Inilah Kota-Kota Paling Suci Di Dunia

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Agama memainkan peranan penting dalam kehidupan banyak orang di dunia. Terkadang agama dapat bersatu-padu dan membawa perdamaian serta harmoni dalam sebuah kemunitas besar, tetapi terkadang juga dapat menyebabkan kemarahan, perselisihan dan peperangan. Dan disepanjang sejarah ada sepuluh kota yang menjadi poin signifikan untuk acara keagamaan besar. Tempat-tempat ini masih menjadi situs ziarah bagi jutaan ummat beragama. Jika anda mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satunya sesuai keyakinan anda maka hal itu pastinya menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa. Dan bagaimana sepuluh kota suci tersebut? Mari kita lihat :)


Mekkah, Arab Saudi
Mekah adalah kota paling suci dalam agama Islam. Pada tahun 2008, ibadah tahunan haji menarik dua atau tiga juta orang ke kota tersebut. Ibadah haji ini merupakan bagian pokok dari Rukun Islam, dan hanya bagi Muslim yang mampu setidaknya sekali dalam hidup mereka. Hukum Saudi sendiri melarang non Muslim untuk memasuki kota suci Mekkah.

Sejarah Mekkah sangat tua dengan cerita pertama datang dari waktu yang sangat lama. Kisah ini bercerita tentang Adam dan Hawa yang diusir dari surga. Adam mendarat di tempat yang sekarang disebut Sri Lanka dan Hawa mendarat di Saudi. Mereka berjalan selama 200 tahun sebelum akhirnya bertemu kembali di Gunung Arafat di dekat Mekkah. Cerita itu juga menyatakan bahwa Adam dimakamkan di tempat yang sekarang dinamakan Mekkah.

Mekkah, Arab Saudi

Mungkin laporan sejarah lebih akurat dimulai pada tahun 2.000 SM ketika Ibrahim dan putranya Ismail membangun Ka'bah, sebuah bangunan berbentuk kubus di pusat kota Mekah dan merupakan sebuah tempat yang paling suci dari semua situs dalam Islam. Ka'bah adalah tempat dimana semua Muslim berhadap selama melakukan sholat, di mana pun mereka berada di dunia ini.

Nabi Muhammad SAW lahir di Mekkah pada tahun 570. Dan pada tahun 630 beliau mengambil kendali kota Mekah yang sebelumnya di kuasai oleh orang-orang musyrikin, beliau menghancurkan 360 patung berhala yang berada di sekeliling Ka'bah, dan menyatakan bahwa kota ini adalah merupakan tempat ziarah Muslim dengan titik fokus Ka'bah sebagai kiblat dan tempat bertawaf yang didedikasikan hanya untuk menyembah Allah semata, Keyakinan yang hanya menyembah satu Tuhan saja tanpa menyekutukanNya dengan apapun inilah yang membentuk iman Islam.

Lhasa, Tibet
Lhasa secara harfiah diterjemahkan adalah "Tempat para dewa." Kota ini adalah rumah dari Dalai Lama, pemimpin politik Tibet dan pemimpin tertinggi agama Buddha Tibet, dari era tahun 1600an hingga Cina menyerbu daerah ini yang menyebabkan 14 Dalai Lama melarikan diri ke pengasingan pada tahun 1959. hari ini anda akan menemukan orang-orang Tibet menjadi penduduk minoritas dibandingkan dengan penduduk komunitas penyerbu dari Cina.

Lhasa memiliki banyak situs sejarah yang penting termasuk kuil Jokhang, Norbulingka dan Istana Potala, yang semuanya merupakan situs warisan dunia UNESCO. Termasuk juga Sera dan biara Drepung serta Kuil Zhefeng.

Lhasa, Tibet

Lebih dari satu juta orang pergi ke Tibet setiap tahunnya. Tidak akan jarang untuk melihat para peziarah yang taat di Lhasa berlutut atau tengkurap dengan dahi mereka di tanah. Para peziarah ini akan mencoba untuk mendapatkan pahala spiritual dengan mengikuti salah satu dari tiga jalur konsentris yang masuk ke dalam atau di sekitar kuil Johkhang.

Bethlehem
Kota kecil ini dihuni sekitar 30.000 orang yang terletak enam mil dari kota Yerusalem dan dianggap tempat kelahiran nabi Isa alaihissalam atau Yesus oleh kebanyakan orang Kristen. Ini adalah rumah bagi salah satu komunitas Kristen Palestina yang terbesar, yang pada dasarnya tempat ini merupakan kota Muslim.

