkejut melihat selimut yang tergantung di pohon di halaman rumah tiba-tiba terbakar api tepat di depan mata mereka sendiri. Salah seorang petugas, Letnan Ben Cooley, mengklaim bahwa ia telah mencoba menyalakan bagian selimut yang tidak terbakar karena rasa ingin tahu dan anehnya bagian itu tidak terbakar sama sekali, tidak peduli dengan cara apa yang dia lakukan, menjadikan petugas polisi heran, "aku telah melihatnya, aku tidak akan percaya sebelum aku melihatnya sendiri."

Meskipun Tuck sendiri tidak ada di rumah pada saat itu, istrinya yang ketakutan mengatakan kepada petugas bahwa beberapa pakaian dan beberapa surat kabar di sekitar rumah secara spontan terbakar tidak lama sebelum mereka tiba. Para petugas tertarik untuk menemukan bukti barang hangus diseluruh bagian rumah, serta berbagai ember air yang telah ditinggalkan di setiap kamar untuk persiapan menghadapi api yang muncul tiba-tiba. Memang, tepat setelah polisi meninggalkan tempat tersebut, api kembali menyebar melalui beberapa tirai di ruang tamu.

Tucks akhirnya diminta untuk pergi oleh Suttle, karena ia merasa sudah cukup lelah dengan semua kebakaran ini. Keluarga miskin ini kemudian pindah ke rumah yang lain, kali ini pindah ke rumah ayah Tuck sendiri. Kehabisan akal tentang wabah kebakaran yang tampaknya terus mengintai keluarganya, Tuck yang mulai putus asa memutuskan pergi menemui seorang dukun Voodoo, yang mengatakan kepadanya bahwa "kutukan api" ini telah ditempatkan pada mereka. Sang dukun memberikan ramuan campuran khusus yang harus di kunyah keluarga itu selama tiga hari, serta beberapa obat rajah yang ditempatkan di dalam botol dan dikuburkan terbalik di halaman rumah mereka, yang membuat ia yakin akan mematahkan kutukan itu. Berpikir bahwa ia tidak mungkin rugi, Tuck kembali membeli obat tersebut dan mengikuti semua petunjuknya.

Namun semua rajah yang diberikan oleh dukun Voodoo tersebut terbukti tidak efektif. Hanya dalam minggu yang sama, setidaknya ada lebih dari tujuh kali kebakaran telah terjadi, salah satu kebakaran disaksikan langsung oleh petugas pemadam kebakaran, ketika api berkobar di sekitar beberapa jaket anak-anak. Sekali lagi, tidak ada yang tahu tentang apa penyebab kebakaran. Ketika sampai otoritas yang mewawancarai keluarga ini untuk penyelidikan mereka menemukan petunjuk dalam bentuk residu kehijauan aneh yang tertinggal setelah kain di atas meja meledak dan terbakar api dimana kepala pemadam kebakaran sendiri sedang duduk di sana. Itu adalah zat aneh yang membuatnya percaya bahwa ada seseorang yang mungkin entah bagaimana berada di balik kebakaran ini. Namun, tidak ada bukti konkret dan sementara kebakaran terus menerus terjadi, memaksa keluarga ini untuk bergerak sekali lagi, kali ini ke rumah seorang temannya yang tinggal berjarak 20 mil jauhnya.

Apa daya, kebakaran tidak berhenti dan otoritas setempat yang merasa frustasi menjadi semakin yakin bahwa pasti ada seorang pelaku yang harus bertanggung jawab, meskipun faktanya bahwa tidak ada yang memiliki petunjuk mengenai siapa yang bisa atau bagaimana mereka melakukannya. Selain itu, pemeriksaan yang cermat dari rumah yang telah ditargetkan tidak menemukan bukti zat yang mudah terbakar seperti bensin, dan tidak ada jejak aktivitas pembakaran, namun para pejabat bersikeras bahwa kebakaran itu pasti disebabkan oleh seseorang, mereka menolak untuk percaya bahwa kebakaran ini mungkin dipicu oleh kekuatan aneh yang mengikuti keluarga Tuck sendiri meskipun kesaksian dari saksi mata cukup banyak, termasuk dari polisi dan petugas pemadam kebakaran yang mengaku telah melihat kebakaran terjadi dengan tanpa alasan ketika tidak ada seorang pun di sana. Namun demikian, Marshall Fire Chief and State Fire menduga bahwa ada beberapa bahan kimia yang mudah terbakar yang mungkin digunakan.

