Suara Musik Misterius Di Orbit Bulan

Suara Musik Misterius Di Orbit Bulan

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ada sebuah pertanyaan tentang mengapa permukaan bulan selalu terlihat sama? Jawabannya adalah karena masa rotasi bulan sama dengan masa revolusinya yang berarti, sekali berputar pada porosnya sekali pula bulan beredar mengelilingi bumi. Nah lantas bagaimana dengan permukaan bulan yang tidak terlihat? Bisa dikatakan berada di belakang bulan yang tidak pernah terlihat oleh bumi, misteri apa yang ada disana? Hmm,.. saya pernah mendengar tentang orang yang pertama kali mendarat di bulan, Neil Armstrong yang pernah mendengar suara Azan saat dia berada di permukaan bulan yang mendorongnya untuk pindah keyakinan menjadi seorang muslim. Nah jika Neil Armstrong mendengar suara Azan, maka para Astronot yang mengitari orbit bulan malah mendengar suara musik aneh, lantas apa itu ya???

Suara Musik Aneh Di Luar Angkasa
Para awak misi pesawat Apollo 10 yang terbang ke bulan begitu terkejut ketika mereka menemui suara musik seperti aneh yang terdengar melalui headset mereka, mereka tidak tahu apakah mereka akan melaporkannya ke NASA. Terjadi pada tahun 1969, dua bulan sebelum hari bersejarah dimana pesawat luar angkasa berawak Apollo 11 mendarat untuk pertamanya kalinya di bulan, ketika Apollo 10 memasuki orbit lunar, pesawat tersebut melintasi sisi belakang bulan di mana semua peralatan komunikasi pesawat putus kontak dengan Bumi, dan selama sekitar satu jam tidak ada yang dapat melihat atau mendengar keberadaan mereka. Sejauh yang publik tahu, segala sesuatu tentang misi ini berjalan lancar. Namun siapa sangka perjalanan mereka melintasi sisi bulan yang tidak pernah terlihat ternyata menemui suatu keganjilan yang sangat-sangat aneh.

Keganjilan tersebut terungkap dalam rilis dan pengakuan dari mantan seorang Astronot NASA yang tercakup dalam dokumen "Unexplained File NASA," membahas rekaman yang sempat diabaikan dari pengalaman meresahkan tiga orang Astronot Apollo yang terbang saat melintas di sisi belakang bulan. Rekaman tersebut berisi "suara aneh, musik dari dunia lain yang terdengar melalui modul radio Apollo. Dan percakapan antara tiga orang astronot yang menunjukkan bahwa mereka mendengar suara yang mereka belum pernah dengar sebelumnya:

"Kedengarannya seperti,.. kau tahu, jenis musik luar angkasa"

"Kau dengar itu? Itu suara siulan? Whooooooooo!"

"Yah, yang pastinya musik yang aneh!"

Suara aneh tersebut berlangsung sekitar selama hampir satu jam, dan sebelum para astronot kembali tersambung kontak radio dengan bumi, mereka sempat berdiskusi tentang apakah mereka akan memberitahukan hal yang tadi mereka dengar kepada Mission Control atau tidak.

"Sulit dipercaya! Kau tahu?"

"Bagaimana kalau kita memberitahu mereka tentang hal itu?"

"Saya tidak tahu. Kita harus fikirkan tentang hal itu."

"Awak pesawat Apollo 10 mendengar suara tersebut. Logikanya bagi saya, bahwa jika ada sesuatu yang tercatat di sana, maka pasti ada sesuatu di sana," Kata seorang kepala Astronot Apollo 15 Al Worden. "NASA akan menahan informasi dari masyarakat jika mereka pikir itu menarik perhatian publik."

"Anda tidak mendengar tentang hal seperti itu sampai bertahun-tahun setelah insiden itu terjadi, dan sekarang anda merasa heran, karena itu adalah seperti memori lama dari hal-hal yang anda membuat anda penasaran bahwa jika mereka membuat sesuatu atau memang ada sesuatu yang benar-benar ada? Karena anda memang tidak pernah benar-benar tahu, "kata Worden kepada The Huffington Post. "Jika anda berada di bagian belakang bulan dan mendengar beberapa suara aneh di radio anda, dan anda tahu bahwa anda putus kontak dengan Bumi, maka apa yang akan anda fikirkan?" kata Worden.

Suara Musik Misterius Di Orbit Bulan
Al Worden

Klarifikasi NASA
NASA mengeluarkan pernyataannya pada pekan ini menjelaskan tentang file telah lama yang telah di publish untuk umum, dan mengakui bahwa mereka memiliki penjelasan untuk suara pada rekaman itu. Dan mengatakan bahwa rekaman itu sendiri tidak pernah hilang.

Terdaftar sebagai "File rahasia" pada tahun 1969 pada puncak persaingan teknologi antariksa saat itu, dan transkrip misi dan audio Apollo 10 telah tersedia untuk umum sejak tahun 1973. Namun karena Internet tidak ada pada era Apollo saat itu, maka NASA hanya baru-baru ini saja menyediakan file digital dari beberapa data dari misi mereka sebelumnya.

Suara Musik Misterius Di Orbit Bulan
Kendaraan yang digunakan untuk mendarat di Bulan
Klip audio Apollo 10 tersebut diunggah pada tahun 2012, tetapi rekaman audio misi itu telah tersedia di Badan Arsip Nasional Amerika sejak awal tahun 1970-an. Adapun kemungkinan sumber suara yang dipertanyakan itu maka seorang kepala pilot Apollo 10 Lunar Module NASA, Gene Cernan mengatakan, "Aku tidak ingat kejadian itu yang bisa membuat saya untuk menanggapinya secara serius, itu mungkin hanya gangguan radio. Kami juga pikir ada sesuatu yang lain dari itu, kami akan memberitahukan setiap orang setelah penerbangan tersebut".

"Kami punya banyak insiden di mana orang-orang yang terbang di angkasa melihat dan mendengar hal-hal yang mereka tidak ketahui, dan mungkin anda akan bertanya-tanya tentang semua itu," kata Worden". Saya memiliki pikiran yang sangat terbuka tentang apa yang bisa saja terjadi. Dan bukti dari isu yang ada bahwa itu hanya peristiwa visual atau audio yang sulit untuk dijabarkan, tapi bukti nyatanya adalah sesuatu yang sama sekali berbeda."


Well ternyata file rekaman suara musik aneh itu telah tersedia puluhan tahun untuk publik, jika memang benar kenapa baru sekarang hal itu menjadi heboh dan viral di sosial media? Disinformasi seringkali terjadi, dan seringnya pula isu-isu yang ada menambah koleksi kesalahan informasi sehingga membentuk hal isu baru yang lain pula. Kurang lengkapnya informasi dan rasa berlebihan dalam menanggapi suatu yang aneh sering membuat orang-orang menjadi skeptis.

Kembali pada rekaman suara aneh itu, rasanya memang cukup menarik, namun sayangnya belum ada rincian tentang apa sebenarnya dan darimana asal suara musik misterius tersebut, dan untuk mengetahui informasi ini lebih lengkap serta untuk menambah pengetahuan, anda bisa membacanya lebih lanjut disini; Transkrip Apollo 10 - Audio Transmission - Klarifikasi NASA.

Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.