Sejarah di kota ini kembali sejauh hampir 2.000 tahun yang lalu. Kota ini juga merupakan tempat kelahiran nabi Daud atau David dan lokasi di mana beliau dinobatkan menjadi raja Israel. Catatan menunjukkan bahwa selama berabad-abad kota ini telah berkali-kali diserang dan ditaklukkan oleh banyak orang-orang Romawi, orang Samaria, tentara Muslim, Tentara Salib, Sultan Mesir dan Syria, kekalifahan Ottoman, dan Inggris selama Perang Dunia I. Dan baru-baru ini kota tersebut diserbu pasukan Israel. Dan sementara ini masih dikendalikan oleh Otoritas Nasional Palestina.

Bethlehem

Kota ini paling terkenal karena disebut dalam kisah Alkitab tentang Yesus. Ada dua laporan yang berbeda dalam Perjanjian Baru menyebutkan Bethlehem sebagai tempat kelahirannya, tapi para pendeta modern masih mempertanyakan keakuratan laporan ini. Namun walau bagaimanapun juga, peziarah dari umat Kristen berbondong-bondong datang ke kota ini terutama pada hari Natal dan Paskah, untuk mengunjungi Gereja Nativity, yang diduga sebagai lokasi yang menandai tempat kelahiran Kristus, dan menjadi salah satu gereja tertua di dunia.

Varanasi, India
Terletak di utara India, Varanasi adalah tempat suci bagi umat Hindu, Buddha dan Jain. Menurut legenda, kota itu dimulai oleh dewa Syiwa dan merupakan tempat paling suci dari tujuh kota suci Hindu. Tetapi jika anda melihat catatan sejarah Varanasi mungkin didirikan di sekitar 3.000 tahun yang lalu sebagai pusat industri kain katun, kain sutra, parfum dan gading.

Lebih dari satu juta peziarah mengunjungi kota ini disetiap tahunnya. Umat hindu percaya bahwa dengan mandi di Sungai Gangga maka akan melunturkan dosa dan akan menjamin pembebasan jiwa seseorang yang telah meninggal. Ada sekitar 100 Ghats (jalan setapak yang mengarah ke sungai) di kota ini. Banyak yang dimiliki secara pribadi dan sebagian besarnya digunakan untuk mandi, kremasi atau pembuangan mayat yang dibakar. Banyak laporan dari India yang melaporkan bahwa air sungai ini sangat kotor, sehingga orang mungkin akan berpikir dua kali sebelum mencoba pengalaman mandi di sungai ini.

Varanasi, India

Varanasi juga merupakan salah satu dari empat situs ziarah umat budha yang penting yang ditunjuk oleh Gautama Buddha. Dia dikatakan memberikan khotbah pertamanya tentang prinsip-prinsip dasar agama Buddha di sini.

Daya tarik utama di kota ini adalah Ghats, tetapi juga ada banyak kuil untuk dilihat. Selama berabad-abad kuil di kota ini telah hancur berkali-kali dari invasi Muslim, yang kemudian bahan-bahannya digunakan kembali untuk membangun masjid. Ketegangan rasial masih sering terjadi di kota ini hingga sampai hari ini.

Vatikan
Terselip di pusat kota Roma, Italia, negara kecil ini hanya memiliki luas 110 hektare dan hanya memiliki penduduk sebanyak 900 orang saja, tetapi sejauh ini Vatikan menjadi sebuah lokasi agama penting. Ini adalah rumah bagi pusat otoritas Gereja Katolik Roma dan merupakan kediaman semua Paus sejak tahun 1377.

Pada era tahun 37-41 sebelum masehi, daerah itu adalah situs dari Circus Nero, dan sebuah obelisk tinggi dapat dilihat berdiri di luar Basilika Santo Petrus adalah sisa-sisa dari sejarahnya tempo dulu. Legenda mengatakan bahwa disinilah Santo Petrus disalibkan terbalik. Banyak orang Kristen lainnya yang juga menjadi martir di sini. Sampai pada abad ke 4, ketika Basilica dibangun, daerah itu masih merupakan tempat yang menonjol untuk monumen pemakaman, makam dan altar dewa-dewa pagan.