Bahkan setelah analisis kimia dilakukan pada residu dan item dari rumah, satu-satunya hal yang muncul adalah jumlah jejak fosfor di wallpaper, tetapi tidak bisa dipastikan jika zat ini penyebab alami atau tidak. Fosfor juga merupakan substansi berbahaya yang sangat mudah menguap dan sulit untuk disimpan, serta sangat sulit untuk dikontrol atau digunakan bagi siapa pun kecuali orang yang mengerti dan tahu risiko yang terkait dengan itu. Fosfor adalah substansi yang tidak stabil, juga tidak mudah didapatkan, terutama dalam jumlah besar yang diperlukan untuk menyebabkan begitu banyak kebakaran. Pada akhirnya, dianggap bahwa rasanya akan tidak mungkin karena terlalu praktis dan berbahaya bagi seseorang untuk mendapatkan begitu banyak fosfor untuk kemudian mengangkut begitu banyak di sekitar rumah, menerapkannya, dan kemudian menyalakannya tanpa ketahuan sama sekali.

Bingung tanpa penjelasan, pihak otoritas tetap percaya bahwa seseorang harus bertanggung jawab, dan perburuan pelakunya terus dilakukan. Kemudian, setelah begitu banyak penyelidikan selama berbulan-bulan, anak Tuck yang berusia 9 tahun, Calvin Tuck, Jr. maju dan mengaku menjadi orang yang telah memulai kebakaran, ia mengklaim bahwa ia melakukannya dengan pemantik api atau dengan kain yang ia dapatkan untuk menakut-nakuti keluarganya agar bergerak kembali pulang ke kampung halaman mereka di Birmingham. Polisi percaya pada pengakuan ini dan mulai memberitakan bahwa misteri telah terpecahkan.

Sementara polisi menganggap ini menjadi akhir dari kasus ini, namun masyarakat, media, dan bahkan beberapa pejabat setempat masih merasa tidak yakin. Setelah semua ini, bagaimana bisa seorang anak berusia 9 tahun dengan cermat dan sangat ahli membuat begitu banyak kebakaran? Soalnya ada banyak saksi mata dimana ketika anak itu tidak ada di lokasi, api mulai muncul dari arah langit-langit atau dari dinding tepat di depan saksi mata yang merasa keheranan. Semuanya tampak tidak masuk akal hingga ke titik dimana Marshall kepala pemadam kebakaran benar-benar tidak percaya bahwa pengakuan itu datang dari seorang anak berusia 9 tahun, dan menganggap kasus ini sangat terbuka. Ada banyak orang yang telah menunjukkan fakta bahwa semua yang terjadi pada sebuah keluarga kulit hitam ini adalah sebuah pengakuan yang jelas dipaksa. Bagi banyak orang, kasus misterius ini tidak ditutup seperti yang pihak berwenang inginkan.

Api Dan Kabut Misterius
Kasus lainnya terjadi pada bulan Maret 1988, ketika Karen Gallo dan keluarganya di rumah mereka di pinggiran Chicago dari Orland Hills. Suatu hari, keluarga ini melihat kabut aneh di rumah mereka yang berbau belerang yang memicu mereka untuk menghubungi pemadam kebakaran untuk melaporkan kebocoran gas. Ketika pemadam kebakaran tiba, mereka tidak menemukan tanda-tanda adanya kebocoran gas, dan tidak bisa menemukan petunjuk tentang apa yang mungkin berada di balik kabut misterius tersebut.

Ketika petugas pemadam kebakaran beranjak pergi, kebakaran segera terjadi di tirai rumah dan furnitur lainnya mulai terbakar dengan sendirinya, mendorong pemadam untuk kembali memadamkan api. Merasa bingung, petugas pemadam kebakaran melihat bahwa kebakaran itu tampaknya berasal dari outlet listrik rumah, keluar seperti jet roket untuk alasan yang tidak diketahui. Anehnya api tidak merusak dinding atau lantai rumah, maupun soket listrik. Namun api terus bermunculan di sekitar rumah selama berminggu-minggu berikutnya, ke titik dimana rumah itu benar-benar di susun ulang kabel kelistrikan yang ada, namun kebakaran terus terjadi, kadang-kadang pada benda yang tidak berada di dekat outlet listrik.

