24 Fakta Aneh Dan Menyedihkan Di Korea Utara

24 Fakta Aneh Dan Menyedihkan Di Korea Utara

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Budaya Korea semakin diminati oleh para remaja dari film, musik dan drama romantis yang selalu dinanti-nanti updatenya, namun semua yang kita kenal tentang Korea adalah produk informasi dari Korea Selatan. Nah bagaimana dengan Korea Utara? Dulunya Korea adalah satu negara hingga pada tahun 1945 negara induk komunis yakni Uni Soviet mulai menduduki separuh negeri korea di bagian utara dan menyebarkan faham komunisme, sementara di belahan selatan orang-orang Korea lebih di pengaruhi oleh faham barat yang anti komunis, perbedaan ideologi ini yang menyebabkan pecahnya perang korea yang menyebabkan Korea terbelah menjadi dua negara pada tahun 1950. Hingga saat ini Korea Selatan dan Korea Utara belum mencapai kata damai, mereka hanya melakukan gencatan senjata sejak puluhan tahun lalu.

Berbicara tentang Korea Utara, secara resmi Republik Demokratik Rakyat Korea adalah salah satu negara komunis paling rahasia di dunia dan merupakan sebuah negara yang memisahkan diri dari pergaulan internasional. Pyongyang adalah ibu kota Korea Utara dan juga adalah kota terbesar di negara yang mendefinisikan dirinya sebagai negara sosialis mandiri ini, secara luas kepemimpinan di negeri ini dianggap sebagai kepemimpinan diktator dengan pengaruh totaliter dan Stalinis, pemimpin tertinggi yang menjadi presiden Korea Utara saat ini adalah Kim Jong-un. Korea Utara memiliki masyarakat yang paling termiliterisasi di dunia. Dan pelanggaran HAM adalah hal paling lumrah yang terjadi di negeri ini, berikut beberapa fakta tentang Korea Utara:

1. Di Korut, tahun ini bukanlah tahun 2016, namun tahun 105, mereka memiliki perhitungan tahun sendiri yang dihitung sejak kelahiran Kim Il-Sung.

2. Korea Utara mengklaim bukan lagi sebuah negara komunis. Sejak tahun 2009, ideologi yang mereka akui adalah faham "Juche." Korea Utara beroperasi di bawah ideologi  "Juche" ini, Juche sendiri adalah sebuah faham yang bila diterjemahkan bermakna "Menolak ketergantungan pada orang lain, menggunakan otak sendiri, dan percaya kekuatan sendiri," menurut Kim Il-Sung. Meskipun tidak secara teknis faham Juche ini adalah Komunis, namun banyak ide-ide ini berasal dari ideologi pemimpin Komunis sebelumnya.

3. Korea Utara adalah satu-satunya negara di dunia yang untuk saat ini pernah menyergap dan mengambil paksa kapal perang milik US Navy Ship.

4. Sungguh sangat tidak fair, karena hanya militer dan pejabat pemerintah saja yang diperbolehkan untuk memiliki mobil.

5. Kim Jon-un membunuh pamannya sendiri dengan melemparkan pamannya yang telah ditelanjangi ke dalam kandang yang berisi 120 ekor anjing yang lapar. Dia juga kemudian membunuh seluruh keturunan pamannya.

6. Kijŏng Dong adalah kota model yang dibangun untuk menarik warga Korea Selatan ke Korea Utara dari perbatasan, tapi tidak ada yang benar-benar tinggal di sana. Dan saat ini kota tersebut telah menjadi kota hantu.

7. Kemanapun anda pergi di seluruh penjuru Korut, anda akan menemukan patung besar dari pemimpin tertinggi Korut di ruang publik.

8. Semua bangunan di Korea Utara dicat abu-abu dari luar. Dan sebagian besar bangunan memiliki gambar pemimpin tertinggi Korut.

9. Jika anda tertangkap membaca Alkitab atau menonton film porno, anda akan menerima hukuman mati.

10. Merupakan hal yang ilegal untuk mengambil gambar orang-orang miskin karena mereka percaya perbuatan itu akan merusak citra reputasi Korea Utara.

11. Korea Utara biasanya menonton acara 2014 Piala Dunia dengan penundaan 24 jam.

12. Ada sebanyak 28 jenis potongan model rambut saja yang legal bagi penduduk Korut.

13. Mengenakan celana jeans adalah ilegal di Korea Utara.

14. Korea Utara melakukan "pemilihan umum" setiap lima tahun dengan hanya satu kandidat saja yang berpartisipasi dalam pemilu. Saat pemungutan suara sedang berlangsung, maka hanya ada satu nama calon yang muncul dalam lembar surat suara. Pemilih memiliki pilihan untuk tidak memberikan suara terhadap calon yang tidak dipilih dengan cara mencoret namanya, tapi dilakukan di bilik yang terpisah tanpa kerahasiaan apapun! Voting adalah wajib di negara ini dan jumlah pemilih biasanya mencapai sekitar 100%.

