Visitor Semakin Meningkat, Inilah Hasil Riset SEO Selama Dua Bulan

Hasil Riset SEO Selama Dua Bulan

WARNING: Saya bukan pakar SEO! Konten berikut hanya analisis saya pribadi saja, bisa saja terjadi kesalahan dikarenakan kurangnya pengetahuan saya, jadi saya mohon izin dari para mastah dan rekan-rekan untuk memberi masukan kepada hasil riset saya selama dua bulan terakhir ini

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Sebagai seorang blogger tentunya saya akan sangat membutuhkan trafik, karena tanpa trafik maka sebuah blog ibarat tempat yang sepi bagaikan kuburan. Nah dan berbicara tentang trafik tentunya juga para blogger akan mengandalkan sumber-sumber trafik itu sendiri, terutama dari mesin pencari dan penguasaan pengetahuan SEO sebagai senjata andalan untuk bisa tampil dihalaman terdepan dalam persaingan kata kunci pencarian.

Dua tahun yang lalu banyak pakar SEO meramalkan bahwa kedepan media sosial akan menjadi target-target visitor potensial, tentu saja karena jumlah pengguna sosial media semakin meningkat dan jangkauannya pun lebih mudah ketimbang mesin pencari yang mengandalkan kata kunci, konten viral akhirnya menjadi pilihan untuk strategi paling mumpuni untuk meraih visitor sebanyak-banyaknya. Lantas bagaimana dengan trafik dari mesin pencari itu sendiri? Apakah mesin pencari masih bisa diandalkan untuk meraup visitor sebanyak mungkin bagi blog-blog baru? Berikut saya jabarkan hasil riset saya selama kurang lebih dua bulan ini.

1. PA (Page Authority) tidak lagi sebagai acuan Search Engine dalam menentukan posisi
Kedengarannya agak kontroversial ya kan? Tapi begitulah yang ditunjukkan dalam beberapa uji coba yang saya lakukan, PA adalah perhitungan khusus dari MOZ untuk menganalisis seberapa mungkin suatu web bisa tampil dan bersaing di laman utama hasil pencarian.

Standar ranking PA ditentukan oleh kualitas "Backlink". Sebagai contoh saya memiliki dua blog dalam niche yang sama, blog pertama memiliki PA 29 dengan 400 lebih backlink dan blog kedua memiliki PA 31 dengan didukung 65 backlink. Bagaimana bisa blog kedua hanya dengan 65 backlink bisa mendapatkan PA 31 sementara blog pertama dengan 400 backlink hanya mendapat PA 29? Jawabnya jelas, karena backlink tidak ditentukan oleh kuantitas, tetapi kualitas. Nah secara ranking tentu saja PA 31 lebih mungkin untuk tampil dilaman pencarian dan mengalahkan posisi blog dengan PA 29, yup mungkin dulu seperti itu, tapi sekarang tidak lagi.

Ada banyak pengujian saya lakukan untuk menguji dua blog tersebut dan hasilnya 70% blog dengan PA 29 selalu mengungguli blog dengan PA 31 dengan testing berbagai jenis keyword yang relevan. Kok bisa? Begitulah kenyataannya, hal ini jelas menunjukkan bahwa google telah banyak melakukan perubahan Algoritma untuk menentukan hasil pencarian paling akurat dan mengurangi pengaruh backlink. Soalnya selama bertahun-tahun banyak konten spam selalu bisa mengalahkan konten asli hanya dengan modal backlink, efeknya hasil pencarian seringkali tidak akurat, ditambah lagi dengan adanya jual beli backlink, manipulasi PR backlink dan segala macam trik berbasis backlink yang membodohi hasil pencarian telah memaksa google untuk menganalisis kembali posisi ranking lewat popularitas backlink. 

Dan sudah jauh-jauh hari banyak pakar SEO telah memperingatkan hal ini, mereka menggambarkan bahwa kelak kekuatan backlink tidak akan lagi begitu berpengaruh, dan prediksi mereka memang terbukti akurat. Lantas setelah saya menganalisis lebih lanjut mengapa blog dengan PA 29 bisa mengalahkan blog dengan PA 31 di hasil pencarian ternyata saya menemukan hal menarik, yakni; blog dengan PA 29 memiliki 40% unik konten dan 50% common konten (konten biasa), sedangkan blog dengan PA 31 memiliki 25% unik konten dengan 64% common konten. Watch out bro! Jelas sekali google memprioritaskan sebuah konten yang benar-benar unik, konten yang kurang unik walau 0% duplikat tetap akan akan kalah dengan konten yang memiliki tingkat keunikan lebih tinggi, tidak perduli seberapa tinggi PA dan baclink yang dimilikinya. Namun bukan berarti backlink tidak lagi memiliki pengaruh sepenuhnya.

