Mengapa Blog Saya Di Bom Klik?

Mengapa Blog Saya Di Bom Klik?
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Sebenarnya saya agak malas menulis hal ini, tapi mungkin pengalaman saya bisa menjadi pelajaran buat teman-teman blogger semua, terutama bagi para blogger yang memonetisasi blognya dengan program periklanan google adsense. Soalnya belakangan ini memang dunia adsense lokal semakin menggelegar dan secara bersamaan pula berbagai macam fakta dan kegiatan ilegal demi meraup keuntungan terus dipaksakan agar segara cepat kaya dari penghasilan dunia internet marketing termasuk main sikut sesama blogger.

Beberapa waktu lalu saya sempat berdiskusi dengan seorang rekan blogger yang sudah sukses, dimana ia mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta, kami berdiskusi tentang berbagai gangguan dan serangan dari orang-orang yang tidak cukup untuk dikatakan iseng (Saya lebih suka menyebutnya orang gila ketimbang orang iseng) yang mereka kerjanya memang selalu berusaha untuk menghancurkan kompetitor atau blog milik orang lain. Ada banyak sekali gangguan dan serangan yang bertujuan untuk merusak reputasi dan menjatuhkan penghasilan dari adsense, motifnya juga bermacam-macam, mulai dari kurang kerjaan hingga penyakit gangguan kejiwaan yang dinamakan penyakit iri hati dan dengki.

Banyak rekan-rekan blogger lainnya memang menyarankan saya agar tidak terlalu vulgar untuk mensharing blog saya di sosial media, karena memang ada beragam corak manusia yang pastinya tidak sama fikirannya, namun saya abaikan semua saran itu karena saya menganggap saya tidak pernah menganggu milik orang lain, saya tidak mencari musuh di sosial media dan disisi lain sosial media juga sebagai tempat mencari trafik yang cukup bagus sebagai lokasi promosi. Dan semua saran teman-teman saya tersebut mulai terlihat kebenarannya, ada sangat banyak gangguan yang di alami blog emosianisme ini, mulai dari ramainya copaser hingga linking yang buruk.

Mengapa Adsense Saya Di Bom Klik?
Nah pada hari ini tanggal 18 Februari 2016 terjadi serangan yang paling di takuti oleh para publisher adsense, yakni bom klik. Saya selalu memantau perkembangan penghasilan di akun adsense milik saya, dan sejak tadi malam dimulai dari pukul satu, tiba-tiba saja trafik di blog ini dibanjiri visitor dari Amerika. Helo bro? Ini blog berbahasa Indonesia yang biasanya secara normal 97% visitor juga berasal dari Nusantara, emang sejak kapan orang-orang amrik pintar berbahasa indo? Ya sejak semalam 50% trafik berasal dari USA dan saya mulai menaruh kecurigaan bahwa ada aktivitas tidak valid yang sedang menimpa blog saya ini. Saya mulai melakukan analisis dan segera membuka dasbor adsense untuk melihat apa yg terjadi.

Dan kecurigaan saya terbukti, tingginya trafik dari US diimbangi dengan tingginya klik iklan dari US pula, dan hanya dalam beberapa jam saja earning saya melonjak drastis hingga mencapai puluhan dollar dari aktivitas ilegal tersebut. Dan serangan tersebut mulai berhenti pada kisaran pukul 4 dini hari. Lantas siapa yang menyerang blog saya?

Saya segera melaporkan kejadian invalid klik ini ke pihak google adsense dan berharap mereka segera meresponnya, saya tidak terlalu khawatir dengan kejadian ini karena google sendiri mengklasifikasikan akun adsense berdasarkan reputasi dan usia. Dan akun adsense yang saya gunakan saat ini berusia cukup tua yang masih dalam hitungan USD. Toh selama ini pula saya tidak melakukan kecurangan dan belum pernah ada teguran pelanggaran satu kalipun yang pernah dikirimkan oleh google adsense. Namun semua itu saya pulangkan pada Allah saja, jika memang rezeki ya tidak akan kemana, saya percaya rezeki saya sudah di aturNya.

Lantas siapa yang melakukan hal ini dan apa motifnya? Hanya Allah yang tahu pasti dan mungkin saya juga tahu siapa orangnya, itu saja.