Sebuah penyelidikan penuh dilakukan, udara, tanah, wallpaper, dinding, karpet, dan bahkan sampel darah dari keluarga ini dianalisis untuk mencari petunjuk tentang apa sebenarnya yang sedang terjadi, tetapi semua hasil tes menunjukkan tidak ada hal yang tidak biasa. Perusahaan asuransi juga menyarankan supaya rumah itu disusun ulang kembali semua kabel listriknya, namun kebakaran terus terjadi. Kurangnya bukti konkrit dan kebakaran tanpa henti serta kabut aneh memicu rumor bahwa rumah itu dikepung oleh kekuatan supranatural, dan orang-orang yang merasa penasaran sering singgah ke rumah itu untuk melihat apakah ada sesuatu yang luar biasa sedang terjadi. Sementara itu, penyelidikan terus dilakukan, dan seorang petugas polisi memiliki pengalaman aneh saat ia mewawancarai salah seorang putri keluarga ini yang berusia 14 tahun.

Diduga, ketika petugas mewawancarai gadis itu, detektor asap segera menyala di suatu tempat di lantai atas, yang memicu respon panik dari gadis tersebut, yang segera bangkit dan seolah-olah dia akan melarikan diri. Petugas berpikir bahwa api mungkin telah muncul, ia segera bergegas ke lantai atas untuk menyelidiki. Namun apa yang ia temukan tidak seperti apa pun yang pernah dilihat sebelumnya. Ruangan gadis itu malah dipenuhi oleh kabut tebal berwarna putih, yang anehnya kabut tersebut berhenti di ambang pintu. Hanya berkumpul di dalam ruangan itu sendiri, petugas melaporkan bahwa stop kontak telah mengeluarkan api biru. Karena khawatir, ia meraih alat pemadam kebakaran untuk memadamkannya, tapi isi tabung itu kosong. Api mulai menyebar di luar kendali dan membakar furnitur dan tempat tidur, akhirnya ada banyak orang datang untuk melawan api. Untungnya, api bisa dipadamkan sebelum dapat menyebar ke seluruh bangunan rumah, namun anehnya ditemukan bahwa ada tempat lain di luar ruangan ini juga telah rusak terbakar.

Sebagai buntut dari kejadian menakutkan ini, pihak berwenang mencuriga putri keluarga ini, polisi berpikir bahwa mungkin ia sengaja mengatur semua kebakaran ini. Namun, tidak ada yang bisa mengetahui bagaimana dia bisa mengatur agar api bisa menembak dari soket di dinding, dan masalah kabut aneh. Pada satu titik, rumah itu diputuskan dari jaringan listrik untuk beberapa waktu, tetapi bahkan kemudian api tetap menembak keluar dari soket listrik di dinding, mungkin bisa jadi itu adalah listrik alami. Anehnya, kebakaran selalu tampak sangat terlokalisasi, tidak pernah membakar apa pun kecuali apa yang awalnya ditargetkan, dan tidak pernah menyebar ke seluruh rumah. Fenomena aneh ini membingungkan semua orang.

Gallo sendiri menyatakan bahwa mereka tidak percaya bahwa kebakaran ini disebabkan oleh kekuatan supranatural, namun karena keadaan misterius dari kebakaran, kabut, kurangnya bukti untuk apa yang menyebabkan api muncul, dan tidak ada tersangka yang nyata untuk semua potensi pembakaran ini telah menghadirkan rumor lokal yang terus berputar-putar tentang hantu atau aktivitas setan. Pada akhirnya, Gallos pindah dan rumah itu dihancurkan, yang berarti bahwa kita mungkin tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi di sini. Dan selamanya masih menjadi misteri.

Terbakar Tanpa Sebab
Ada banyak kasus lain yang kurang terkenal seperti diatas. Pada tahun 1948, sebuah keluarga yang disebut Parsons Family diteror oleh kebakaran tak terjelaskan di rumah mereka di Flatrock, Ohio. Selama kejadian aneh ini, berbagai benda di sekitar rumah akan mengeluarkan api dalam keadaan aneh, seperti sebuah kamus yang ada didalam kotak kayu terbakar sampai menjadi abu sementara kotaknya malah tidak tersentuh api, tas gula di dapur, dan boneka di salah satu kamar tidur anak-anak mereka. Dalam banyak kasus dilaporkan bahwa kebakaran spontan akan segera padam jika ada yang mencoba untuk menyentuhnya, dan semua kebakaran itu terjadi jauh dari kabel listrik atau sumber api lainnya.

