NASA Membangun Departemen Pertahanan Planet?

NASA Membangun Departemen Pertahanan Planet?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Jika kemungkinan sebuah meteor besar menghantam Bumi dan memporakporandakan seluruh yang ada dipermukaan bumi, maka inilah yang mungkin menjadi inspirasi bagi beberapa orang untuk membangun pertahanan dan perlindungan dari bencana kepunahan masal yang disebabkan benda ruang angkasa. Nah terkait dengan hal tersebut, maka baru-baru ini NASA ini mengumumkan telah membuka sebuah kantor koordinasi yang sepertinya terdengar sangat serius, yakni Planetary Defense. Dengan mengetahui hal ini dapatkah orang-orang bisa tetap beristirahat dengan tenang seperti biasanya atau mungkin mereka akan mulai merasa khawatir tentang mengapa NASA melakukan hal itu?

"The Planetary Defense Coordination Office akan mengawasi semua proyek yang didanai NASA untuk menemukan dan mengkarakterisasi asteroid dan komet yang melintas didekat orbit bumi yang mengelilingi matahari".

Itu pernyataan dari pengumuman NASA tentang kantor baru mereka, NASA sendiri menerima dana dari anggaran sebesar $ 50.000.000 yang disetujui oleh Gedung Putih untuk pengamatan objek ruang angkasa yang berada didekat bumi dan pertahanan planet.

"Tujuan jangka panjang pertahanan planet NASA ini meliputi pengembangan teknologi dan teknik untuk membelokkan atau mengalihkan benda-benda ruang angkasa yang memiliki kemungkinan berdampak pada Bumi".

Kedengarannya cukup bagus, meskipun dana sebesar $50.000.000 bisa dikatakan hampir tidak cukup untuk membayar efek khusus dalam film yang menceritakan tentang proses menghentikan sebuah asteroid yang akan menabrak bumi :D. Lantas apa yang terjadi ketika dana tersebut habis? Hehehehe.

"Meskipun jika intervensi tidak memungkinkan, NASA akan memberikan masukan dari para ahli kepada FEMA (Federal Emergency Management Agency) tentang waktu tubrukan, lokasi, dan efeknya untuk menginformasikan operasi tanggap darurat. Yang pada gilirannya, FEMA akan menangani persiapan dan respon perencanaan yang berkaitan dengan konsekuensi dari masuknya benda ruang angkasa ke atmosfer atau dampaknya bagi masyarakat AS".

Dan hal itu memang benar adanya, rencana tersebut adalah untuk membawa Federal Emergency Management Agency (FEMA) untuk memindahkan semua orang terdekat ke stadion sepak bola NFL sampai asap menghilang dan musim dingin nuklir berakhir. Dan dana sebesar 50 juta dolar dan FEMA untuk melindungi warga AS dari sekitar 1.500 ancaman objek ruang angkasa yang berada di dekat Bumi (90 persennya lebih luas dari 3.000 kaki) terdeteksi setiap tahun oleh NASA dan benda-benda lainnya yang berpotensi berbahaya yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari ukuran selebar 450 kaki atau yang lebih besar yang telah terdeteksi.

Dan tidak hanya itu saja, NASA juga memiliki aplikasi Asteroid Watch Widget yang dapat anda download secara gratis, juga sebuah website untuk mengetahui perkembangan dari keberadaan objek-objek ruang angkasa yang berada didekat atau sedang menuju ke arah bumi. Anda bisa mengunjungi website tersebut disini. John Grunsfeld, seorang administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA, mengatakan mereka akan sangat menghargai bantuan anda.

NASA Membangun Departemen Pertahanan Planet?
Ilustrasi sebuah asteroid yang menghantam bumi
Meskipun tidak ada ancaman tabrakan yang dikenal untuk saat ini, tetapi hantaman asteroid yang terjadi pada tahun 2013 di Chelyabinsk cukup mengejutkan dunia, dan objek yang baru-baru ini yang disebut 'Halloween Asteroid' mengingatkan kita tentang mengapa manusia perlu tetap waspada dan tetap menjaga mata ke langit. Bumi sendiri sudah mencatat sejarah tentang tragedi kepunahan masal dari jatuhnya asteroid berukuran besar. Resiko hantaman asteroid yang mampu menciptakan gelombang tsunami raksasa bila jatuh di lautan, atau menciptakan awan debu super tebal yang menyebabkan terhalangnya sinar matahari untuk menyinari bumi selama bertahun-tahun yang sudah tentu mengakibatkan kepunahan masal, seperti yang terjadi jutaan tahun lalu yang mengakibatkan punahnya hewan purba dinosaurus.

Nah bagaimana dengan Indonesia sendiri? Apakah negara ini juga memiliki perencanaan tanggap darurat dari kemungkinan bencana super besar? Ah saya merasa pesimis untuk itu. Soalnya jangankan sebuah projek besar seperti itu, urusan PLN saja hingga saat ini masih sering hidup mati, kononlah lagi urusan lain yang lebih rumit hihihihi. Ya disisi lain setidaknya kita bisa mempersiapkan manajemen setelah kematian tiba dengan banyak-banyak beramal saleh, menjauhi yang dilarang dan mengerjakan yang diperintahkan, karena tak perduli apakah itu karena sebuah asteroid yang jatuh dan menyebabkan bencana, atau mungkin hanya sebuah sakit ringan, itu semua hanyalah sebab, yang pastinya setiap yang bernyawa akan merasakan mati! Dan pasti akan dimintai tanggung jawabnya. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.