15. Korea Utara memiliki sekitar 2000 perempuan sebagai pasukan 'Squadron Kesenangan'. Yaitu kumpulan wanita yang cukup menarik untuk menghibur para pejabat laki-laki agar "Senang".

16. Korea Utara memiliki aturan "hukuman 3 generasi". Bermakna jika anda melakukan pelanggaran, maka anak-anak anda dan cucu anda juga akan menerima hukuman.

17. Saat ini ada sekitar 2,000,000 tahanan menyedihkan pada sekitar 16 kamp penahanan di Korut. Sementara jumlah yang tepat dari kamp-kamp tersebut masih ambigu dan tidak dapat diverifikasi melalui sumber-sumber resmi, kamp-kamp penjara Korea Utara (juga dikenal sebagai kamp konsentrasi) 12 kali lebih tua dari kamp-kamp konsentrasi Nazi dan melampaui kamp-kamp penahanan lainnya di dunia dalam hal durasi, intensitas dan horor. Tercatat hanya ada satu orang mampu berhasil melarikan diri dari salah satu kamp konsentrasi ini setelah selama bertahun-tahun di penjara, dan ia telah menulis tentang pengalaman mengerikan yang di alaminya saat masih berada di kamp tahan an Korut dalam sebuah buku yang berjudul, "Escape from Camp 14".

18. Setengah dari penduduk Korea Utara yang berjumlah 24 juta orang hidup dalam kemiskinan yang sangat ekstrim. Mereka menderita kelaparan dan kekurangan pangan, sangat jauh berbeda dengan negara tetangganya Korsel.

19. Korea Utara memiliki banyak pengeras suara di jalan-jalan sebagai alat propaganda yang sering dinyalakan secara acak setiap hari. Anak-anak di sekolah-sekolah Korea Utara diajarkan tentang pemimpin terbesar dunia, yaitu, Kim Jong I dan Kim Jong II.

20. Jika anda adalah turis di Korea Utara, maka ponsel anda akan disita di bandara dan dikembalikan ketika anda meninggalkan negara itu.

21. Anda harus meminta izin sebelum mengambil setiap gambar dari kamera anda dan kemungkinan yang selalu ada adalah izin anda akan ditolak.

22. Anda tidak diizinkan untuk berbicara kepada individu yang tidak berwenang tentang Korea Utara, dan anda akan tetap diantar dan dikawal oleh pemandu kemanapun dan di manapun.

23. Korea Utara hanya memiliki 3 Saluran Televisi.

24. Tidak ada Internet sama sekali kecuali bagi para pejabat negara.

24 Fakta Aneh Dan Menyedihkan Di Korea Utara
Sebuah mural propaganda di Korea Utara
Sementara dunia terus mengambil langkah-langkah untuk menuju pembentukan komunitas global yang lebih damai dan maju, Republik Demokratik Rakyat Korea masih mengikuti kediktatoran brutal. Hal ini sangat memilukan hati untuk menyadari bahwa beberapa populasi ini dunia ini sedang diperlakukan dengan cara sangat tidak manusiawi, dan harus diakui bahwa beberapa ideologi dapat menghancurkan sebuah negara dan merusak potensi peradaban dunia yang seharusnya lebih aman dan sejahtera. Dibandingkan dengan Korut tentu kita akan merasa sangat bersyukur bisa hidup di Nusantara ini. Dan saya rasa kita semua sepakat untuk menolak faham kediktatoran yang telah dicontohkan oleh para pemimpin Korea Utara, agar jangan sempat beberapa orang brengsek yang bisa memegang puncak kepemimpinan lantas menghancurkan tatanan kehidupan rakyatnya. Tolak semua propaganda otoriter dan tolak pemimpin anti kritik. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

comments
28 Agustus 2016 12.46 delete

artikel yang sangat baik. memberi informasi yang banyak terima kasih ya (Y)

Reply
avatar
15 September 2016 16.23 delete

Terimakasih telah berkunjung, datang-datang lagi ya :D

Reply
avatar
7 Oktober 2016 15.51 delete

Kalo mau memberikan hal negatif alangkah baiknya memberikan hal positif nya juga.
Dan ijinkan saya memberikan hal positif dari korea utara bahwa mereka tidak suka mencampuri urusan politik atau urusan lain dari negara lain yg kebanyakan negara yg mengaku menjunjung tinggi demokrasi justru sering ikut campur urusan negara lain dan tentu saja itu bisa mengganggu kedaulatan sebuah negara. Terima kasih.

Reply
avatar
8 Oktober 2016 19.56 delete

Terimakasih atas sarannya, sangat bermanfaat, tapi maaf sebelumnya, saya menuliskan postingan ini sesuai dengan judul, namun saya bisa mempertimbangkan saran anda jika kedepan ada postingan yang mungkin melihat korea utara dari wajah yang berbeda.

Dan satu lagi, jika korea utara dianggap tidak pernah menganggu kedaulatan negara lain, saya kurang setuju, karena saat ini korea utara juga terlibat dalam perang suriah untuk membantu blok assad dan rusia. Terimakasih :)

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.