Sama seperti dengan kasus lainnya, pihak otoritas dan ahli seperti pemadam kebakaran, polisi dan National Fire Underwriters Laboratory serta bahkan Angkatan Udara tidak dapat mencari tahu apa yang sedang terjadi. Tidak ada bukti dari gangguan atau pelaku pembakaran, dan tidak ada penyebab yang jelas yang masuk akal dari kebakaran yang terus bermunculan. Menariknya, kebakaran diduga berhenti ketika ada seorang imam memberkati rumah tersebut. Kasus The "Flatrock Poltergeist" ini tidak pernah terjelaskan secara memuaskan.

Bintik Cokelat Pemicu Api
Lain halnya yang terjadi di tahun 1948 pada keluarga Willey, dari Macomb, Illinois, yang mengalami ratusan kebakaran tak terjelaskan di rumah pertanian mereka selama dua minggu. Dalam hal ini, kebakaran dikatakan dimulai dari penyebaran bintik-bintik coklat yang muncul pada wallpaper, bintik-bintik ini yang kemudian akan menyala menjadi api, meskipun fakta yang ada bahwa di rumah ini tidak kabel listrik. Dan sekali lagi, tidak ada yang bisa menemukan penjelasan apapun, meskipun Angkatan Udara menduga bahwa kejadian itu mungkin ada hubungannya dengan radiasi atau gas alam. Pada akhirnya, keluarga ini terpaksa pindah dari rumah mereka ketika salah satu kebakaran meratakan rumah mereka ke tanah.

Kasus Aneh Kemunculan Api Misterius Dan Pyrokinesis

Kemarahan Setan Api
Tarpon Springs, di Florida, juga telah lama diteror oleh hantu api. Menurut penduduk setempat, setiap satu tahun di satu wilayah tertentu dari hutan disitu akan meletus dan terbakar menjadi api, salah satu kebakaran terjadi seperti pada tahun 1952 yang meratakan 2.000 hektare hutan dan mengirim orang-orang untuk melarikan diri dari rumah mereka dalam jumlah besar. Butuh ratusan petugas pemadam kebakaran dan relawan lainnya untuk menghentikan api, dan penyebabnya belum sepenuhnya diketahui, meskipun penduduk setempat mengklaim bahwa kebakaran itu adalah karya jahat dari setan yang sedang marah.

Wabah Api Di Italia
Ada banyak fenomena yang sama seperti ini yang dilaporkan dari seluruh dunia. Pada bulan Februari 1990, sebuah rumah di Italia Utara terganggu oleh kebakaran misterius, yang dimulai ketika salah satu kotak sekering dari sebuah kediaman meledak dan menjadi kobaran api, namun anehnya setelah kotak sekering diganti, segera hancur dan terbakar lagi. Ketika petugas listrik kembali dengan peralatan mereka untuk menguji kotak sekering tersebut, mesin yang mereka bawa secara misterius mulai memanas hingga titik dimana komponen plastik mulai bergelembung dan mencair. Sejak saat itu benda-benda lain mulai terbakar, termasuk furniture, buku, dan bahkan mobil yang diparkir di luar rumah. Ada juga fenomena aneh lainnya yang dilaporkan ada di rumah itu juga, seperti pengunjung yang dilanda dengan sakit kepala yang mengerikan, mual, serangan panik dan halusinasi. Penyebab kebakaran dan fenomena lainnya ini tidak pernah ditemukan, meskipun ada teori yang menyatakan bahwa basis telekomunikasi US terdekat mungkin terkait dengan semua itu. Penduduk setempat percaya bahwa itu adalah pekerjaan roh-roh jahat atau setan.

Juga dari Italia ada kasus yang sama yang terjadi di desa Canneto di Caronia, Sisilia, di mana sekitar 20 rumah dikepung oleh kebakaran aneh selama empat bulan pada tahun 2004. Selama peristiwa misterius ini terjadi, peralatan listrik seperti TV, kulkas, AC dan bahkan ponsel dilaporkan meledak dan terbakar menjadi api secara spontan dan tanpa peringatan. Bahkan ketika aparat terkait telah mematikan listrik di desa tersebut namun kebakaran terus terjadi. Para ahli tidak menemukan penjelasan yang masuk akal untuk semua kasus itu, dan kasus itu diduga kemudian dikaji oleh Vatikan sebagai calon potensial untuk aksi pengusiran setan.

