Misteri Kemunculan Suara-suara Aneh Yang Tak Terjelaskan

Misteri Kemunculan Suara-suara Aneh Yang Tak Terjelaskan

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Selama bertahun-tahun para ahli geologi dan geofisika telah mempelajari berbagai lokasi di mana muncul suara tak terjelaskan yang telah dilaporkan. Taos, New Mexico adalah salah satu contoh lokasi yang paling terkenal di mana banyak orang telah melaporkan mendengar suara-suara aneh, semacam suara gemuruh tingkat rendah, dan di daerah di barat Inggris, penduduk lokal juga telah melaporkan suara-suara dengungan yang asalnya tidak diketahui.

Tahun lalu, sebuah studi unggulan dalam Geophysical Research Letters menunjukkan bahwa penyebab misteri "hums" (Dengungan) sebagai aktivitas mikroseismik yang disebabkan oleh gelombang laut, suara yang dihasilkan dari gelombang laut dalam yang bergerak di pegunungan bawah laut dan formasi geologi lainnya di sepanjang dasar laut. Proses ini terjadi bersamaan dengan tabrakan antara arus laut dalam, dapat mengakibatkan gelombang seismik yang diyakini menghasilkan resonansi suara di wilayah lokal tertentu.

Misteri Kemunculan Suara-suara Aneh Yang Tak Terjelaskan
Taos, New Mexico. Disini sering muncul suara aneh tak terjelaskan
Namun, dalam literatur ilmiah yang berkaitan dengan suara anomali di alam, ada juga kasus di mana suara tersebut tampaknya cukup jelas berbeda. Ada dua kasus yang melibatkan suara kebisingan aneh ini, benar-benar terdengar seperti suara mesin dari beberapa variasi yang sempat dilaporkan pada akhir tahun 1970, sebagaimana dicatat oleh seorang fisikawan William R. Corliss. Laporan pertama dari dua laporan tersebut terjadi di Colorado pada tahun 1970, seperti yang dilaporkan T. Adams dan sekelompok orang yang berkemah dimana ia bergabung pada malam kejadian:

"Kami camping di lereng barat Sangre de Cristos, barat laut dari Mount Blanca dan dari selatan bukit pasir, kami mendengar suara tersebut pada tahun 1970. Dua atau tiga malam berturut-turut, suara itu mirip suara engkolan mesin dan terjadi setelah tengah malam dan mereda sesaat sebelum fajar. Suara itu tidak benar-benar cukup keras untuk didengar dan terdengar seperti suara motor dari beberapa macam jenis, ada yang bilang itu suara sejenis dinamo. Dan lainnya telah mengatakan bahwa kadang-kadang suara tersebut tampaknya terdengar lebih keras jika merapatkan telinga ke tanah. Cukup mudah bisa membayangkan bahwa suara itu berasal dari bawah permukaan tanah, tetapi apakah benar atau tidak masih murni spekulatif. "

Kejadian serupa terjadi di dekat Yakima, Washington, pada musim gugur tahun 1978, seperti yang dilaporkan oleh seorang petugas pengendalian kebakaran yang beroperasi di dekat Yakima Indian Reservasi:

"Pada bulan September 1978 terdengar suara turbin di bawah tanah atau suara mesin yang terdengar dari menara Sopelia dari batas selatan selama tujuh jam (sekitar 21:00-04:00, September 3-4). Menurut [pernyataan WJ Vogel, Kepala petugas pengendalian Kebakaran mengatakan; suara itu seperti suara 'turbin' atau 'baling-baling pada pesawat multi mesin. "Ketika lookout keluar ke stasiun untuk mencari tahu, anjing milik lookout terlihat sangat cemas, dan merasakan getaran yang tak terlihat di bawah kakinya saat ia berdiri pada beton. lookout mengatakan bahwa dia mendengar suara yang sama selama musim panas 1978, tapi selalu terjadi siang hari. "

Dan dari kedua laporan ini tampaknya menunjukkan, bahwa mereka yang mendengar suara "mesin misteri" ini tidak sepenuhnya yakin bahwa suara tersebut datang dari bawah tanah, laporan kedua menunjukkan adanya getaran ringan dilaporkan yang dialaminya, serta adanya "gangguan pada hewan" yang ditunjukkan oleh perilaku anjing miliknya yang merasa cemas.

Selama bertahun-tahun, banyak orang yang berspekulasi bahwa suara "hums" aneh dan gemuruh semacam ini mungkin menunjukkan adanya aktivitas fasilitas bawah tanah, seperti yang dikatakan oleh orang-orang seperti tentang lokasi rahasia dengan fasilitas keamanan tingkat tinggi di Area Nevada 51. Namun, mungkinkah hipotesis suara "laut dalam" dapat menjelaskan misteri ini? Menurut catatan dalam Geophysical Research Letters, microseisms disebabkan oleh aktivitas laut dalam dan hal ini dapat terjadi pada kisaran dari 3 hingga 10 detik, dengan periodisitas seismik berlangsung hingga hampir 300 detik. Namun, bahkan penulis studi ini sendiri menyatakan bahwa fitur seismik tersebut juga masih dalam perdebatan yang tampaknya menunjukkan adanya perbedaan pendapat tentang apakah penentuan hasil hipotesis tersebut memang meyakinkan.

Baru-baru ini juga muncul sebuah suara aneh yang datang hampir disetiap malam yang menyebabkan gangguan bagi warga penduduk desa forest grove di Kanada, suara misterius ini selalu muncul pada malam hari, berbeda dengan suara misterius yang terdengar seperti suara mesin, justru suara di hutan desa di Kanada ini terdengar melengking dan cukup keras. Dari sekian banyak investigasi masih belum ditemukan penyebab dan asal dari suara aneh tersebut, dapat anda lihat dalam video dibawah ini.

Video Suara Aneh Di Kanada
>

Sementara ini suara-suara aneh tersebut masih menjadi misteri, mungkin ada faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap kemunculan suara misteri ini, tentunya masih sangat spekulatif, di mulai dari jalur transmisi yang terkubur dibawah tanah atau mungkin gelombang radar, spekulasi tetaplah spekulasi namun suara-suara aneh ini telah membuat banyak orang membayangkan sesuatu yang bisa membuat mereka berfikir terlalu luas, seperti suara hantu, jin atau alien misalnya. Apapun sumber suara itu mungkin, dan walaupun ilmu geofisika saat ini masih belum menemukan jawaban, saya yakin di satu hari nanti semua akan terungkap dengan jelas. Ya selalu begitu, waktu memang selalu jujur :) Bye, semoga bermanfaat  dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.