Busa Misterius Muncul Setelah Gempa Besar Jepang

Busa Misterius Muncul Setelah Gempa Besar Jepang

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Rasanya cukup menakutkan untuk tinggal di wilayah yang rentan dengan gempa bumi, dan mungkin rasanya akan lebih buruk ketika kita merasa bahwa gempa yang sering datang bisa saja merupakan sebuah pertanda yang lebih besar lagi, seperti gempa bumi 8,9 Richter yang melanda Asia Tenggara pada akhir tahun 2004. Namun beberapa gempa mungkin akan lebih menakutkan ketika kita berusaha untuk berjalan ke luar setelah gempa dan melihat pemandangan aneh dimana daratan ditutupi oleh busa misterius. Apakah ini sebuah tanda akhir dunia? Konsekuensi baru tak terduga dari pergesaran lempeng tektonik? Sesuatu yang lain? Atau sesuatu yang lebih buruk akan hadir?

Pada tulisan ini di buat, setidaknya 41 orang tewas dan setidaknya ada 1.500 terluka oleh gempa berkekuatan magnitude 7,3 skala Richter yang mengguncang wlayah Fukuoka dan banyak pulau Jepang selatan Kyushu pada pukul 1:25 pagi waktu setempat pada tanggal 16 April, hanya dua hari setelahnya, gempa lain menyusul dengan magnitude 6,4 skala Richter mengguncang daerah yang sama. Para pekerja penyelamat merawat korban yang cedera, mencari orang hilang di reruntuhan, menilai kerusakan dan mereka mengalami hal yang aneh, yakni berurusan dengan munculnya busa misterius.

Busa Misterius Muncul Setelah Gempa Besar Jepang

Benar-benar sangat aneh, jalan-jalan di penuhi busa tebal di pusat kota Jepang selatan Fukuoka, 90 km (56 mil) dari pusat gempa, pada dini hari Sabtu pagi setempat, tak lama setelah tremor dari gempa dahsyat yang besarnya besarnya 7,3 skala Richter mengguncang kota tersebut.

"Saya melihat busa itu setelah gempa terjadi, menjijikkan." Kata seorang saksi mata, Kazuki Nabeta, ia melihat langsung busa itu di pusat distrik Tenjin. Foto-foto busa misterius itu lantas kemudian diposting di sosial media yang menunjukkan busa itu meliputi banyak blok kota, kadang mencapai tinggi hingga beberapa kaki.

Busa Misterius Muncul Setelah Gempa Besar Jepang

Banyak warga segera bergegas pergi atau bahkan mengungsi karena takut untuk menyentuh busa yang muncul tanpa penjelasan itu. Rumor pertama yang muncul adalah bahwa itu merupakan busa pemadam api dari kendaraan pemadam kebakaran, tetapi tidak ada peralatan ataupun kendaraan pemadam kebakaran yang berada di lingkungan penuh busa itu. Kemungkinan lainnya adalah bahwa busa itu berasal dari kebocoran pipa utilitas yang rusak, meskipun sumber-sumber dari busa itu sendiri, seperti retakan atau lubang di tanah sama sekali tidak ditemukan. Lantas apakah jenis pipa utilitas yang dimaksud memang membawa busa? Dan apakah jenis zat yang dibawa oleh pipa yang mungkin kontak dengan udara lantas mengeluarkan busa? Tak ada jawaban pasti. Busa sendiri sering terjadi karena disebabkan oleh bahan kimia beracun, seperti yang terjadi tahun lalu di Bangalore, India, ketika busa kimia beracun menutupi danau dan terbakar, juga mengkontaminasi sungai.

Busa Misterius Muncul Setelah Gempa Besar Jepang

Sampai saat ini, masih belum ada penjelasan yang bisa dikonfirmasi untuk kemunculan busa misterius yang meliputi wilayah Fukuoka, akankah warga setempat pernah diberitahu penyebab sebenarnya? Atau apakah hanya akan tetap menjadi misterius tanpa penjelasan? Wallahu alam, rasanya kejadian tersebut cukup membuat hati menjadi kecut dengan segala fenomena aneh yang sering terjadi belakangan ini. Ya semoga saja semua keanehan ini bisa mengajak kita untuk berfikir bahwa tak ada yang perlu di banggakan di dunia ini, semua bisa datang dan pergi sekejap saja tanpa bisa kita duga, sebagaimana kita sadari bahwa kita sendiri tinggal di wilayah patahan lempeng benua, yang bermakna kita tinggal di wilayah gempa yang sewaktu-waktu bisa saja datang dan menghancurkan apa yang ada, seperti yang telah kita alami sebelumnya. Selamat berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.