Benarkah Kekuatan Telekinesis Itu Nyata?

Benarkah Kekuatan Telekinesis Itu Nyata?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Pernahkah anda mendengar istilah Telekinesis? Ya Telekinesis adalah suatu kemampuan atau kekuatan pikiran yang tak tampak yang mampu menggerakkan benda-benda hanya dengan fikiran tanpa interaksi materi, lantas apakah telekinesis atau psikokinesis itu benar adanya? Mari kita lacak kebenaran hal ini melalui pertimbangan sains ;)

Apa Itu Telekinesis?
Telekinesis Wikipedia; Psiko berasal dari bahasa Yunani yang bermakna 'jiwa' atau ruh, pikiran, hati, atau napas, dan istilah kinesis juga berasal dari bahasa Yunani dan berarti gerakan atau motion, jadi Psikokinesis secara harfiah adalah menggerakkan dengan pikiran, dan kadang-kadang Psikokinesis sering disingkat sebagai PK. Istilah ini juga dikenal sebagai Telekinesis yang juga berasal dari bahasa Yunani yang secara harfiah berarti gerakan jauh, yang kadang-kadang disingkat TK. Hal ini mengacu pada pengaruh langsung pikiran pada objek material. Pertanyaannya sekarang, adakah psikokinesis benar-benar mungkin terjadi? Dapatkah manusia benar-benar bisa mempengaruhi lingkungan disekitarnya dengan tidak menggunakan apa-apa selain kekuatan pikiran saja?

Seorang pesulap ilusionis ternama asal Israel yang bernama Uri Gellar mengklaim hal itu memang bisa dilakukan, karena kemampuan ini juga banyak dimiliki oleh orang lain. klaim mereka berkisar dari mampu mengubah suhu air hingga menggerakkan berbagai benda. Psikokinesis juga telah memasuki ranah fiksi ilmiah dan sebagian besar dari kita mungkin akan dengan mudah mengingat sosok Luke Skywalker yang mencoba untuk mengangkat X-Wing Fighter dengan kemampuan Telekinesis dalam film ternama Star Wars. Apakah telekinesis atau psikokinesis itu nyata? Tapi itu semua hanyalah fiksi ilmiah, atau bisa jadi itu sebuah fakta ilmiah?

Okay kita kembali ke sini di planet bumi, Psikokinesis adalah cabang dari parapsikologi yang memungkinkan manusia untuk memanipulasi lingkungannya dengan tidak menggunakan apa-apa selain hanya pikiran semata. Dalam ranah Psikokinesis maka akan ditemukan Telekinesis yang lebih khusus, berupa kemampuan untuk memindahkan objek hanya dengan menggunakan pikiran.

Tentu saja, dengan semua hal itu maka sains tidak akan mampu menahan keinginan untuk mencari tahu lebih lanjut, dan memutuskan untuk terjun melihat ke dalam wilayah yang belum terpetakan. Akibatnya, hadir teori tentang bukti bahwa ada kekuatan metafisika, atau sesuatu yang menyerupai itu yang melatarbelakangi kemampuan Telekinesis. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa kita semua dapat belajar Telekinesis.

Benarkah Kekuatan Telekinesis Itu Nyata?
Foto; Wikipedia
Telekinesis di mata Sains
Di Princeton University, Dr. Robert G. Jahn, yang sekarang sudah pensiun, telah menghabiskan waktu selama 25 tahun mengumpulkan database besar dari data empiris tentang fenomena Psikokinesis yang banyak terjadi. Ia mendirikan Princeton Engineering Anomalies Research (PEAR), sebuah kelompok yang melakukan percobaan yang tak terhitung jumlahnya di bawah kontrol, dengan semacam kondisi ilmiah untuk mengukur efek dari kekuatan pikiran manusia menggunakan berbagai instrumen.

Instrumen yang digunakan adalah Random Event Generators (REG), yakni sebuah mesin komputer yang dirancang untuk memberikan output dari nomor yang acak, tanpa lampiran fisik ke mesin apapun, subjek kemudian diminta untuk mencoba mempengaruhi output dari mesin tanpa menggunakan apa-apa selain pikiran. Dalam kasus generator nomor acak tersebut, misalnya, subjek diminta untuk mempengaruhi event berikutnya dengan menargetkan nomor berikutnya yang keluar lebih tinggi atau lebih rendah.

Proyek ini tidak melihat hanya hasil tes subjek yang berusaha menggerakkan furnitur dan interior saja, karena hasilnya benar-benar sangat minim. Begitu minim untuk diabaikan begitu saja dan bahkan hasilnya tidak diketahui secara pasti, tetapi ketika ribuan potongan data yang diperoleh dari mesin tersebut maka hasilnya adalah sesuatu yang sangat cukup signifikan. Hal ini penting untuk diingat bahwa pada titik ini diketahui bahwa anomali reaksi ini bukanlah spontan dalam beberapa tes, tetapi sinopsis dari sejumlah besar data yang dikumpulkan lebih dari seperempat abad eksperimen terkontrol. Dimana sejumlah besar data empiris yang telah terkumpul ini akan sulit untuk ditolak dan dijelaskan oleh sains ilmiah saat ini.

