Bakteri Aneh Ini Bisa Membuat Es

Bakteri Aneh Ini Bisa Membuat Es

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Mungkin ketika PLN di tempat anda sedang tersinggung lantaran anda menunggak pembayaran karena sakit hati listrik padam tak tentu, lantas mereka memutuskan arus listrik sepihak hingga lemari es anda tidak berfungsi atau bahkan rusak, saya rasa anda bisa mencari alternatif baru untuk membuat makanan dan minuman anda tetap dingin dengan bakteri yang mampu memproduksi es sendiri. Yaa semacam kemampuan buah setan yang dapat membekukan apa saja seperti yang dilakukan oleh admiral Aokiji dalam serial anime One Piece :D

Bakteri ini dinamakan Pseudomonas syringae, sejenis patogen yang dapat membunuh tanaman dengan membuat es bahkan saat cuaca sedang dalam keadaaan hangat, es yang dihasilkan bakteri ini mampu menghancurkan dedaunan pada tanaman. Untuk sementara waktu sebelumnya, tentang mengapa bakteri ini dapat menghasilkan es masih belum dapat dijelaskan secara ilmiah, namun mungkin tidak menghentikan pemilik resor ski untuk memanen bakteri ini dan menggunakannya untuk membuat salju buatan. Namun sebuah rincian laporan terbaru dari penelitian Science Advance akhirnya membuka rahasia bakteri es pembunuh ini.

Bakteri Aneh Ini Bisa Membuat Es
Pseudomonas syringae membuat kerusakan pada tumbuhan lilac
Para ilmuwan di Institut Max Planck untuk Polymer Research di Mainz, Jerman, mempelajari interaksi antara bakteri dan molekul air dengan menggunakan proses yang disebut sum frequency generation spectroscopy. Teknik laser ini mendeteksi protein dalam membran sel dari Pseudomonas syringae yang meluruskan kembali posisi molekul air, sehingga berada dalam posisi kisi array yang sama seperti ketika air berada dalam bentuk es. Nah bakteri P. syringae ini kemudian bergetar untuk menghilangkan panas dari kisi molekul air dan hasil akhirnya adalah es batu kecil. Bakteri ini kemudian melindungi dirinya sendiri dari es yang membeku dengan protein lain yang bertindak sebagai zat antibeku.

Bakteri Aneh Ini Bisa Membuat Es
Bakteri Pseudomonas syringae memasuki lubang di daun untuk membuat es yang akan merusak daun
Pada tanaman, proses es ini membuat kerusakan fatal pada daun dan batang, yang memungkinkan P. syringae untuk menyebar pada pohon, buah, sayuran dan bunga. Dan penyebaran itu sendiri mungkin bisa lebih luas, bakteri hampir meliputi seluruh bagian planet kita dan dapat dengan mudah ditemukan di dalam tanah maupun di bagian bawah atmosfer. Bahkan, jika bakteri ini mampu menggunakan awan untuk menyebarkan dirinya dengan membentuk kristal es yang akan membentuk hujan yang jatuh ke tanaman di mana bakteri ini membentuk kristal es, maka rasanya bumi akan mengalami perubahan dahsyat? Ah masa iya? Hahahha, mungkin ide ini masih terlalu gila.

Ya mungkin saja kemampuan untuk membentuk hujan mungkin suatu hari akan membuat bakteri P. syringae menjadi pahlawan juga, dan tentunya tidak hanya pada urusan piknik salju atau resort ski semata. Soalnya para peneliti sedang mencari cara untuk menanam tanaman yang bisa menghasilkan banyak bakteri P. syringae dan menempatkan mereka di daerah-daerah yang membutuhkan hujan atau di lokasi di mana pola angin akan menjemput mereka dan memindahkan mereka ke daerah yang sedang dilanda kekeringan. Ya kedengarannya seperti proses penyemaian awan alami. Oke, bakteri diatas bisa membuat minuman menjadi dingin, lantas bagaimana dengan minuman hangat? Mungkinkah ada bakteri lain yang bisa membuat segelas teh atau kopi hangat tanpa harus memanaskan air terlebih dahulu? Kita lihat saja nanti. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.