Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Batu kalimaya atau Opal adalah jenis batu perhiasan yang eksentrik dan termasuk jenis batuan yang berharga tinggi. Nah,. Australia adalah produsen batu opal terbesar dan paling penting di dunia. Sekitar 95% dari produksi batu opal dunia berasal dari Australia. Opal Australia memiliki sedimen yang dianggap sangat stabil. Ada juga beberapa lahan pertambangan opal di Australia yang menghasilkan opal asal vulkanik (misalnya Tintenbar di New South Wales). Namun jenis ini hanya menarik bagi para kolektor saja tetapi kurang penting untuk sektor perhiasan. Hari ini produksi opal mengalami penurunan dibandingkan dengan masa kejayaannya karena meningkatnya biaya bahan bakar, pembatasan penggunaan bahan peledak dan hukum pertambangan. Selain itu banyak bisnis dari bidang pertambangan opal mulai menghentikan pekerjaan mereka disebabkan tingginya ongkos pertambangan. Oleh karena itu hanya beberapa penambang penuh waktu saja yang tersisa dan terkonsentrasi di sekitar daerah yang paling penting seperti Lightning Ridge, Coober Pedy, Mintabie, Lambina dan Queensland.

Coober Pedy
Pertambangan batu opal Coober Pedy terletak di Stuart Highway, 750 km sebelah utara dari Adelaide. Pada awalnya seorang anak berusia 14 tahun yang berkemah yang ingin mencari emas bersama ayahnya menemukan batu opal pada tahun 1915 beserta sebuah kolam yang menyelamatkan hidup mereka. Nama Coober Pedy sendiri berasal dari bahasa Aborigin kupa piti berarti "orang kulit putih di lubang". Populasi yang tinggal disini sekitar 2500 jiwa. Karena suhu musim panas yang tak tertahankan yang dapat melebihi 50 ° C kebanyakan orang tinggal di bawah tanah yang disebut "ruang tanah galian".

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia

Pertambangan biasanya dilakukan didalam lorong-lorong bawah tanah. Batuan opal kasar dinaikkan ke permukaan oleh blower atau tippers ember otomatis. Kebanyakan batu opal yang ditemukan disini adalah jenis Light Opal dan Crystal Opal. Namun ada juga beberapa Dark Opal dan sangat sedikit Black Opal. Sementara sebagian besar Coober Pedy batuan berlapis opal, ada juga beberapa bagian opal yang ditemukan dalam bentuk fosil opalized (misalnya kerang, siput, belemnites, tulang, gigi dan kayu).

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia
Light Opal
Pertambangan disini mencakup area seluas 50 km, kira-kira sejajar dengan Stuart Highway dari utara ke selatan. Kebanyakan opal ditemukan di dalam lapisan tanah lapuk putih. Opal dapat ditemukan di lapisan pada tingkat horisontal atau vertikal di kedalaman 25 m di bawah permukaan. Distribusi opal sendiri tidak dapat diprediksi dan batu opal mungkin tidak bertahan dari satu lokasi ke lokasi berikutnya. Dari tahun 1978-1990 Coober Pedy menghasilkan sekitar 20-30 juta dari bahan opal kasar setiap tahunnya. Pada tahun 2002 produksi Coober Pedy telah jatuh sekitar 25% dari masa jayanya. Hari ini hanya sejumlah penambang penuh waktu yang tersisa saja.

Lightning Ridge
Ini adalah lokasi Black Opal yang terkenal di dunia. Lightning Ridge terletak hampir 600 km sebelah utara dari Sydney. Penemuan batu opal pertama kembali ke tahun 1873. Sebelum tahun1903, Charlie Nettleton dan Jack Murray menjual sebongkah Black Opal pertama yang mereka temukan ke EF Murphy, seorang asisten Tullie Wollaston yang terkenal sebagai kekuatan utama di balik terkenalnya Opal Australia ke pasar dunia.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia

Lightning Ridge, nama ini mungkin karena badai listrik yang mengerikan yang menewaskan seorang gembala, anjing dan 600 domba keitka berlindung di salah satu pegunungan. Populasi disini berkisar sekitar 3000 jiwa. Namun dengan cepat dapat berubah dengan penemuan-penemuan baru yang dapat menghasilkan pendatang baru. Terjadi di akhir 1980-an ketika ladang tambang Coocoran, 30 km ke arah barat dari kota terdekat menemukan sejumlah besar Black Opal. Pertambangan disini juga biasanya dilakukan oleh tunneling bawah tanah.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia
Crystal Opal
Tanah disini sangat kaya akan lapisan opal. Kebanyakan opal yang ditemukan disini berwarna gelap (Semi-hitam), Black dan Crystal Opal serta beberapa Light Opal dan beberapa batuan opal fosil. Opal sekitar Lightning Ridge yang biasanya ditemukan disebut "Nobbies". Yang dianggap adalah jenis opal kualitas tertinggi di dunia. Ladang tambang terpencil yang jauh seperti Grawin, Glengarry, Yards Domba, dan Mulga Rush juga memproduksi opal berwarna gelap dan lapisan Black Opal.

Saat ini Black Opal adalah jenis batu opal yang paling berharga dari semua jenis opal dan terkadang bisa berharga lebih mahal perkaratnya dari berlian dengan kualitas yang baik. Terutama karena tidak cukupnya stok Black Opal untuk memenuhi permintaan di seluruh dunia.