Gangguan Hantu Api
Pada bulan Juni 1989, pasangan muda yang tinggal di sebuah pondok sederhana di dekat Bury St Edmunds Suffolk UK mulai di ganggu hantu poltergeits di rumah mereka, hantu yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan benda-benda ini sering menganggu dengan menjatuhkan atau menggerakan benda, serta menekan dinding rumah mereka. Dalam satu insiden tersebut, sang istri berteriak di dapur mengklaim bahwa seseorang telah mendorongnya meskipun tak ada orang lain yang bersamanya. Aktivitas supranatural ini semakin meningkat menjadi insiden menakutkan di mana burung beo peliharaan mereka tewas ketika kebakaran secara spontan muncul dari dalam lemari, setelah kejadian itu, muncul suara tanpa wujud yang mengatakan "Menyenangkan, bukan?" Pasangan tersebut akhirnya diduga memanggil pendeta untuk mengusir hantu dari rumah mereka. Tidak jelas apakah pendeta tersebut benar-benar berhasil atau tidak.

Kita menuju ke kota London, Inggris, kasus lain yang dialami keluarga Hitchings, pada tahun 1954 mereka mengalami masa selama 4 bulan di mana wabah kebakaran mengkungkung mereka dalam cengkeraman teror. Selain kebakaran itu sendiri, keluarga ini juga diteror oleh fenomena hantu lainnya, seperti dicolek, ditarik atau didorong tangan tak terlihat serta mendengar suara-suara tanpa wujud. Dalam satu kasus, pakaian terbang melayang dengan sendirinya ke arah kompor listrik untuk kemudian terbakar di atas api, dan dalam kasus lain tempat tidur putri keluarga ini yang berusia 15 tahun, Shirley, tiba-tiba terbakar saat dia tidur di atasnya. Rupanya, hantu poltergeist tersebut tampaknya memang selalu mengikuti gadis itu, dengan sebagian besar kebakaran terjadi di sekitarnya dan hantu itu bahkan tetap mengikuti gadis itu meski di luar rumah.

Kasus Aneh Kemunculan Api Misterius Dan Pyrokinesis

Jin jahat yang mengikuti orang-orang tertentu adalah kejadian umum dalam kasus-kasus poltergeists api. Pada tahun 1983, Nadine Calcine berusia 12 tahun, dari Pulau Reunion, tampaknya juga ditargetkan sedemikian rupa. Pakaian yang dikenakan anak perempuan ini berulang kali terbakar tanpa benar-benar membakar kulitnya, tidak hanya pakaian, namun juga kasur dan selimutnya. Bahkan kebakaran akhirnya meratakan dua apartemen yang berbeda dimana dirinya tinggal, dan tidak ada yang bisa menjelaskan penyebabnya. Nadine sendiri merasa sampai pada kesimpulan bahwa dia telah dikutuk oleh seseorang dengan mantra dari sebuah kitab tebal awal abad ke-18 tentang esoteris dan sihir yang disebut "Little Albert Grimoire." Kasus ini masih belum terselesaikan.

Para Pembawa Api
Mashoba Mthembu, dari Hopewell, Afrika Selatan. Pada tahun 2011, Mashoba terbangun oleh bau asap dari kasurnya, yang lantas terus tumbuh menjadi api. Dari kejadian ini, kebakaran misterius mulai bermunculan di seluruh rumah, dan selalu terjadi di hadapan Mashoba, seolah-olah api memang selalu mengikutinya. Banyak dari kebakaran tersebut disaksikan oleh orang lain, termasuk petugas pemadam kebakaran yang mengaku telah melihat beberapa kebakaran tersebut secara spontan muncul di dalam rumah. Fenomena tersebut bahkan mengakibatkan rumah tetangga juga terganggu oleh api. Tidak ada penyebab masuk akal yang pernah ditemukan.

Ada juga kasus dari seorang pengasuh berusia 20 tahun di Italia bernama Carole Compton, yang tampaknya selalu membawa kebakaran aneh kemanapun dia pergi pada tahun 1982. Dalam setiap tiga pekerjaannya yang berbeda, kebakaran misterius selalu terjadi di hadapannya. Hal ini terus terjadi hingga pada titik di mana penduduk desa yang percaya tahayyul menuduhnya sebagai penyihir dan orang-orang takut untuk berada di dekatnya. Meskipun Compton menghabiskan beberapa waktu di penjara dan diadili untuk tersangka pembakaran, namun tidak ada bukti kuat yang dapat ditemukan untuk memenjarakannya, dan dia akhirnya dibebaskan.