Mengapa Mereka Melakukan Ini?
Ada banyak motif kenapa seseorang melakukan serangan seperti ini, mulai dari kebencian terhadap seseorang, persaingan, disuruh orang karena uang, atau malah karena mengalami "gangguan kejiwaan". Jelas saja bro! Jika ada orang yang membenci anda, maka sudah tentu biasanya orang tersebut akan berusaha dengan cara apapun untuk menghancurkan anda. Dan saya pribadi juga merasa bahwa ada beberapa orang dan golongan yang tidak menyukai saya, beberapanya adalah perorangan yang membenci saya karena saya tidak mengizinkan mengcopas postingan saya tanpa izin, dan selebihnya adalah beberapa golongan yang tidak sefaham dengan alur tulisan saya baik yang menyangkut masalah spiritual dan opini, ironisnya mereka semua ini adalah orang-orang yang tidak gentleman, lantaran tidak ada satupun yang berani menunjukkan tampangnya, padahal saya bukanlah seorang yang brutal ataupun suka melakukan kekerasan, saya percaya dengan prinsip bahwa semua hal bisa dibicarakan.

Nah istilah gangguan kejiwaan seperti yang saya tulis diatas mengacu pada jenis penyakit hati yakni rasa iri dengki dan busuk hati, sebuah prilaku menjijikkan dimana orang yang mengidap penyakit itu akan susah melihat orang lain senang, dan senang melihat orang lain susah. Sudah menjadi santapan bagi para blogger yang sedang meniti jalan sukses dimana gangguan dari orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan seperti ini akan sering datang "menggoda". Jangankan saya yang cuma seorang blogger kecil, nah para mastah adsense sekalipun malah lebih sering mengalami gangguan seperti ini, dan bahkan saking seringnya mereka malah sudah tidak perduli, toh apapun jenis gangguan itu blog mereka sudah berada di posisi yang bagus dan reputasi mereka juga tidak akan mudah dijatuhkan begitu saja.

DMCA Protection Dan Banyak Berdoa
Dan karena banyaknya gangguan tersebut memaksa saya untuk melakukan tindakan lebih lanjut, salah satuya adalah dengan memutuskan untuk memiliki akun DMCA Pro pada beberapa waktu lalu, DMCA Pro akan mentackle-down setiap pelanggaran seperti pencurian konten misalnya. Karena pelanggaran jenis ini memang sudah menjadi barang umum, jangankan sebuah tulisan artikel, bahkan film dan musik hasil karya anak bangsa yang telah bersusah payah mereka buat malah dengan gampang para pembajak itu membajaknya tanpa memikirkan perasaan orang lain.

Selanjutnya saya hanya bisa berdoa agar semua tetap baik-baik saja, ya disadari atau tidak, semua yang terjadi adalah ketentuan dariNya dan ini semua memanglah sebuah permainan hidup yang disebut cobaan. Seberapa kerasnya saya berusaha toh tetap saja Dia yang menentukan. Disisi lain semua cobaan ini kan bisa membuat kita menjadi lebih kreativ dan terus memotivasi untuk tetap berkarya dan mendapatkan penghasilan dari blogging. Dan mereka yang suka berbuat dengki itupun lambat laun akan bosan dengan sendirinya, disamping cepat atau lambat musibah akan menimpanya sesuai dengan perbuatannya, so jika ada teman-teman yang mengalami nasib yang sama seperti saya, saran saya anda tak perlu khawatir berlebihan, ini sudah lumrah dalam dunia adsense. Kita hanya dituntut untuk terus berdoa dan berusaha, selebihnya biar Dia yang menentukan, insha Allah. Semoga bermanfaat bagi teman-teman blogger lainnya, salam blogger dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Kejahatan Di Dunia Blogging
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
22 Februari 2016 11.48 delete

sama kayak mengadukan pelanggara biasa om

Reply
avatar
23 Februari 2016 21.01 delete

Ya Allah, ternyata ada juga yang seperti itu ya.. Semoga kita dijauhkan dari prasangka-prasangka buruk.. Keep positif :)

Reply
avatar
25 Februari 2016 00.37 delete

iya om, makasih buat doanya

Reply
avatar
12 Agustus 2016 16.44 delete

Wah sama kalau begitu...blog saya juga baru berumur 2 bulan, tapi tak tau kenapa banyak postinganku yang nangkring di halmn 1 dan 2 google..padahal saya ga begitu paham SEO. Dan semenjak postingan masuk SERP serangan demi seranagn datang mulai dari trafik yg sama dengan agan datang dari US berkali-kali lipat, ditambah semua postingan saya dicopy semua dari awal sampai postingan terakhir. Saya belum punya adsense, tapi mungkin penyerangn itu akibat dengki karena blog baru brrsaing. Dan sekarang masalah muncul lagi semua backlink di webmaster yang sudah saya bangun hilang semua jadi not available. Saya makin pusing menghadapiserangan ini gan. Soalnya saya masih baru sedangkan yng nyerang sudah pasti ahli. Memang iri dengki membuat buta hati.

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.