Stres Dan Kesedihan Bisa Terdeteksi Di Udara Sekitar Kita

Stres Dan Kesedihan Bisa Terdeteksi Di Udara Sekitar Kita
Sad man, Image by; vegan-magazine.com
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Rasa sedih dan stres memang sangat lumrah terjadi pada manusia, bahkan stres juga bisa di alami oleh hewan dan tumbuhan, beberapa dari emosi ini mungkin akan mudah terlihat dari raut wajah ataupun aktivitas, namun tidak semua dari emosi ini terkadang bisa tampak apa adanya. Seperti misalnya seorang teman yang menyembunyikan kesedihan, stres atau ketegangan di balik wajah yang ceria, namun ternyata emosi ini benar-benar terpancar dari tubuh kita dan menyebar di udara. Ah yang bener ni? Temuan ini ternyata cukup mengejutkan dan membuka kemungkinan baru untuk menciptakan teknologi yang dapat melihat langsung pancaran stres ini, mungkin untuk membuat alat deteksi kebohongan atau mendeteksi suasana hati orang-orang yang anda cinta :D

Emosi dari rasa sedih, panik dan stres benar-benar sebuah hal yang nyata. Nah sebuah studi dari riset yang mengikutsertakan 9.500 penonton film di Jerman menemukan reaksi mereka untuk melihat adegan film yang spesifik benar-benar telah mengubah komposisi kimia di udara di dalam bioskop, ini menunjukkan bahwa emosi kita benar-benar terlepas dari tubuh dan bertebaran di udara sekitar kita.

Lantas untuk menguji apakah atau kita memancarkan sinyal emosional secara diam-diam ke udara atau tidak, Jonathan Williams dari Max-Planck Institute for Chemistry di Mainz, Jerman melekatkan sebuah proton transfer reaction mass spectrometer (PTR-MS) atau sebuah alat yang dapat mengukur transfer proton dari massa reaksi. Alat tersebut diletakkan di ventilasi udara keluar di sebuah bioskop setempat. Hmm terdengar agak mengesankan, Williams mengatakan kepada website Atlantic, dia menduga bahwa udara bioskop tersebut berisi campuran berat popcorn dan parfum.

Stres Dan Kesedihan Bisa Terdeteksi Di Udara Sekitar Kita
Thomas Kluepfel mengaitkan spektrometer massa pada ventilasi udara di bioskop
Tetapi terlepas dari dugaannya itu, Williams yang dibantu oleh rekan-rekannya, dengan cermat memetakan peristiwa dari 16 film yang diputar dan membuat deskriptor emosional untuk setiap peristiwa yang ada. Mereka kemudian menggunakan PTR-MS untuk mengambil bacaan dari udara di bioskop setiap 30 menit. Apa yang mereka temukan adalah sangat spesifik, dapat terlacak, perubahan replikasi di udara berdasarkan adegan tertentu dalam film tertentu pula.

Seperti pada film Hunger Games: Catching Fire, misalnya, menghasilkan bentuk kimia yang berbeda pada beberapa penonton. Ketika adegan Jennifer Lawrence berjuang untuk hidupnya, karbon dioksida dan tingkat isoprena di udara selalu terlihat meningkat secara signifikan.

Lantas mengapa hal ini bisa terjadi? Williams dan timnya saat ini hanya dapat berspekulasi, tetapi ada satu teori yakni, bahwa ketika penonton dalam keadaan tegang dan menjadi gelisah ketika menyaksikan suatu adegan menegangkan, mereka memproduksi hormon stres atau menahan napas dan menyebabkan tubuh mereka melepaskan komposisi gas yang berbeda pula (melalui pernapasan!) dibandingkan dalam keadaan tenang dan normal. Jika hanya salah seorang dari penonton mengalami hal ini, efeknya mungkin tidak begitu terlihat, tetapi jika ada 250 orang di bioskop secara harfiah dapat langsung mengubah udara.

Saat ini belum diketahui secara pasti apakah perubahan di udara ini adalah respon fisik sederhana untuk rangsangan emosional atau sebuah bentuk komunikasi. Williams menjelaskan:

"Kami telah menunjukkan bahwa gas ini tidak terlihat, konser tak terdengar dari bahan kimia ini yang berubah secara teratur di dalam auditorium. Kami belum melihat bahwa manusia dapat mendeteksi ini. Tapi, tentu saja, jika sinyal itu memang ada, maka mungkin itu akan diketahui".

Well emosi muda,.. terdengar cukup menarik, karena jika temuan ini bisa ditindak lanjuti, tentu saja mungkin rasa sedih dan rasa tegang akan mudah diketahui, lantas untuk apa gunanya? Hmm mungkin akan bermanfaat bagi orang tua yang sedang mendidik anaknya, atau untuk pemerintah mungkin, seperti membentuk satuan khusus untuk mendeteksi rakyatnya yang sedang dalam keadaan sedih untuk kemudian mendapat layanan kebahagiaan instan? Hahahah ngimpi kali. Okay, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.