China Membangun Teleskop Terbesar Di Dunia Untuk Menemukan Alien?

China Membangun Teleskop Terbesar Di Dunia Untuk Menemukan Alien?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Apakah anda pernah digusur? Ataukah anda pemerintah yang suka menggusur? Hihihih. Pindah atau dipindahkan keluar dari rumah anda hanya agar pemerintah bisa menggunakan lokasi yang ada untuk berbagai kepentingan pemerintah itu mungkin sudah biasa terjadi. Namun bagaimana jika sebuah lokasi penduduk digusur hanya agar pemerintah bisa mendengarkan atau menangkap petunjuk radio alien? Soalnya ya ni, ada lebih dari 9.000 orang di China telah diberikan uang konpensasi yang mereka tidak bisa tolak, yakni mereka harus pindah dari rumah mereka dengan biaya pengganti sebesar $ 1.837 sebagai kompensasi sehingga China dapat membangun teleskop radio terbesar di dunia. Teleskop yang sedang dibangun oleh China ini di sebut sebagai FAST (500 meters Aperture Spherical Telescope)

Dengan dana total sebesar $ 184.000.000 digunakan untuk sebuah Telescope Bulat Aperture berukuran lima ratus meter yang sedang dibangun di provinsi barat daya Guizhou. Konstruksi ini sendiri sebenarnya sudah dimulai pada tahun 2011 dan saat itu dijadwalkan akan selesai pada bulan September 2016. Para penduduk yang bermukim disitu sebelumnya dipaksa untuk pindah dan saat ini mereka tinggal dalam radius 3,1 mil dari pembangunan tersebut. Tidak jelas apakah mereka yang direlokasi untuk keselamatan mereka sendiri atau untuk keselamatan teleskop yang dapat dipengaruhi oleh ponsel, oven microwave, pembuka pintu garasi dan perangkat elektronik lainnya, namun yang jelas penduduk miskin di daerah terpencil ini tidak mungkin memiliki semua barang tersebut, walau sekarang mereka bisa saja dapat membeli beberapanya dengan dana konpensasi yang mereka terima sebesar $ 1.837 atau kisaran 25 jutaan jika dalam Rupiah.


Dengan diameter seluas 500 meter, maka teleskop FAST ini akan jauh lebih besar dari teleskop radio terbesar saat ini yang berukuran seluas 300 meteran di Arecibo Observatory Puerto Rico. Dengan struktur kerangka melingkar dan para pekerja kini sedang memasang 4.450 unit reflektor berbentuk segitiga sama sisi yang berukuran 11 meter per sisi-nya. Berbeda dengan teleskop Arecibo Observatory yang berada pada posisi tetap, Teleskop China baru ini akan memanfaatkan optik aktif. Jadi setiap panel dapat dipindahkan ke posisi baru dengan tingkat akurasi 1mm dan mencapai hingga 40 derajat dari pusatnya. Setelah panel-panel tersebut berada di tempatnya, sesuatu yang disebut struktur kabin akan berada di atasnya dan juga bergerak diatasnya pula. Seluruh struktur teleskop di lembah ini akan mencegah air hujan untuk membasahi teleskop ini.

China Membangun Teleskop Terbesar Di Dunia Untuk Menemukan Alien?
Ilustrasi saat selesai
Sementara rincian struktur dan kemajuan konstruksi fisik yang tersedia memang tampak dari publikasi yang ada, akan tetapi, tampaknya tidak ada banyak hal yang diketahui mengenai spesifikasi teleskop FAST tersebut. Seorang kepala ilmuwan dari National Astronomical Observatories Chinese Academy of Sciences China, Li Di (Namanya mengingatkan pada sapu lidi) bersedia untuk mengatakan tentang teleskop tersebut:

"FAST akan menjadi yang terbaik di dunia dalam dua puluh hingga tiga puluh tahun ke depan setelah teleskop ini selesai. FAST juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tidak hanya terbatas pada astronomi, tetapi juga pertanyaan tentang manusia dan alam. Potensi ilmiah teleskop ini sulit untuk diprediksi".

Okelah jika pihak China mungkin akan berhasil menemukan alien, setidaknya mari kita berharap agar mereka tidak memperlakukan alien seperti nasib orang-orang yang harus digusur demi menemukan alien itu sendiri. Mungkin saat ini kita mulai bisa membayangkan bahwa tak lama lagi akan keluar sebuah film bombastis berjudul "Alien Kung-Fu" hehehehe LOL canda dink, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.