Pyrokinesis - Kekuatan Api
Ada banyak teori tentang apa yang terletak di jantung fenomena dari kemunculan api secara misterius ini. Salah satunya adalah bahwa kita berhadapan dengan adanya aksi pembakaran secara murni yang dilakukan oleh seseorang, namun sementara penjelasan ini mungkin berlaku untuk beberapa situasi, dan tidak benar-benar cocok dengan semua rincian aneh dan peristiwa yang tampaknya mengorbit dari banyak kasus ini. Ada juga teori bahwa fenomena ini mungkin yang entah bagaimana terkait dengan radiasi, gelombang mikro, gelombang radio atau proses alami yang kita belum fahami. Ide lainnya adalah bahwa kasus kebakaran ini mirip dengan fenomena kasus terbakarnya manusia secara spontan, dimana hal itu sendiri tidak pernah benar-benar dapat dijelaskan. Ada juga tentu saja ide yang menyatakan bahwa semua kebakaran itu memang dimulai oleh aktivitas gaib supranatural.

Sebagian lainnya menyarankan bahwa kebakaran misterius bisa jadi adalah hasil dari manifestasi dari kemampuan Pyrokenesis, yang merupakan sebuah kemampuan yang diakui bisa menimbulkan kekauatan api yang membakar hanya dengan pikiran seseorang. Dalam skenario ini, subjek mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki kemampuan ini, dan adanya semacam trauma, gangguan, atau kemarahan, atau gejolak lainnya mungkin memicu kemampuan mereka untuk muncul di luar kontrol. Subjek tidak menyadari kekuatan laten ini dan karena itu pula mereka tidak dapat mengendalikannya, akibatnya selalu membuat tuduhan bahwa kebakaran aneh tersebut selalu disebabkan oleh kekuatan supranatural, dimana tuduhan tersebut sering cocok dengan aktivitas aktivitas Jin jahat atau hantu poltergeist pada umumnya.

Dan mungkin ada banyak insiden tersebut memang disebabkan oleh proyeksi kekuatan mental seperti kemampuan telekinesis pada individu tertentu, biasanya terjadi pada seorang remaja, muncul secara tiba-tiba di bawah bentuk paksaan emosional. Menurut teori ini, itu adalah sebab mengapa aktivitas poltergeist biasanya tampaknya akan terkonsentrasi pada salah seorang anggota keluarga atau hanya berputar-putar di sekitar satu individu saja, sesuatu yang khusus hanya dihasilkan oleh seseorang. Apakah ini semua disebabkan oleh kekuatan batin aktif dari seorang individu yang kita belum sepenuhnya tahu, dan tanpa disadari melepaskan kekuatannya melalui emosi yang kuat? Tidak ada yang tahu pasti, dan hal ini telah menjadi fokus dari berbagai peneliti paranormal selama bertahun-tahun.

Sebagai salah seorang yang cukup tertarik dengan semua fenomena keanehan tingkat tinggi ini, saya pribadi pernah menyaksikan secara langsung kemunculan api misterius hampir disetiap malam tanpa ada penjelasan yang logis, api muncul dari sebuah makam di setiap malam, anehnya, api tersebut selalu mengecil dan menghilang apabila didekati, tidak ada tanda-tanda sama sekali dari penyebab munculnya api, dan api semakin membesar apabila orang-orang menjauh darinya, yang menambah keanehan, api tersebut hanya membakar tepat di sebuah makam saja, tanpa menganggu makam-makam lainnya. Hingga saat ini tak ada penjelasan logis untuk semua itu.

Fenomena poltergeists api dan pyrokinesis kemungkinan selalu bisa untuk membangkitkan diskusi dan perdebatan untuk beberapa waktu ke depan. Apa yang menyebabkan semua ini? Apakah ini semua dapat dijelaskan oleh alasan rasional yang masuk akal? Atau memang ada sesuatu yang benar-benar misterius di luar kontrol kita yang sedang bekerja di sini? Bisakah kita mengatasi ini semua dengan metodologi saat ini atau kita harus memasuki ranah dari kekuatan lain di luar hukum fisika alam kita? Untuk semua dari berbagai kasus dan spekulasi yang ada, ini adalah pertanyaan yang kita masih berusaha untuk mencari jawabannya. Mungkin di suatu hari nanti kita akan tahu, tapi, untuk saat ini, kebakaran aneh dengan segala kerusakannya masih menghantui beberapa orang di dunia ini, entah sampai kapan Wallahu alam. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.