10 Buah Eksotis Yang Harus Anda Coba

10 Buah Eksotis Yang Harus Anda Coba

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Tuhan memberi kita kelimpahan karunia dengan berbagai jenis tanaman dan buah-buahan. Dunia ini penuh dengan buah-buahan yang akan menyajikan selera kita dengan berbagai ukuran, bentuk, warna dan juga rasa. Mengkonsumsi buah sangat baik untuk memenuhi kecukupan nutrisi tubuh, dan buah juga merupakan produk alam yang terkadang bersifat lokal, atau tidak ditemukan di belahan dunia lain. Nah berikut adalah 16 buah-buahan eksotis yang akan menantang imajinasi anda untuk mencoba menikmatinya, tentu saja, karena buah-buahan dalam list berikut di bawah ini sulit untuk kita temukan di negeri Nusantara tercinta ini. Selamat membaca :)

1. Buah Ackee
Buah Ackee

Ackee atau Apel Ackee masih dalam keluarga buah-buahan soapberry. Buah ini secara informal disebut sebagai buah "sayuran otak". Seperti namanya, buah ini berbentuk agak seperti otak. Meskipun tanaman ini berasal dari Afrika Barat, namun telah bermigrasi ke Jamaika sejak tahun 1778. Sekarang buah ini menjadi buah nasional negara Jamaika. Terlepas dari Jamaika, buah Ackee juga dibudidayakan di Haiti, Barbados, dan Kuba. Buah ini juga digunakan dalam masakan Karibia. Namun sayangnya buah ini tidak bisa di konsumsi secara mentah karena dapat menyebabkan sakit fatal.

2. Buah Ciplukan (Physalis)
Buah Ciplukan

Buah yang bentuknya seperti lentera ini biasa populer di kalangan tukang kebun atau petani di sawah. Karena sering ditemukan tumbuh secara liar, rasanya manis dan agak sedikit asam. Di luar negeri buah Physalis ini memiliki banyak nama seperti Inca berry, cape gooseberry atau gooseberry emas. Buah ini banyak di temukan di sepanjang Nusantara, Amerika dan juga dapat ditemukan di Afrika Selatan. Tidak hanya eksotis dan manis, buah ini juga cukup mahal karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan.

3. Buah Jabuticaba

Buah Jabuticaba

Buah ini tampak tidak biasa karena tumbuh pada kulit pohon dan batang. Membuatnya tampak seolah-olah pohon telah menuutupi pohon ketika musimnya berbuah. Buah ini asli dari negara Brasil, Argentina, Paraguay, Peru, dan Bolivia. Juga dikenal sebagai pohon anggur Brasil, jabotica, jabuticabeira, guaperu, guapuru, hivapuru, Sabara dan yvapurũ (Guarani). Semacam buah berry berkulit tebal. Kulit luar berwarna ungu membungkus bagian isinya yang lembut, putih seperti agar-agar dan memiliki sekitar 2-4 biji di dalamnya. Buah ini sebagian besar dimakan mentah atau dibuat menjadi kue tar, selai dan minuman.

4. Buah Horned Melon (Melon Tanduk)

Buah Horned Melon (Melon Tanduk)

Buah ini memiliki duri seperti tanduk pada kulitnya, maka dinamakanlah ia 'Melon bertanduk'. Biasa disebut sebagai buah kiwano, mentimun Afrika bertanduk atau jelly melon, buah yang matang memiliki kulit kuning oranye dengan isi jelly manis kehijauan. Memiliki rasa seperti tekstur dari buah mentimun. Buahnya bisa dimakan pada tahap apapun tetapi ketika sudah terlalu matang, buah ini akan melepaskan bijinya. Buah ini berasal dari gurun Sub Sahara dan merupakan salah satu dari beberapa sumber air selama musim panas di gurun Kalahari. Buah ini juga telah bermigrasi ke California, Mississippi, Chili, Australia, dan Selandia Baru. Uniknya buah ini juga pernah ditampilkan dalam sebuah episode dalam film Star Trek.

5. Miracle Fruit (Buah Ajaib)

Miracle Fruit (Buah Ajaib)

Buah ajaib tumbuh di Afrika Barat. Buah ini mendapatkan nama uniknya karena kemampuannya yang menakjubkan untuk menjadikan rasa buah-buahan yang asam serasa seperti manis ketika dicampur dengan buah ini. Buah ini membawa molekul yang disebut miraculin. Nah miraculin ini bekerja dengan mengubah bentuk reseptor rasa manis di lidah anda. Meskipun molekulnya berhasil mendistorsi rasa makanan, tetapi tidak mengubah komposisi kimia dari buah asam. Buah ini sendiri memiliki rasa ringan dan dapat dimakan langsung, tetapi ada benih pahit tersembunyi di dalam bagian daging buah.

