Black Hole Mungkin Hanyalah Sebuah Hologram

Black Hole Mungkin Hanyalah Sebuah Hologram

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Black Hole atau lubang hitam terus menerus menimbulkan misteri dan spekulasi yang bergentayangan dalam dunia sains. Berbagai teori hadir dengan segala dukungan bukti yang selalu bisa memaksa perdebatan diantara ilmuwan antariksa, seperti baru-baru ini lubang hitam telah menjadi semakin misterius berkat sebuah penelitian baru. Karena, tidak seorang yang dapat melihat lubang hitam disebabkan cahaya sendiri bahkan tidak dapat melarikan diri dari tarikan gravitasinya yang super kuat, dan tidak ada yang tahu Black Hole sendiri terbuat dari apa. Hingga tibalah saat ini, dimana para fisikawan menduga bahwa lubang hitam bukanlah objek tiga dimensi, melainkan objek dua dimensi yang memproyeksikan dirinya dalam bentuk 3D, yakni hologram.

Alam semesta 3D
Alam semesta dalam sebuah Hologram (Tu Wien)
Pada tahun 1990, seorang fisikawan Sanford, Leonard Susskind berhipotesa bahwa alam semesta itu sendiri membutuhkan dua dimensi untuk mengoperasikan hukum fisika dengan benar. Dunia ini tampak dalam bidang 3D untuk kita, tapi pada kenyataannya tidak. Dan "Hipotesa Jologram" ini sekarang sedang diterapkan pada lubang hitam.

Fisikawan teori ini membangun sebuah model baru dengan menggunakan perhitungan baru dari lubang hitam, menggunakan teori gravitasi kuantum untuk memeriksa entropi (kelainan/keacakan) yang ada di lubang hitam. Sebuah black hole bisa saja menjadi lingkaran datar dua dimensi sederhana tetapi menunjukkan sifat dari objek tiga dimensi. Dengan demikian, kualitas dari objek tiga dimensi hanyalah ilusi optik.

Black Hole Mungkin Hanyalah Sebuah Hologram
Rendering Black Hole di galaksi Bima Sakti.
Dr Daniele Pranzetti, seorang fisikawan di Max Planck Institute for Theoretical Physics di Munich, Jerman, dan Co-author studi ini mengatakan;

"Kami mampu untuk menggunakan model yang lebih lengkap dan lebih kaya dibandingkan dengan apa yang dilakukan di masa lalu, dan mendapatkan hasil yang jauh lebih realistis dan kuat. Hal ini memungkinkan kami untuk menyelesaikan beberapa ambiguitas yang mempengaruhi perhitungan sebelumnya".

Ini juga menunjukkan bahwa semua benda yang jatuh ke dalam lubang hitam akan sepenuhnya dikandung dalam fluktuasi gravitasi di permukaan. Sebuah objek bisa saja disembunyikan di daerah dengan permukaan datar. Studi baru ini memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan wawasan yang lebih jauh dari lubang hitam dan wilayah gravitasinya. Namun semakin jauh lubang hitam di pelajari, malah semakin memberi banyak misteri baru untuk dipecahkan. Dan entah sampai kapan misteri besar ini akan difahami sepenuhnya. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.