Vatikan

Pada satu waktu gereja Vatikan sempat memerintah sebagian besar daerah di semenanjung Italia, namun pada pertengahan abad ke 19 Negara Kepausan ini disita oleh kerajaan baru Italia. Kerusuhan pun terjadi antara pihak Italia dan gereja, namun akhirnya di era tahun 1900an Mussolini menandatangani perjanjian antara Italia dan Tahta Suci Vatikan yang memungkinkan kota Vatican tetap eksis seperti yang anda lihat hari ini.

Ada banyak hal yang tersimpan di Vatican City, termasuk Basilika Santo Petrus, Perpustakaan Vatikan, Kapel Sistina dan Museum Vatikan, juga merupakan sebuah rumah karya seni yang luar biasa dari para seniman seperti Michelangelo, Bernini, Botticelli dan Raphael.

Haifa, Israel
Haifa dibangun di lereng Gunung Carmel menghadap ke Laut Mediterania, berada disekitar 56 mil dari kota Tel Aviv. Lokasi kota tersebut memiliki pantai yang indah yang terkadang para wisatawan tampak kurang menyadari bahwa ada beberapa situs keagamaan penting. Kota ini adalah situs ziarah utama bagi umat Baha'i.

Pertanyaan pertama anda mungkin bertanya-tanya tentang apa sih agama Baha'i? Ini adalah sebuah agama dunia yang independen yang didirikan pada pertengahan 1800an di Iran oleh Bahá'u'lláh, sebahagian peneliti sejarah mengatakan bahwa agama Baha'i ini merupakan sempalan dari agama Syiah Rafidah imam dua belas yang kini merupakan sebagai agama resmi Iran. Para penganut agama ini percaya bahwa Bahá'u'lláh adalah nabi terbaru, yang mengklaim mengikuti jejak dari nabi Muhammad SAW, nabi ibrahim, nabi Musa, nabi Isa/Yesus, Krishna dan Buddha. Tujuan dari Baha'i ini adalah untuk menyatukan semua ras dan keyakinan sebagai satu keyakinan umum yang berpusat pada persatuan, kasih sayang dan pengetahuan ketuhanan.

Haifa, Israel

Baha'i sendiri lebih mirip dikatakan sebagai gaya hidup ketimbang sekedar agama, saat keyakinan ini muncul di Iran dan otoritas syiah tidak sangat senang pada kehadirannya. Begitu banyak umat Baha'i telah dibunuh karena keyakinan mereka tersebut selama bertahun-tahun. Apapun itu, Baha'i terus tumbuh dan berkembang dan saat ini menjadi sebuah umat yang memproklamirkan diri sebagai umat yang anti kekerasan yang percaya akan kejujuran, kepercayaan, kebenaran dan pelayanan kepada umat manusia, dan persekutuan dengan semua agama lainnya yang telah membangun sebuah situs yang luar biasa di dalam kota Haifa. The Baha'i World Center dan kuil kubah emas yang dibangun telah menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Salt Lake City, Utah Amerika Serikat
Kota ini didirikan pada tahun 1847 oleh sekelompok pelopor kristen aliran Mormon yang dipimpin oleh nabi mereka yang bernama Brigham Young. Penganut Mormon ini melarikan diri dari Midwest karena perseteruan dengan pemerintah federal yang membenci praktek mereka yang melakukan poligami. Dan akhirnya pada tahun 1890 akhirnya gereja merilis sebuah manifesto yang menyarankan anggotanya untuk mematuhi hukum yang melarang poligami.

Kota ini sangat beragam, baik agama dan budayanya. Tempat ini menjadi tuan rumah dari Festival Film Sundance, menarik banyak orang untuk mengunjunginya, juga memiliki Festival besar Yunani, sebagai lokasi Marathon internasional Salt Lake City, musik yang sangat beragam serta memiliki populasi gay besar yang sering melakukan parade di setiap bulan Juni.

Salt Lake City, Utah Amerika Serikat

Kota ini adalah markas besar The Church of Latter day Saints aka LDS (Gereja dari Orang-orang Suci Zaman Akhir) dan Bait Suci Salt Lake merupakan objek wisata utama. Ada enam bangunan menara granit yang sangat besar terletak di jantung kota yang membutuhkan waktu selama 40 tahun untuk membangunnya. Hanya anggota dari LDS saja yang diizinkan untuk memasuki gedung tersebut. Ada juga Perpustakaan Sejarah Keluarga, yang konon merupakan perpustakaan silsilah terbesar di dunia dan terbuka untuk umum.

