Raja Itam, Legenda Iblis Laknat Dari Aceh

Raja Itam, Legenda Iblis Laknat Dari Aceh

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Well tak terasa usia blog ini sudah lebih setahun dan artikel di dalamnya juga sudah cukup banyak, namun belakangan ini saya mencoba untuk mengkoreksi isinya, ternyata saya menulis lebih banyak artikel dari luar negeri, sedangkan masih sangat sedikit artikel unik, aneh dan nyeleneh yang berasal dari dalam negeri, nah untuk menyeimbanginya maka kali ini saya akan berusaha lebih "lokal" dengan menulis berbagai agenda yang masih berada dalam ranah Nusantara. Nah karena saya tinggal di Provinsi Aceh Darussalam, maka sepertinya merupakan timing yang tepat untuk menulis legenda dan perihal aneh di tempat saya tinggal sendiri. Dan artikel kali ini saya tulis dengan sebuah pengakuan seorang teman tentang makhluk mengerikan yang namanya masih sering bercokol di daerah pedalaman sebagai sosok yang suram dan merupakan salah satu entitas yang menjadi wabah dalam dunia gelap ilmu sihir, kita akan berbicara tentang makhluk jahat yang bernama Raja Itam!


Raja Itam, Setan Yang Dipuja Para Dukun
Sewaktu saya masih bersekolah di MtsN di Kota Lhokseumawe dulu, saya pernah berteman dekat dengan seseorang yang dia sering bercerita bahwa setiap hari jum'at ayahnya harus menyembelih seekor ayam cemani (Jenis ayam yang seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam), dan hal itu tidak boleh terlewatkan jika tak ingin terjadi musibah dalam keluarga. Saya sempat bertanya kenapa hal itu harus dilakukan, dan teman saya itu bilang bahwa ayahnya memelihara sesuatu yang gaib, yang bisa membantu banyak urusan dan keperluan, jadi ayam hitam tersebut disembelih sebagai makanan bagi peliharaannya tersebut. Dan bagaimana bila terlupa atau tidak ada ayam yang ditemukan? Jawabannya cukup menakutkan, yakni jika terlewat sehari saja maka akan ada keluarga yang sakit dan hanya bisa sembuh setelah menyembelih seekor ayam hitam. Dan dia mengatakan sosok gaib tersebut adalah si Raja Itam.

Di dalam mitologi rakyat Aceh, Raja Itam adalah sosok Jin atau Siluman yang biasanya bertubuh sangat besar dan berbulu lebat dengan gigi taring yang besar, bila berdiri tingginya bisa mencapai setinggi pohon kelapa dengan alat kelamin yang begitu besar. Raja Itam dikabarkan biasanya sering menjadi penguasa suatu hutan. Sering menampakkan diri di tepi atau disekitar hutan, atau di persawahan pada saat bulan purnama. Dikabarkan sosok Jin bernama Raja Itam ini memiliki kekuatan yang luar biasa kuatnya, sehingga ada banyak orang yang rela menggadaikan iman untuk bisa menjalin perjanjian gaib demi mendapatkan kekuatan si Raja Itam ini. Konon Raja Itam sanggup memindahkan benda-benda atau orang dari jarak yang jauh hanya dengan sekejap saja. Tak hanya itu juga, makhluk ini bisa diminta bantuannya untuk menjaga rumah, sawah, gudang hingga membuat gila seseorang dengan cara menghantuinya terus menerus, termasuk membuat seseorang tidak akan menikah lantaran Raja Itam ini akan menganggu sesiapapun yang akan mendekati korbannya, ia juga bisa membuat penyakit gaib dan menculik seseorang.