6. Buah Aguaje

Buah Aguaje

Buah Aguaje sekilas terlihat seperti buah salak. Tumbuh dari sejenis pohon palm, dagingnya agak kekuningan dengan kulit luar bersisik kemerahan. Kulit merahnya harus dikupas untuk mengambil dagingnya. Seperti buah salak, buah ini juga memiliki biji besar didalamnya. Aguaje digunakan dalam pembuatan selai, jus, es krim dan anggur. Buah ini merupakan sumber yang kaya dari vitamin A dan Vitamin C. Juga digunakan dalam pengobatan luka bakar. Aguaje tumbuh di hutan hujan Amazon. Telah ditemukan juga di Trinidad, Columbia, Venezuela, Guyana, Suriname, Perancis Guinea, Brasil, Ekuador, Peru, dan Bolivia.

7. Buah Monstera Deliciosa

Buah Monstera Deliciosa

Monstera Deliciosa, tidak seperti namanya, buah ini bukanlah monster. tetapi bentuknya hampir mirip dengan jagung dan kulit luar seperti buah nona. Memiliki eksterior bersisik seperti nanas. Kulit buah harus di buka perlahan-lahan untuk menikmati isinya. Uniknya buah Monstera deliciosa bisa memakan waktu hampir satu tahun untuk benar-benar bisa matang dan aman untuk dikonsumsi. Soalnya jika buah ini masih mentah ia mengandung beracun dan tidak boleh dimakan. Buah yang telah matang saja yang aman untuk dimakan. Buah ini adalah produk asli dari hutan hujan Amerika Tengah dan dikatakan rasanya seperti kombinasi antara buah pisang, nanas, dan mangga. Hmm unik ya?

8. Buah Cupuaçu

Buah Cupuacu

Masih terkait dengan tanaman kacao, pohon buah ini ditemukan hampir di seluruh cekungan hutan Amazon, buah yang konon telah digembar-gemborkan sebagai "buah super" karena isinya dipenuhi oleh nutrisi. Buah ini memiliki rasa seperti rasa buah cokelat (kakao) dan buah nanas. Biasa digunakan dalam makanan penutup dan permen. Jus dari buah ini rasanya seperti buah pir yang dicampur dengan sejumput pisang. Daging tebalnya juga sering digunakan untuk melembabkan kulit.

9. Buah Pepino

Buah Pepino

Buah Pepino juga dikenal sebagai Pepino Dulce "Mentimun Manis" berasal dari Amerika Selatan. Rasanya adalah kombinasi dari buah melon dan mentimun. Buah Pepino menyerupai persilangan antara melon dan pir dari keluarga buah-buahan tomat nightshades dan terong. Rasanya yang lembut dan ringan sering digunakan sebagai camilan buah segar atau dapat dikonsumsi sebagai bagian salad buah-buahan. Buah ini diekspor ke Selandia Baru dan Turki. Segera dapat di panen dalam waktu empat sampai enam bulan setelah ditanam.

10. Buah Hala

Buah Hala

Buah ini memiliki banyak nama, disebut Thaazhai (Tamil), Tahitian screwpine, hala (Hawaii), fala (Samoa), bacua (Spanyol), vacquois (Perancis). Buah yang terlihat sangat tidak biasa. Memiliki kulit berserat di luar dan di dalamnya, juga memiliki sekitar 38-200 ruas. Rata-rata setiap ruas berisi dua biji di dalamnya. Buah Hala bisa dimakan mentah atau dimasak. Daun dari tanaman ini juga digunakan untuk dibuat semacam rok, atap, tikar, dan keranjang. Tanaman ini dikatakan memiliki khasiat herbal untuk penyembuhan.

Nah emosi muda, unik bukan? Sayangnya buah-buahan ini mungkin belum bermigrasi ke negeri kita kecuali buah lokal fenomenal Ciplukan yang masih bisa kita jumpai di tepi-tepi sawah atau ladang. Tapi ya tidak menutup kemungkinan, karena siapa tahu suatu saat kita bisa mencicipi buah-buahan eksotis tersebut. Okay, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.