Untuk Pertama Kalinya Terlihat Cahaya Di Dalam Black Hole

Untuk Pertama Kalinya Terlihat Cahaya Di Dalam Black Hole

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Untuk pertama kalinya, astronom telah mengamati cahaya yang tampak dalam lubang hitam. Dan dengan terlihatnya cahaya ini berarti bisa juga dilihat oleh teleskop astronom amatir berukuran sedang (20 cm / 8 inci). Lantas cahaya apa itu yang bisa berada di dalam lubang hitam? Ya ini merupakan penemuan pertama cahaya yang berada di lubang hitam yang selama bertahun-tahun dipercaya bahwa tidak ada cahaya apapun yang berada di pusat kegelapan tersebut dengan kekuatan gravitasi supermasif yang bahkan dapat menghisap cahaya sekalipun.

Menurut definisi, Black Hole 'lubang hitam' adalah sebuah tempat atau spot di ruang di angkasa di mana tarikan gravitasinya begitu kuat, dan bahkan saking kuatnya cahaya sekalipun tidak dapat lolos dari tarikan gravitasinya. Dan itu berarti didalam lubang hitam tidak akan terlihat apapun, tetapi sebuah teleskop khusus yang mendeteksi interaksi gravitasi di daerah sekitarnya menyebabkan para peneliti di Kyoto University di Jepang terkejut setelah melihat cahaya yang tampak pada Black Hole V404 Cygni.

V404 Cygni adalah lubang hitam dengan jarak 7.800 tahun cahaya dari Bumi tepatnya di konstelasi Cygnus (The Swan). Menurut laporan mereka dalam edisi terbaru jurnal Nature, para astronom mulai mengamati V404 Cygni pada Juni 2015 ketika tiba-tiba ia menjadi aktif setelah 26 tahun dalam hitungan dormansi. Selama periode dua minggu, V404 Cygni memancarkan sinar-X diikuti oleh cahaya tampak yang berlangsung di banyak lokasi yang terlihat mulai dari selama 100 detik menjadi 150 menit.

Apa yang menyebabkan adanya cahaya di dalam lubang hitam? Menurut para astronom, Black Hole V404 Cygni memiliki bintang pendamping yang berukuran lebih kecil dari matahari. Bintang tersebut berotasi setiap enam setengah hari. Gravitasi Black Hole V404 Cygni ini menarik materi dari bintang ini ke dalamnya, yang menyebabkan terjadinya ledakan radiasi, sehingga ledakan radiasi tersebut menyebabkan tampaknya cahaya.

Untuk Pertama Kalinya Terlihat Cahaya Di Dalam Black Hole
Sebuah gambaran dari V404 Cygni menarik material dan gas dari bintang pendampingnya
Jadi cahaya itu tidak benar-benar berasal dari lubang hitam itu sendiri, akan tetapi cahaya yang tampak tersebut disebabkan oleh lubang hitam yang menarik potongan bintang lain ke dalamnya. Untuk membuktikan bahwa hal ini bukan kebetulan, para astronom mengarahkan teleskop mereka di posisi GRS 1915 + 105, ke lubang hitam lainnya dengan bintang pendamping di konstelasi Aquila (The Eagle) terlihat adanya cahaya yang serupa tetapi lebih redup.

Jadi, apakah aman untuk melihat langsung ke dalam lubang hitam? Menurut sains jawabannya tergantung pada seberapa dekat anda dengannya. Bahkan jika anda mampu keluar dari tarikan gravitasinya yang super kuat, tetapi tetap saja anda masih bisa mendapatkan semacam benturan dari sendawa kosmik gas yang disebabkan oleh lubang hitam yang menelan bintang, potongan bintang atau gas. Itu menurut laporan yang berbeda yang dirilis sehari kemudian.

Untuk Pertama Kalinya Terlihat Cahaya Di Dalam Black Hole
Sendawa Lubang Hitam
Para astronom menggunakan teleskop Chandra X-ray teleskop NASA untuk melihat lubang hitam supermasif di pusat galaksi spiral NGC 5195 dan melihat adanya dua busur dari sinar-X yang mereka percaya adalah sisa-sisa dari dua sendawa gas yang dipancarkan dari lubang hitam setelah lubang hitam tersebut menelan gas dari galaksi yang terdekat dengannya. Oke, lantas apakah itu berbahaya? Christine Jones,penulis laporan tersebut, hanya mengatakan: "Aktivitas ini mungkin memiliki efek besar pada lanskap galaksi", itu saja! Wassalam.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.