Kutukan Turun Temurun
Nah dikabarkan bagi barang siapa yang telah membuat perjanjian dengan Raja Itam ini maka tidak akan bisa lepas lagi untuk selama-lamanya dan nyawa yang menjadi taruhannya, bagi mereka yang berani melanggar perjanjian dengan setan ini maka tak ayal lagi akan menjadi senjata makan tuan, Raja Itam akan membunuh mereka yang berani melanggar perjanjian dengannya. Raja Itam harus diwariskan kepada anak atau keturunan, dan jika tidak, maka Raja Itam akan mempersulit kematian si pemilik Raja Itam itu sendiri. Kekuatan siluman Raja Itam ini sulit untuk dibuang, dan hanya orang yang dikabarkan sangat sakti saja yang sanggup membuangnya, menurut legenda, Raja Itam akan pergi jika dia berhasil dikalahkan. Karena kekuatannya sulit ditandingi dan sangat ganas, maka banyak para dukun menolak jika ada pasien mereka yang meminta untuk membuang kekuatan sihir milik raja Itam ini, karena mereka tahu besarnya resiko berhadapan dengan siluman kelas berat ini. Pernah saya mendengar pertarungan antara dukun dan Raja Itam ini membuat seisi kampung menjadi geger disebabkan banyaknya ledakan dan api misterius berterbangan, dan yang paling membuat aneh bisa memindahkan rumah sejauh 10 meter dari posisinya semula.

Nah biasanya bagi seorang anak atau cucu yang mengetahui orang tuanya memelihara Raja Itam ini, disaat orang tua mereka sedang sakaratul maut, maka salah seorang anak atau cucu mau tidak mau harus menerima warisan mengerikan ini jika tidak ingin melihat orang tua mereka sulit dalam proses kematiannya. Konon ada cerita dimana ada seseorang yang tubuhnya sudah membusuk namun ia masih hidup dalam keadaan mengerikan disebabkan tidak ada anak cucunya yang mau menerima warisan ilmu gaib Raja Itam tersebut. Secara medis tubuhnya sudah meninggal, namun tubuh itu dikuasai oleh sosok jahat Raja Itam yang menolak pergi sebelum ada yang menerimanya.

Proses Pemanggilan Raja Itam
Saya punya seorang sahabat asal Kabupaten Blang Pidie yang dia pernah menceritakan pengalaman buruknya pada saya tentang obsesinya dulu ingin menjalin perjanjian dengan Raja Itam. Sebut saja namanya Herman. Dia berkisah bahwa saat itu dia sangat ingin memiliki Raja Itam untuk memenuhi keinginan syahwatnya. Saya bertanya untuk apa melakukan perbuatan syirik itu? Dia bilang bahwa saat itu dia sangat terpengaruh oleh seorang temannya di kampung yang memiliki kekuatan Raja Itam, yang dengan kekuatannya itu dia bisa meminta Raja Itam untuk menculik gadis-gadis yang dia inginkan dan membawa mereka ke kamarnya untuk kemudian diperkosa tanpa diketahui korbannya yang tidak sadar karena tertidur oleh kekuatan sihir Raja Itam.

Berangkat dengan obsesi tersebut, Herman kemudian mencari dukun yang bisa membantu dia untuk bisa memiliki Raja Itam. Singkat cerita dia berhasil menemui seorang dukun sakti mandra guna yang bisa mengabulkan keinginannya. Herman lantas menceritakan tentang bagaimana dia bisa menemui setan tersebut.

Tepat pada tengah malam saat bulan purnama terang benderang, dengan melepas seluruh busana hingga telanjang bulat Herman menuju ke pertengahan sawah, setibanya di tengah sawah dia lantas membaca beberapa ayat dalam Al-quran yang dicampur dengan mantra-mantra yang katanya untuk memanggil setan Raja Itam (Lihat bagaimana liciknya setan memperdaya manusia hingga menggunakan ayat-ayat suci Al-quran sebagai media sihir dan perbuatan syirik). Herman terus membaca ayat tersebut dan mengulang-ulangi hingga beberapa saat kemudian tiba-tiba ada angin bertiup sangat kencang seperti badai, namun angin itu hanya bertiup sesaat saja. Lantas didepan Herman berdirilah sesosok makhluk menakutkan bertubuh sangat hitam, tinggi dan sangat besar. Herman terkejut melihat betapa anehnya wujud setan tersebut, namun dia berusaha untuk membuang rasa takut dan tetap menatap makhluk itu. Hingga dengan suaranya yang terdengar berat dan menakutkan makhluk itu kemudian berkata;

"Apa yang kau inginkan?". 

