Bahan Bakar Fosil Akan Segera Digantikan Bahan Bakar Pipis Manusia?

Bahan Bakar Fosil Akan Segera Digantikan Bahan Bakar Pipis Manusia?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Akankah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan segera digantikan oleh Organisasi Negara Penghasil Pipis? Sepertinya kita satu langkah lebih dekat untuk kemungkinan itu dengan adanya pengembangan sel bahan bakar dan murah yang dihasilkan dari urine manusia.

Dunia menghasilkan volume besar dari air urin dan jika kita dapat memanfaatkan kekuatan potensi limbah yang menggunakan sel bahan bakar mikroba yang terdapat pada urin, maka penemuan ini bisa menjadi sebuah revolusi besar untuk menghasilkan energi alternatif. Memanfaatkan kekuatan potensi urin adalah tujuan dari Dr. Mirella Di Lorenzo, seorang penulis studi di Electrochimica Acta yang menggambarkan sel bahan bakar mikroba skala kecil yang baru yang dikembangkan oleh Di Lorenzo dan tim penelitinya dari University of Bath, Queen Mary University of London dan Bristol Robotics Laboratory.

Sementara sejumlah masiv toilet daur ulang dalam ukuran besar dan generator baru yang di isi urin telah dikembangkan baru-baru ini, mulai dari ukuran, biaya dan output daya yang rendah membuat generator ini menjadi mahal dan kurang efektiv, dan karena itu pula dilakukan pengembangan yang ada di mana sel bahan bakar bertenaga urin bisa menjadi alternatif yang paling baik bagi negara-negara berkembang. Dr. Lorenzo dan timnya membuat sel bahan bakar yang murah dengan menggunakan kain karbon dan titanium kawat sebagai katoda-nya. Untuk menjadikannya lebih bertenaga namun efisien dan murah, digunakan katalis dari glukosa dan ovalbumin, protein yang ditemukan dalam putih telur, yang keduanya sering ditemukan dalam limbah makanan.

Bahan Bakar Fosil Akan Segera Digantikan Bahan Bakar Pipis Manusia?
Sel bahan bakar mikroba berbasis urin

Untuk meningkatkan kekuatan sel bahan bakar mikroba berbasis urin mereka dengan faktor perhitungan khusus, tim ini membuat dua kali lipat dari panjang elektroda dari 4mm ke 8mm. Penumpukan sel-sel akan memperkuat total daya energi yang di hasilkan. Dr. Di Lorenzo percaya hal ini telah merevolusi penggunaan sel bahan bakar mikroba. Dia mengatakan;

"Kami telah menunjukkan bahwa desain sel memiliki insiden pada kinerja dan kami ingin menyelidiki lebih lanjut relevansi luas permukaan elektroda terhadap volume pada kinerja. Tujuan kami adalah untuk dapat secara efektif meminiaturirasi MFC dan meninggikan produksi skala listrik dengan menghasilkan baterai padat dari beberapa unit miniatur".

Well bro, sebagaimana yang kita ketahui, dunia memiliki jumlah populasi manusia yang melimpah dan tentunya otomatis memiliki banyak urin juga hehehe. Kita harus mengakui bahwa pipis manusia adalah pasokan energi yang bisa diperbarui dan hampir tak terbatas. Para peneliti telah membuat sel bahan bakar mikroba berbasis urine yang sangat hemat biaya. Nah dengan semua hasil riset ini, apakah sudah saatnya manusia mulai berhenti melakukan pengeboran minyak bumi dan memulai membuat penampung pipis yang akan mengalir ke dalam selang generator? Hohohoho, mungkin saja ya. Setidaknya lebih hemat, tanpa karbon yang merusak lingkungan dan tidak perlu antre lagi di SPBU. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Virus Bodoh

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.