6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Jika anda salah satu dari orang-orang yang sering mengeluh karena cuaca buruk atau anda merasa bosan di tempat anda tinggal, maka sepertinya anda perlu untuk mengunjungi enam tempat ini di dunia di mana orang hidup dalam kondisi yang ekstrim atau sangat membosankan. Ya setidaknya mungkin tempat-tempat tersebut bisa mengajari anda untuk bisa mensyukuri tempat dimana anda tinggal. Dan terlepas dari berbagai kesulitan yang ada, orang-orang yang tinggal di tempat-tempat ini malah bangga bisa tinggal di tempat seperti itu! Bagaimana bisa? Mungkin setelah perjalanan ke semua tempat-tempat ini anda akan segera mulai melihat hidup anda dengan sudut pandang yang berbeda. Seperti apa tempat-tempat tersebut? Langsung saja scroll down browser anda ke bawah :D

Coober Pedy, Australia
Ada sekitar 1.500 orang yang tinggal di kota kecil ini di Australia dan pada tahun lalu warga setempat merayakan ulang tahun seratus tahun usia kota ini. Warga kota ini benar-benar memiliki cara untuk merayakannya, jelas saja, soalnya tinggal di Coober Pedy tidaklah mudah, suhu rata-rata musim panas di daerah ini yang bisa berlangsung sekitar enam bulan di sana mencapai ke titik sekitar 30 derajat celsius dan terkadang sering naik ke 40 juga. Bisa dibayangkan betapa panasnya hingga keadaan disekitar benar-benar kering kerontang.

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Disebabkan oleh suhu panas yang benar-benar tinggi tersebut, banyak orang yang hidup di sini memilih membangun tempat tinggal di gua bawah tanah. Yang menjadi pertanyaannya, lantas kenapa orang-orang masih tinggal di sini dan tidak meninggalkan daerah ini untuk selamanya? Nah, jawabannya adalah cukup sederhana, karena Coober Pedy adalah lokasi penambangan batu opal berkualitas yang paling mahal dan berharga di dunia, dan banyak penduduk ini bekerja di kota industri pertambagan ini. Jika anda tertarik untuk melihat bagaimana pertambangan batu opal Australia dan keindahannya, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul; Pertambangan Batu Opal Australia.

Kandovan, Iran
Warga penduduk kota ini tinggal di rumah-rumah gua yang berlubang yang menyembul dari permukaan tanah, mirip dengan sarang semut raksasa atau rumah rayap. Beberapa dari rumah-rumah gua ini bahkan berusia sudah mencapai sekitar 700 tahun lamanya, dan hal itu cukup spektakuler, dan kira-kira yang anda pikirkan tentang tempat tinggal setua itu!

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Penghuni pertama yang menetap di sini adalah penduduk yang melarikan diri dari serangan bangsa penakluk Mongol, dan meskipun kondisi kehidupan yang keras, namun orang-orang masih tinggal di sini dan bahkan tempat ini juga memiliki beberapa peralatan modern juga, termasuk listrik dan internet!

Isortoq, Greenland
Isortoq berarti "Laut berkabut", nah cuaca Arktik di kota Isortoq Greenland membuat kondisi hidup menjadi cukup ekstrim disini. Dan ada banyak pulau-pulau disekitar, termasuk teluk dan balok es tebal yang melayang menjadi rumah yang ideal untuk populasi besar anjing laut, suhu disini luar biasa dingin dan mencapai puncaknya pada musim dingin, belum lagi ditambah jika terjadi badai salju, maka dipastikan suhu segera jatuh di bawah titik nol derajat celcius. Oleh sebab itu hampir diseluruh permukaan kota ini selalu ditutupi salju.

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Jelas kehidupan di kota Isortoq akan sangat sulit dan mungkin akan sangat membosankan bagi anda yang terbiasa tinggal di gemerlapnya kota-kota dengan suhu hangat seperti di Nusantara ini.

Città di Castello, Italia
Bahkan di jantung benua Eropa, kita dapat menemukan beberapa kondisi kehidupan yang cukup ekstrim. Misalnya saja Castello, sebuah desa kecil, yang merupakan rumah bagi hampir 150 orang. Desa ini terletak di atas 1.452 meter di atas permukaan laut, dan titik itu merupakan wilayah dengan populasi tertinggi penduduknya di seluruh wilayah Apennine. Desa ini terletak di taman gunung Nasional Sibylline. Lantas dimana ekstrimnya ya? Bukannya tempat ini cukup indah?

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Desa ini secara teratur selalu dibanjiri oleh hujan dan air yang berasal dari pegunungan. Biasanya, air hujan turun dari pegunungan secara alami, akan tetapi ketika air semakin meninggi, maka seluruh pemukiman ini lantas segera tergenang menjadi sebuah danau besar. Jadi, orang-orang yang hidup di sini secara harfiah bisa dikatakan hidup di danau, dan mereka harus membiasakan diri untuk tinggal di air disaat seluruh desa tergenangi oleh banjir.

Aogashima, Jepang
Tidak semua orang akan berani tinggal di dekat gunung berapi. Namun, ada sekitar 200 orang yang tinggal di Aogashima, negara Jepang, yang memilih hidup di tempat ekstrim tersebut. Tapi apa dan mengapa orang bisa memilih tinggal di sana?

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Nah, biasanya di dalam kawah gunung berapi yang sudah tidak aktiv lagi kita akan dapat dengan mudah menemukan tanah yang sangat subur, alasan inilah yang menyebabkan sebuah desa mulai bergerak lebih dekat dan semakin lebih dekat dengan kawah gunung berapi hanya karena struktur tanah yang baik dan hasil panen yang besar. Dan masyarakat disini tidak merasa khawatir, karena terakhir kali gunung berapi itu meletus adalah pada akhir abad kedelapan belas.

Huacachina, Peru
Ini adalah sebuah oase hijau di tengah-tengah gurun pasir dari daerah Ica, dan sebuah lokasi terkenal untuk olahraga amatir selancar pasir, sebuah olah raga unik dimana pesertanya menuruni bukit pasir dengan papan selancar seperti layaknya olah raga ski.

6 Tempat Unik Dimana Manusia Tinggal

Huacachina sebenarnya adalah sebuah resor artifisial yang dibangun, dan alasan mengapa orang tinggal di sini jawabannya sangat pragmatis, yakni karena pendapatan dari pariwisata yang cukup besar. Tetapi mereka tetap melestarikan oasis ini dan sama sekali tanpa merusak keindahan oasis yang menakjubkan ini. Benar-benar sebuah contoh dari keharmonian dan keserasian antara manusia dan lingkungan. 

Nah bagaimana emosi muda? Apakah tempat-tempat tersebut cukup ekstrim, membosankan atau mungkin malah biasa saja di mata anda? Ya pastinya lain orang maka lain pula pendapat dan anggapan yang dimiliki, so apapun pendapat anda saya harap artikel kali ini mampu mengajak anda untuk berfikir tentang tempat dimana anda tinggal dan mungkin akan menambah pengetahuan anda juga. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.