Herman tidak menjawab, dia hanya diam. Mulut herman seperti terkunci, dalam hatinya ingin dia menjawab untuk memberitahukan pada setan tersebut perihal yang dia inginkan tapi tetap saja dia tidak bisa berbicara apapun. Makhluk hitam tersebut mengulangi pertanyaannya hingga tiga kali. Namun lagi-lagi mulut Herman tertutup rapat tanpa bisa menjawab, dia hanya bisa menatap wujud setan itu, hingga setan itupun menghilang bersamaan dengan datangnya kembali angin yang bertiup kencang. Setelah angin itu berlalu suasana kembali sunyi senyap, tidak ada suara apapun, bahkan suara jangkrik sawah sekalipun tidak terdengar, sepertinya para hewan itu pun tahu bahwa sedang terjadi hal yang menentang keputusan Tuhan.

Masih ditengah sawah dalam keadaan bugil, Herman terduduk terpana memikirkan apa yang barusan terjadi, tiba-tiba terbayang dalam fikirannya wajah ibunya yang relijius yang selalu menasehati dia. Air matanya jatuh, Herman tiba-tiba merasa menyesal. Dia berlari pulang dan merasa sangat bersyukur dia tidak jadi terjebak dengan perjanjian gaib yang bisa menyengsarakan hidupnya sepanjang masa. Herman bertobat dan sejak saat itu dia bertekad tidak akan lagi mau menjumpai sosok setan tersebut. Dia berkata pada saya:

"Sepertinya doa ibu saya telah menyelamatkan saya dari jebakan setan terkutuk itu"

Nah emosi muda,.. Dari cerita Herman diatas kita bisa lihat bagaimana tipuan setan yang bahkan menggunakan ayat-ayat suci Al-quran sebagai media. Tentunya hal ini tidak bisa dibenarkan dalam keyakinan Islam dimana orang-orang menggunakan ayat-ayat suci dengan niat yang salah, dan setan berusaha terlihat suci dengan pembenaran lewat ayat-ayat Al-quran. Dan hal ini masih banyak terjadi hingga saat ini, dimana orang-orang yang sesat telah menjadikan ayat-ayat suci untuk menyihir, menyantet, memelet bahkan untuk membuat perjanjian dengan setan. Padahal hal ini telah dikabarkan oleh rasulullah tentang kesesatan orang-orang yang menjadikan Al-quran sebagai sihir. Jelas sekali Islam sangat melarang keras perbuatan syirik dan sihir.

Raja Itam saat ini masih bercokol di daerah pedalaman dengan horor dan teror yang disajikannya, beriring berjalan bersama mereka yang menyimpang untuk menebar ketakutan dan menjerumuskan siapa saja yang lemah imannya demi kenikmatan dunia sesaat dan menghancurkan masa depan akhirat yang abadi. Sekalipun provinsi ini dikenal sebagai satu-satunya daerah dengan penerapan syariat, namun mistik disini masih sangat kental dan masih banyak daerah pedalaman yang mempraktekkan budaya mistik animisme yang bercampur dengan keyakinan Islam sehingga menjadi sebuah bentuk Islam tersendiri. Dimana kepercayaan akan jimat, mantra dan kekuatan gaib masih mengakar dengan kuat.

Saya pribadi merekomendasikan anda agar jangan sesekali berurusan dengan yang namanya setan, jin atau siluman, ingat! Jika makhluk-makhluk gaib tersebut memberikan sesuatu kepada anda, maka mereka juga akan mengambil sesuatu dari anda, dan belum lagi meminta kepada mereka jelas akan menyebabkan seseorang jatuh kepada dosa syirik akbar, sebuah perbuatan menyekutukan Allah, sebuah dosa terbesar yang jika anda mati dalam keadaan belum bertobat maka dosa itu tidak akan pernah bisa diampuni. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan anda dan bisa mengajak anda untuk berfikir. Sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَىٰ مُلْكِ سُلَيْمَانَ ۖ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَٰكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ ۚ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّىٰ يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۖ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ ۚ وَمَا هُمْ بِضَارِّينَ بِهِ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ وَيَتَعَلَّمُونَ مَا يَضُرُّهُمْ وَلَا يَنْفَعُهُمْ ۚ وَلَقَدْ عَلِمُوا لَمَنِ اشْتَرَاهُ مَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ ۚ وَلَبِئْسَ مَا شَرَوْا بِهِ أَنْفُسَهُمْ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Sesungguhnya Kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir”. Maka mereka mempelajari dari kedua Malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, Sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa Barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, Tiadalah baginya Keuntungan di akhirat, dan Amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 102)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.