Makhluk Aneh, Kombinasi Hewan Dan Tanaman

Makhluk Aneh, Kombinasi Hewan Dan Tanaman

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Anda melihat gambar diatas, dan apakah pada awal mulanya anda menganggap gambar tersebut adalah kumpulan sejenis tanaman? Well anda tertipu oleh mata anda anda sendiri, gambar di atas adalah kumpulan sejenis cacing yang disebut sebagai "Cacing saus mint" (Mint sauce worm) dengan nama latin Sysagittifera roscoffensis, hewan ini adalah hibrida dari tanaman dan hewan. Julukan ini hadir karena penampilannya yang berwarna hijau terang. Pada dasarnya cacing ini bertubuh transparan dengan ganggang yang hidup di dalam tubuhnya yang menyebabkan warna cacing ini terlihat hijau. Hal ini diketahui dari hasil publikasi penelitian terbaru yang mengungkap misteri warna hijau cacing tersebut.

Makhluk Aneh, Kombinasi Hewan Dan Tanaman
Cacing saus mint berkumpul di pantai
Cacing hijau yang tinggal di pantai ini memiliki semua karakteristik hewan, kecuali pada bagian yang sangat unik, yakni hewan kecil ini "bertenaga surya." Yakni cacing saus mint ini menggunakan fotosintesis untuk mendapatkan energi dari matahari, mereka bertahan hidup dari nutrisi yang dihasilkan oleh alga yang berada dalam dalam usus mereka. Keunikan cacing ini tidak hanya terdapat pada tenaga surya dari hybrid yang mereka miliki. Para peneliti di University of Bristol baru-baru ini merilis sebuah studi tentang perilaku sosial hewan ini. Cacing saus mint berinteraksi satu sama lain untuk mengkoordinasikan gerakan. Mereka berkumpul dalam satu kelompok untuk menghasilkan sebuah bentuk super organisme.

Cacing dengan panjang 3mm ini bekerja sama antara satu sama lain untuk mulai berenang dalam kelompok kecil yang terpolarisasi. Saat kepadatan semakin meningkat, mereka membentuk semacam armada. Secara bersama-sama mereka membentuk biofilm atau matras di dasar pantai, terlihat persis menyerupai ganggang, namun tidak seperti ganggang, cacing ini dapat bertahan di daerah di mana rumput laut yang normal tidak dapat menjangkau dan berkumpul. Formasi cacing ini memberikan keamanan dalam jumlah sebagai mekanisme mereka untuk bertahan hidup.

Hewan ini biasa ditemukan di pasir pantai pada perairan dangkal di wilayah Atlantik tepatnya dipantai Wales dan pulau channel Inggris, para cacing akan berkumpul untuk membentuk matras ketika gelombang surut, secara aktif mereka mandi di bawah sinar matahari untuk mendapatkan energi. Ketika ombak mulai bergulung kuat, mereka menggali dan bersembunyi di bawah pasir untuk tidur.

Makhluk Aneh, Kombinasi Hewan Dan Tanaman
Cacing saus mint di atas permukaan pasir
Para peneliti menggunakan model komputer untuk membandingkan cacing unik ini dengan cacing spesies lain dan mempelajari bagaimana sosialisasi hewan ini terjadi. Seorang profesor bernama Nigel Frank dari School of Biological Sciences di University of Bristol meringkas:

"Hasil studi kami menunjukkan bahwa organisme yang luar biasa ini juga tampaknya menjadi model ideal untuk memahami bagaimana prilaku individu dapat memainkan peranan, melalui gerakan kolektif, untuk sebuah kumpulan sosial."

Dengan demikian, cacing ini tidak berhubungan dengan mint atau daun mint, dan juga sama sekali tidak digunakan sebagai saus seperti namanya. Namun terlepas dari warna dan namanya yang unik tersebut, ada dua pelajaran yang kita bisa ambil dari hewan pantai ini, yakni;

1. Simbiosis Mutualisme, cacing membiarkan ganggang tumbuh didalam tubuhnya, di lain pihak ganggang memberikan manfaat pada cacing dari hasil fotosintesis.

2. Kekompakan, cacing berkumpul dan berkelompok dalam satu komunitas besar dalam rangka bekerjasama untuk menghasilkan super organisme sebagai mekanisme untuk bertahan hidup.

Well emosi muda,.. hewan kecil ini hanyalah salah satu dari banyak keunikan yang tersedia di alam luas terbentang tempat dimana kita tinggal. Dengan memahami alam dan peranan mereka maka hal ini bisa membuka mata kita untuk lebih mengenal alam serta menjaga planet kita ini dari kerusakan, dan tentunya juga dengan memahami sebuah penciptaan akan menjadi sebuah langkah pula untuk mengenal siapa pencipta semua ini. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.