Dan perkembangan algoritma google yang lebih mengutamakan kekuatan konten memang sangat FAIR, karena jelas algoritma terbaru ini akan memberantas para copaser, AGC dan spinner! Lho bukannya spinner jadi unik konten? Hmm,. mungkin dulu begitu, sekarang udah beda, google sendiri telah mengembangkan Algoritma yang bisa mengenali konten unik dan konten biasa, termasuk tata bahasa, mungkin untuk saat ini Algoritma tersebut belum sempurna, namun kedepan bisa dipastikan akan segera disempurnakan, google akan sangat memprioritaskan kemudahan bagi para pengunjung termasuk kenyamanan mengunjungi suatu web dan tata bahasa yang ada didalam web hasil pencarian, dari sinilah google mampu mengenali keunikan suatu konten dan memilahnya dalam posisi yang paling potensial, dan tentu juga dipengaruhi oleh persentase duplikat konten, mungkin anda bisa mencoba mencari tahu seberapa besar persentase unik konten dan common konten serta duplikat konten anda disini; www.siteliner.com

2. Nama besar sebuah website tak lagi menjadi prioritas
Selama bertahun-tahun web-web raksasa berbasis artikel selalu menguasai halaman utama pencarian, jika anda hobi browsing di era tahun 2012 kebawah anda akan menemukan bahwa hampir di setiap keyword pencarian baik masalah politik, sosial, budaya, seni dan olah raga akan selalu dimenangkan oleh web raksasa sekelas detik dot com dan sejenisnya. Efeknya web atau blog baru berbasis artikel akan tercampak jauh ke urutan dibelakang, namun secara perlahan-lahan google sudah memperbaiki sistem tidak fair ini, untuk saat ini kita akan mudah melihat di laman utama pencarian artikel bahkan blog baru seumur jagung pun bisa naik ke halaman pertama mengalahkan web dan blog besar jika blog tersebut memiliki konten fresh, memiliki panjang kata yang cukup dan benar-benar unik.

Saya meriset sendiri sebuah artikel dengan konten 90% unik dan dengan panjang tulisan lebih dari 1500 kata, terbukti bisa naik ke posisi halaman pertama dengan keyword persaingan berat diantara blog dan website ternama, ini membuktikan bahwa sekali lagi google telah memprioritaskan konten! Dan ini juga membuktikan bahwa sebuah web atau blog raksasa tidak bisa lagi memonopoli dalam mayoritas hasil pencarian. Nah ini kesempatan bagi para blogger newbie untuk lebih kreativ dalam menulis.

3. Faktor penentuan posisi terbaru Goole
Untuk saat ini google sendiri akan lebih memprioritaskan sebuah blog untuk bisa tampil dalam halaman pencarian dengan keyword yang relevan dengan beberapa faktor terbaru selain keunikan konten, SEO Off Page juga PA dan DA, yakni;

  • 1. Intensitas update

Semakin sering anda mengupdate maka semakin tinggi pula juga kesempatan anda untuk mendapatkan visitor dari mesin pencari terutama google. Jelas karena google menyukai konten yang fresh! Dan faktor ini sudah lama diprediksi oleh pakar-pakar SEO.

  • 2. Terdaftar di google webmaster

Saya meriset dua blog dengan intensitas update yang sama, blog pertama dengan verifikasi webmaster, dan blog kedua saya biarkan begitu saja. Hasilnya menunjukkan bahwa blog yang terdaftar di webmaster jelas lebih memiliki kesempatan untuk muncul dalam halaman hasil pencarian ketimbang blog yang tidak terdaftar.

  • 3. Terdaftar di google analytic dan google tag manager

Saya bisa katakan bahwa faktor ini memiliki alasan yang sama seperti yang saya sebutkan diatas sebelumnya.

  • 4. Template Responsive

Dengan semakin tingginya pengguna browser mobile, maka sejak tahun 2015 lalu google mewajibkan suatu website untuk memakai template yang responsive, dan jelas hal ini mempengaruhi posisi di mesin pencari, anda bisa mencoba sendiri untuk membandingkannya.

4. Google Adword
Well bro! Google adalah bisnis, untuk yang satu ini saya belum mencoba sendiri tapi bisa saya katakan dari hasil riset saya selama ini, Google Adword tidak hanya mengiklankan web milik advertisernya namun sepertinya juga membantu posisi di mesin pencari, ini masih dugaan saya, soalnya saya sering menemukan beberapa keyword yang mengarah ke web milik sebuah advertiser aktiv di Google Adword. Misalnya sebuah toko online memakai Google Adword untuk mengiklankan sebuah produk mainan, dan saya mencoba dengan keyword produk tersebut dan hasilnya hampir nyaris selalu menampilkan web milik advertiser tersebut berada pada posisi yang potensial walau memiliki persaingan yang tinggi. Apakah ini ada faktor penyebab lainnya? Saya tak tahu, mungkin anda bisa mencobanya sendiri.

Saya katakan sekali lagi saya bukan ahli SEO dan saya hanya mencoba melakukan riset yang belum tentu hasil riset saya ini akurat. Namun saya rasa dari yang telah saya terapkan hasilnya cukup lumayan untuk menaikkan visitor dari mesin pencari, bisa saya katakan jumlah visitor meningkat dikisaran 50-70% dari biasanya, dan mungkin hasilnya akan bervariasi bagi anda. Dan untuk saat ini saya tidak lagi mengandalkan backlink ataupun mengejar ranking PA, namun saya lebih percaya akan kekuatan konten walau hingga saat ini ada begitu banyak serangan bad SEO yang mengarah ke blog saya ini yang dilakukan oleh mereka yang mungkin kurang didikan orang tua.

Demikianlah emosi muda, saya berharap ada masukan dari teman-teman blogger untuk tulisan saya ini, mungkin ada bagian yang perlu ditambahi atau dikritik, maklum saya bukan ahli SEO dan masih sangat membutuhkan masukan dari para mastah dan rekan-rekan lainnya untuk berdiskusi dan bertukar fikiran. Mohon maaf jika ada salah penulisan, semoga bermanfaat, sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum. (Inage credit; www.leaselabs.com)

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.