Danau Di Bawah Laut Ini Sangat Beracun

Danau Di Bawah Laut Ini Sangat Beracun

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Beberapa waktu lalu dunia dihebohkan dengan penemuan sungai di bawah laut, penemuan tersebut semakin megah dengan banyaknya orang yang mengaitkan penemuan itu dengan kabar yang telah tertulis di dalam al-qu'ran, namun kali ini tidak hanya sungai saja yang ternyata eksis dibwah lautan, namun danau juga. Para ilmuwan kelautan telah menemukan sebuah racun kolam panas bawah laut di bagian bawah Teluk Meksiko yang dapat membunuh makhluk hidup berusaha untuk menyeberang atau berusaha memasukinya, saking beracunnya danau ini, maka segera mendapat julukan sebagai "Jacuzzi of Despair" (Kolam Keputusasaan)

Danau tersebut tidak sengaja ditemukan disaat para ilmuwan sedang meneliti karang di Teluk Meksiko dengan menggunakan robot bawah air yang dikontrol. Seorang profesor biologi Erik Cordes dari Temple College menemukan adanya danau misterius pada tahun 2014. Namun ia kembali pada tahun 2015 dengan membawa tiga orang kru untuk melihat dan memastikannya secara lebih jelas. Dan apa yang dilihatnya adalah sebuah danau raksasa bawah air yang siap membunuh apa saja yang berani memasukinya. Ia mengatakan:

"Anda turun ke bawah laut dan anda sedang melihat sebuah danau atau sungai yang mengalir. Sepertinya anda tidak berada di dunia ini. Kami telah dalam posisi untuk melihat bagian utama jurang yang terbuka, kami melihat air garam jatuh di atas tembok ini seperti bendungan. Itu adalah kolam yang menakjubkan dengan warna putih dan hitam ungu".

Danau Di Bawah Laut Ini Sangat Beracun
Hewan laut yang mati karena memasuki kolam beracun ini
Menurut laporan di jurnal Oceanography, danau itu berada di kedalaman 3.300 kaki dari permukaan, dengan 100 kaki lingkar serta 12 kaki dalamnya. Alas dari kolam bawah air langka ini ditutupi dengan banyaknya kepiting mati dari laut dalam. Dan pengukuran menunjukkan suhu di danau pada ukuran 65 derajat Fahrenheit, dibandingkan dengan air di sekitarnya yang bersuhu 39 derajat.

Danau Di Bawah Laut Ini Sangat Beracun
Air garam kolam membentuk garis pantai mineral sendiri di perairan Teluk
Apa yang membunuh kepiting-kepiting ini bukanlah panas tetapi salinitas. Cordes mengatakan tingkat keasinan air disini jauh lebih tinggi sekitar 4 atau 5 kali lebih asin dari air laut teluk normal, sehingga cukup padat untuk segera tenggelam ke dasar. Bercampur dengan formasi garam adalah hidrogen sulfida dan deposit berminyak di lantai teluk, membentuk seuatu yang pekat serta beracun yang dimasak oleh zat gas metana bocor yang berasal dari dasarnya. Hasil akhirnya adalah sebuah danau yang kekurangan oksigen serta beracun yang membunuh kepiting dan hewan bawah laut lainnya yang masuk ke dalamnya.

Apa saja yang tidak mampu beradaptasi akan tewas, kata Cordes. Para kru juga menemukan kerang raksasa dengan bakteri simbiotik yang tinggal di insang mereka yang makan dari hidrogen sulfida, bersamaan dengan udang dan cacing tabung yang juga juga mengkondisikan diri untuk hidup dalam lingkungan yang tidak bersahabat.

Danau Di Bawah Laut Ini Sangat Beracun
Danau bawah laut dilihat dari robot penyelam
Ventilasi hidrotermal laut dalam memang umum ditemukan, namun danau aneh ini adalah salah satu dari segelintir kolam air garam yang disebabkan oleh rembesan metana dan yang pertama kalinya dengan apa yang disebut sebagai "extremophiles" yang tinggal di sekitarnya. Yang membuatnya menjadi tempat yang bagus untuk membantu para ilmuwan ruang angkasa mempersiapkan apa yang mungkin akan mereka temukan di planet lain yang mungkin dengan kondisi yang sama pula.

Well emosi muda,. semakin canggih teknologi manusia, maka semakin banyak misteri alam luas ini yang terungkap sedikit demi sedikit, seperti kolam keputusasaan diatas yang terbentuk oleh ventilasi hidrotermal bawah laut, dan penemuan demi penemuan yang di ungkap oleh para ilmuwan memang selalu bisa membuat kita berdecak kagum akan luasnya fenomena jagad raya yang diciptakan oleh Tuhan, semoga semua hal tersebut mampu untuk mengajak kita berfikir bahwa kita masih terlalu kecil jika dibandingkan dengan betapa besarnya kekuasaan Allah yang telah menciptakan segala sesuatu tersebut. Terimakasih dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Apa Yang Terjadi Jika Matahari Mati?
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.