Yerusalem, Israel
Yerusalem adalah salah satu kota tertua di dunia, kembali ke sekitar era 4000 SM. Kota ini telah menjadi pusat spiritual dan kota paling suci bagi orang-orang Yahudi sejak abad 10 SM dan merupakan kota ketiga paling suci dalam Islam. Tempat ini juga mengandung banyak situs kuno agama Kristen yang penting. Selama berabad-abad kota Yerusalem telah hancur sebanyak dua kali, pernah diserang sebanyak 52 kali dan pengepungan sebanyak 23 kali. Hari ini, kota Yerusalem adalah pusat dari konflik antara Zionis Israel dan Palestina.

Meskipun Yerusalem terutama dikenal karena alasan agama, sebenarnya kota ini juga merupakan kota budaya yang luar biasa. Seperti museum Israel, yang menampilkan banyak koleksi kuno, termasuk perkamen Gulungan Laut Mati, yang menarik sekitar satu juta pengunjung setiap tahun. Ada juga Teater Nasional Palestina, Yerusalem Symphony Orchestra dan Yad Vashem (peringatan untuk para korban Holocaust).

Yerusalem, Israel

Kota tua Jerusalem menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981. Sebuah kota modern besar yang memegang beberapa situs keagamaan penting seperti Masjid al-Aqsa, Temple Mount, Gereja Makam Suci dan Tembok Barat. Dinding kota tua ini berisi 11 gerbang kuno, tetapi kini hanya ada tujuh yang masih terbuka. Sejak tahun 1887 gerbang selalu ditutup rapat saat matahari terbenam dan dibuka lagi saat matahari terbit.

Pushkar, India
Ini adalah salah satu kota tertua di India. Sebuah legenda terjadinya kota ini dikaitkan dengan dewa Brahma (dewa pencipta dalam keyakinan hindu) Bagian dari mitos mengatakan bahwa para dewa melepaskan angsa dengan bunga teratai di paruhnya. Namun teratai tersebut jatuh ke bumi dan tempat mendaratnya sekarang ini adalah Pushkar.

Pushkar terletak di pusat India di dekat Ajmer. Kota ini dianggap sebagai salah satu dari lima situs ziarah suci bagi umat Hindu. Danau Pushkar adalah tempat dewa dan peziarah datang ke danau ini selama bulan Oktober dan November untuk mandi di salah satu dari 52 Ghats yang ada.

Pushkar, India

Di kota ini juga berdiri Candi Brahma, salah satu dari beberapa candi yang ada yang didedikasikan untuk Dewa Brahma, dan ada juga Pushkar Fair yang merupakan salah satu pameran unta terbesar di dunia dan menarik ribuan wisatawan yang datang untuk menyaksikan pameran unik ini.

Madinah, Arab Saudi
Madinah adalah kota dimana Nabi Muhammad SAW pergi berhijrah dari Mekah. Tentu saja kota ini termasuk merupakan sebagai kota paling suci kedua dalam Islam yang terletak sekitar 120 mil dari Laut Merah di daerah yang sangat subur di Wilayah Hijaz. Seperti halnya Mekkah, hanya umat Muslim saja yang diperbolehkan untuk memasuki Madinah.

Masjid al-Nabawi (Masjid Nabi) dibangun di lokasi rumah nabi Muhammad SAW dan di mana beliau dimakamkan. Masjid ini sendiri pernah terbakar dan dibangun kembali kedua kalinya, terakhir oleh Raja Fahd. Saat itu 27 kubah bergerak ditambahkan di bagian atapnya, dan diperluas sehingga bisa menampung lebih banyak orang, dan penambahan AC untuk kenyamanan umat muslim yang beribadah.

Madinah, Arab Saudi

Banyak Muslim di musim haji mengunjungi Madinah sebelum atau setelah mengunjungi kota suci Mekkah. Muslim percaya bahwa bersholat sekali dalam Masjid Nabawi adalah setara dengan bersholat 1.000 kali dalam masjid lainnya.

Nah bagaimana emosi muda,.. unik bukan? Masing-masing dari kita memiliki keyakinan yang di anut, dan tentunya juga kita memiliki tempat suci favorit untuk dikunjungi, sebagai muslim tentu saja saya berharap bisa mengunjungi kota suci Mekah dan Madinah suatu hari nanti, insha Allah. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan anda dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Pulau Di Atas Hutan
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.