Psikokinesis pada Skala global
Dr. Roger D. Nelson yang juga turut bekerja di PEAR melanjutkan pekerjaan Dr. Jahn untuk tingkat yang sama sekali berbeda dengan projeknya yakni Global Consciousness Project (Proyek Kesadaran global). Ia tidak melakukan pengujian hanya pada satu individu, dan pada suatu waktu ia malah menggunakan metode yang sama untuk menguji sekelompok orang dan hasilnya sangat mengejutkan. Ia memulai dalam meditasi secara berkelompok, Dr. Nelson kemudian melanjutkan penelitiannya dengan menghubungkan 70 REGS di di seluruh lokasi dunia pada komputernya di Princeton. Pada awalnya skala grafik pengujian tidak menunjukkan hal yang luar biasa sama sekali, hingga suatu peristiwa yang luar biasa terjadi.

Lantas apa kaitan semua grafik tersebut dengan apa yang terjadi selama peristiwa besar internasional seperti kematian Lady Diana atau serangan illuminati 9/11? Ketika peristiwa ini terjadi, skala ini menunjukkan sesuatu, grafik akan segera meroket. Dan bahkan klaim kemungkinan untuk memprediksi dari aktivitas grafik yang meningkat ketika sebuah peristiwa besar akan terjadi. Ketika perayaan Tahun Baru misalnya, diketahui sebelumnya bahwa grafik segera melonjak dan bahkan mungkin untuk mengikuti semua perayaan yang berbeda yang sedang berlangsung di seluruh dunia pada saat tengah malam yang menyapu zona waktu di belahan dunia yang berbeda.

Benarkah Kekuatan Telekinesis Itu Nyata?
Lokasi GCP yang terkait dengan mesin REG di seluruh dunia
Beberapa ilmuwan lain mungkin akan memilih untuk mengabaikan proyek ini dan menganggapnya sebagai hasil dari pikiran megalomaniak ilmuwan gila dengan imajinasi anehnya. Namun hal ini tidak terjadi pada Global Consciousness Project malah projek ini juga dikontribusikan oleh 75 orang ilmuwan paling dihormati dari seluruh dunia. Rasanya ketika sekelompok ilmuwan besar yang dihormati menyajikan temuan dari eksperimen mereka, adalah cukup bijaksana untuk mendengarkan apa yang mereka katakan.

Dr. Jahn mengatakan: "Jika orang tidak percaya kita setelah semua hasil yang kita sudah produksi, maka sampai kapanpun mereka tidak akan pernah percaya." Seorang fisikawan Dick Bierman mengatakan Proyek Kesadaran global memiliki efek yang sangat nyata dan satu-satunya hal yang dipersengketakan adalah tujuan dari riset ini.

Akan lebih mudah untuk mengabaikan apa yang sudah dilakukan oleh Dr. Jahn untuk menjadi tidak berharga karena kita tidak menyaksikan keseluruhan prosesnya. Faktanya adalah bahwa banyak hal di dalam bidang ilmiah hanya mengabaikan subjek sebagai hal yang tidak masuk akal bahkan tanpa melihat laporan. Sedangkan yang lainnya berpikir bahwa memberikan dukungan untuk sesuatu yang dianggap omong kosong adalah risiko kredibilitas, dan lebih memilih untuk menghindarinya agar tidak membahayakan prospek karir mereka sendiri.

Jika penelitian psikokinesis terus dilakukan dan percobaan terus menunjukkan hasil yang sama maka akan datang suatu hari dimana komunitas ilmiah secara keseluruhan harus mulai melihat hal ini secara serius. Mungkin satu hari dengan pemahaman yang lebih baik dari sains di balik Telekinesis ini maka keinginan seorang seseorang untuk bisa meminum segelas kopi tanpa harus menyentuhnya bukan lagi sebuah fantasi liar :p

Berikut sebuah video yang diklaim sebagai kekuatan Telekinesis yang terjadi di Thailand. Apa yang anda fikirkan dan bagaimana menurut anda?


Okay tulisan diatas lebih meninjau Telekinesis dari segi sains, lantas bagaimana jika ditinjau dari segi keyakinan? Saya pernah mendengar tentang seorang pertapa di Bali yang butuh berhari-hari bermeditasi hanya untuk menerbangkan tombak dalam beberapa saat tanpa harus menyentuhnya, dan saya juga mendengar kisah anak Indigo yang konon memiliki kekuatan super itu. Tapi saya hanya mendengar tanpa menyaksikan, dan ada sangat banyak pendapat dalam keyakinan tentang kekuatan super tersebut. beberapa ada yang menyebutnya sebagai kekuatan jiwa, energi ruh, tenaga dalam, keramat, sihir dan lain sebagainya, yang tentunya setiap pendapat tentulah harus memiliki sandaran yang kuat, tidak semata-mata faktor dugaan sahaja. Namun sejauh pengalaman saya menyaksikan benda-benda bisa bergerak dengan sendirinya bisa saya katakan "umumnya" adalah pekerjaan setan atau jin (Ini menurut keyakinan saya). Dan jika memang kekuatan Telekinesis itu nyata maka sebaiknya biarlah hal itu tersimpan begitu saja, karena kita tahu dibalik manfaat yang besar tersimpan potensi kerusakan yang besar pula (If you know what I mean). Dan kekuatan tak tampak yang menentang hukum fisika biasanya memang selalu membawa kerusakan yang lebih besar ketimbang manfaatnya, setuju atau tidak setuju itu hanyalah persepsi, semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.