Lingkaran-Lingkaran Misterius Muncul Di Gurun Australia

Lingkaran peri

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ada banyak hal aneh di sebuah benua paling liar dan paling berbahaya di muka bumi ini, dan jika ada satu hal yang anda tidak pernah dengar tentang pedalaman Australia, maka mungkin itu adalah fenomena lingakaran aneh yang disebut sebagai lingkaran peri. Kita tidak sedang berbicara tentang cincin jamur yang menginspirasi begitu banyak cerita tentang naga terbang, manusia imajiner elf, penyihir dan peri terbang akibat zat yang membuat orang berhalusinasi. Namun ini adalah formasi nyata dari lingkaran-lingkaran tanah kering misterius yang dikelilingi oleh rerumputan hijau yang subur, fenomena ini sebelumnya ditemukan pada padang gurun namib di Republik Namibia di barat daya Afrika. Lantas bagaimana fenomena aneh ini bisa sampai ke benua Australia? Apa yang menyebabkannya? Dan bagaimana fenomena aneh ini bisa menyebar? Mari kita telusuri :)

Lingkaran-Lingkaran Misterius Muncul Di Gurun Australia
Lingkaran peri di gurun Namibia
Menurut sebuah studi baru tentang fenomena lingkaran peri dalam Proceeding of the National Academy of Sciences, lingkaran peri versi Australia ini ditemukan dua tahun lalu di dekat wilayah Newman di Australia Barat oleh seorang ilmuwan lingkungan Australia, Bronwyn Bell saat terbang di atas daerah tersebut, lingkaran ini akan mudah dikenal jika dilihat dari ketinggian. Seorang ahli yang meneliti fenomena lingkaran peri, Stephan Getzin dari Centre for Environmental Research Helmholtz di Jerman menegaskan bahwa lingkaran tersebut memang lingkaran peri yang asli, memiliki ukuran diameter mulai dari 4 meter sampai 7 meter (13 sampai 23 kaki). Dan dari udara, lingkaran ini terlihat dengan spasi seragam, kadang-kadang muncul dalam pola heksagonal. Hmm sangat aneh ya kan?


Lingkaran-Lingkaran Misterius Muncul Di Gurun Australia
Lingkaran peri Australia dilihat dari ketinggian
Teori yang telah lama dipercaya adalah bahwa lingkaran ini terjadi disebabkan oleh rayap tanah, namun teori ini telah dipertanyakan selama beberapa tahun yang lalu oleh Getzin, yang ia percaya bahwa kemunculan lingkaran tersebut disebabkan oleh tanaman yang bersaing untuk sumber daya air yang langka dengan membuat jarak yang cukup jauh untuk mempertahankan pertumbuhan mereka. Gurun Newman sendiri memiliki pola lingkungan yang mirip dengan padang pasir Namib, dan Getzin mengatakan bahwa kesamaan dalam lingkaran dan pola tersebut yang telah mengkonfirmasikan kebenaran teorinya. Dan untuk memastikan pendapatnya, ia menggunakan sebuah model komputer untuk mendukung klaimnya.

Lingkaran Peri Australia
Lingkaran peri Australia di lihat dari dekat
Namun ada sedikit perbedaan, Getzin mengatakan. 

"Di Namibia, tanah berpasir lingkaran peri jauh lebih berpori, dan curah hujan dapat mengalir dengan mudah. Rincian mekanisme ini berbeda dengan yang ada di Australia. Tetapi menghasilkan pola vegetasi yang sama karena kedua sistem kesenjangan yang dipicu oleh ketidakstabilan yang sama".

Nah jika telah ada dua pola lingkaran peri, maka tidak menutup kemungkinan akan ada pola lingkaran peri lainnya dengan kondisi yang mungkin agak sama yang mungkin berada di suatu tempat terpencil, di daerah gurun tak berpenghuni yang hanya bisa terlihat jika terbang di atasnya, sepertinya ahli lingkaran peri, Stephan Getzin akan memulai pekerjaannya untuk meneliti kemungkinan kemunculan fenomena ini di wilayah-wilayah lain di bumi. Dan satu hal, apakah dengan kemunculan-kemunculan lingkaran peri ini terjadi lantaran bumi sedang mengalami ketidakstabilan cuaca? Atau ini sebuah pesan agar kita harus waspada terhadap setiap perubahan lingkungan? Wallahualam, apapun itu memang sudah sebaiknya kita harus selalu menjaga lingkungan kita dari kerusakan. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.