Danau Ini Lenyap Hanya Dalam Semalam

Danau Ini Lenyap Hanya Dalam Semalam

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Lagi dan lagi fenomena alam yang aneh terus bermunculan, setelah beberapa waktu lalu dunia di kejutkan dengan kemunculan danau secara tiba-tiba, lantas kali ini malah kebalikannya, sebuah danau mendadak lenyap hanya dalam semalam? Kejadian aneh yang cukup mengganggu ini terjadi hampir di seluruh dunia dengan frekuensi yang lebih besar. Yang terbaru terjadi kali ini di wilayah Patagonia di dekat ujung selatan Chile. Danau Riesco, dengan luas sekitar 1400 hektar (14 km persegi / 5,4 mil persegi) ini cukup populer dimata penggemar hobi memancing dan wisatawan, tanpa ada tanda-tanda apapun, danau ini menghilang, dan tidak ada yang bisa menjelaskan mengapa ini terjadi.

Danau Ini Lenyap Hanya Dalam Semalam
Danau Riesco, sebelum dan sesudah menghilang
Media lokal menunjukkan foto-foto kondisi di daerah itu sebelum dan setelah kejadian pada tanggal 30 Mei, 2016, sebuah pemandangan yang sangat kontras tentunya, foto yang menggambarkan adegan di tempat yang dulunya dinamakan Lake Riesco (Lago Riesco) di lembah sungai Blanco di provinsi Aysen, 27 km (16 mil) dari ibukota provinsi Puerto Aysen. Sebelum kehancurannya, Lago Riesco memiliki kedalaman maksimum 130 meter (425 kaki) dan kedalaman rata-rata 72 meter (236 kaki). Setelah kehancurannya tiba, tempat itu mendadak kering. Mengapa?

Danau Ini Lenyap Hanya Dalam Semalam
Kemana perginya Danau Riesco?
Sebuah laporan pada tanggal 30 Mei mengatakan "masih belum ada informasi resmi tentang kasus ini." Aktivitas gunung berapi di daerah ini juga "stabil", terbukti dengan tidak adanya aktivitas vulkanik yang tidak biasa. Secara tidak resmi, ada sebuah spekulasi yang menunjuk ke sebuah kemungkinan penyebab lenyapnya danau ini. Ada bagian dari sisi Danau Riesco yang berada tepat pada posisi Liquiñe-Ofqui Fault, sebuah istilah geologi dari sebuah garis patahan besar yang terbentang sejauh 1.200 km melalui Chili selatan. Liquiñe-Ofqui ini secara teratur memicu gempa bumi, namun anehnya tidak ada aktivitas seismik yang signifikan yang dilaporkan sebelum hilangnya danau Riesco. Dan dilaporkan tidak ada lubang atau celah-celah di mana air bisa pergi yang terlihat.

Ada juga sebuah penjelasan yang kurang masuk akal, yakni kekeringan yang disebabkan oleh El Nino yang mempengaruhi daerah tersebut. Rata-rata curah hujan di wilayah Danau Riesco pada tahun ini hanya 34% dari curah hujan tahunan normal. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa danau ini berada pada tingkat yang lebih rendah dan kemudian terus menyusut, namun penurunan debit air karena iklim akan terjadi secara bertahap, tidak terjadi secara tiba-tiba, apalagi sampai menghilang hanya dalam semalam. Meskipun begitu, ini adalah penjelasan awal yang diberikan oleh Marcio Villouta Alvarado, Mentri Regional Secretary of Public Works Chili.

Danau Ini Lenyap Hanya Dalam Semalam
Mungkinkah Danau Riesco akan kembali lagi?
Saat ini dunia masih bingung dengan hilangnya sebuah danau besar yang lenyap hanya dalam semalam tanpa aktivitas gempa, suara keras longsoran tanah ataupun jatuhnya meteor yang bisa menguras habis air danau, bukan juga disebabkan perubahan mendadak dan drastis pada cuaca atau penjelasan logis lainnya untuk peristiwa aneh ini. Mungkin jauh di dalam hutan yang indah di Patagonia menyimpan jawaban yang masih terus di cari ini. Jika tidak, lantas apa lagi yang bisa menyebabkan semua itu? Penduduk lokal, pelaut, perenang dan burung danau sedang menunggu penjelasan. Meski sudah terlambat untuk para ikan penghuni danau, mereka telah pergi bersamaan dengan hilangnya danau tersebut. Bumi memang semakin aneh ya kan? Mungkin semua peristiwa aneh ini sedang mengajak kita untuk berfikir tentang kesalahan apa yang telah kita lakukan, dan apa yang harus kita buat untuk memperbaikinya. Terimakasih telah membaca, semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.