Mintabie
Mintabie, berpenduduk sekitar 200 jiwa, terletak 35 km sebelah barat Marla dari Stuart Highway (atau sekitar 350 km sebelah barat laut dari Coober Pedy). Mintabie juga termasuk sumber penting dari Black Opal. Meskipun penambang opal mulai menambang batuan disini pada tahun 1920, namun hanya pada era 1980-an saja produksi opal disini mulai meningkat. Pada akhir 1976, para penambang mulai menggunakan buldoser dan peralatan pertambangan berat yang dibutuhkan untuk merobek batu pasir yang keras.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia

Selama tahun 1980 Mintabie adalah produsen terbesar opal berharga di Australia dan lebih dari 500 penambang tinggal dan bekerja di pertambangan ini. Puncak produksi dicapai pada tahun 1988 dan secara drastis menurun pada tahun-tahun berikutnya. Ada sekitar 100 buldoser dan excavator yang menambang didaerah ini. Hari ini hanya sejumlah kecil dari penambang penuh waktu yang tersisa.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia
Black Opal
Kebanyakan pertambangan dilakukan dengan metoda open-cut mining serta hanya beberapa saja yang menambang dengan membuat tunneling bawah tanah. Batu opal yang ditemukan disini terdiri dari jenis Light, Dark, Black dan Crystal Seam Opal. Batu opal Mintabie dia akui luar biasa keras, kadang-kadang cukup keras untuk menggores batu akik. Host rock adalah batuan pasir kaolinitik yang kemungkinan berasal dari zaman Ordovician. Sebagian jenis opal disini biasanya ditemukan di kedalaman 25 m. Beberapa orang mengatakan bahwa selama 5 tahun pertama pertambangan Mintabie menghasilkan lebih banyak dari yang dihasilkan pertambangan Coober Pedy sampai saat ini.

Pertambangan batu opal Australia lainnya

Andamooka
Andamooka terletak di gurun yang keras, 520 km sebelah utara dari Adelaide, dekat pantai barat Danau Torrens. Hanya dapat dicapai dengan jalan tertutup sekitar 30 km sebelah timur dari Roxby Downs yang saat ini mempekerjakan banyak penduduk Andamooka di tambang uranium mereka. Opal disini ditemukan pada tahun 1930 dan sampai tahun 1972. Andamooka adalah salah satu produsen utama opal berharga. Yang juga terkenal memproduksi jenis kristal Opal berkualitas tinggi. Hari pertambangan ini hanya memproduksi sangat sedikit batu opal komersial sejak 1970-an.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia
Opal fosil
Lambina
Terletak 58 km sebelah timur laut dari Marla. Pertambangan pertama mungkin di mulai sekitar tahun 1930-an. Tambang ini terus tumbuh setelah skema aturan disepakati dengan pemilik lahan pertanian setempat. Pada tahun 2002 ada sekitar 300 penambang yang bekerja dengan buldoser dan ekskavator disini. Opal yang banyak ditemukan adalah jenis Light dan Dark Seam opal serta beberapa kristal dan sangat sedikit Black Opal. Namun bahan kasar opal sering memiliki penampilan yang berbeda dari jenis opal lapisan klasik yang membentuk potongan seperti terputus-putus dan dilapisi dengan batu kasar di semua sisinya, itulah mengapa kadang-kadang ada sering salah penyebutan yang dikatakan jenis ini adalah opal aluvial. Hari ini ada begitu banyak penambang telah meninggalkan area ini.

Queensland
Sebuah lokasi batu opal besar yang membentang hampir mencapai 1.000 km, yang meliputi sebagian besar dari seluruh negara bagian Queensland. Wilayah ini memproduksi hampir semua pasokan batu opal dunia dari jenis Boulder Opal. Beberapa lokasi yang paling penting adalah Yowah, Quilpie, Koroit, Jundah, Opalton dan Eromanga. Pertambangan yang banyak dilakukan dengan metoda open-cut mining.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia
Boulder Opal
Boulder Opal biasanya adalah jenis batu ironstone dengan urat tipis opal yang terlalu tipis untuk dipotong tanpa terlepas dari ironstone. Oleh karena itu batu-batu ini dibagi secara paralel terbuka yang kadang-kadang menghasilkan pasangan yang cocok dari opal. Bisa juga terjadi kadang-kadang lapisan opal cukup tebal untuk dipotong menjadi sebuah opal padat. Terlepas dari Boulder Opal yang ada, ada juga sejumlah besar Boulder Opal Matrix yang ditemukan disini, Jenis opal yang memiliki banyak urat halus dan patch kecil yang dikelilingi oleh batu induknya.

Mengintip Pertambangan Batu Opal Australia

White Cliffs
White Cliffs terletak di New South Wales dan terletak 200 km sebelah timur laut dari Broken Hill. Pertama kali ditemukan oleh seorang penembak kanguru pada tahun 1889. pertambangan Komersial dimulai pada tahun 1890. Kota ini dengan cepat segera berkembang dan hanya dalam 9 tahun ada sekitar 4500 orang penambang yang bekerja di daerah ini. Produksinya mulai menurun sejak tahun 1902-1915 dimana saat itu terjadi eksodus besar-besaran para penambang ke ladang opal Lightning Ridge yang mengurangi jumlah penambang hingga hanya tersisa 100 orang saja di tahun 1919. Selama bertahun-tahun White Cliffs menghasilkan opal komersial di pasar dunia dan opal dari wilayah ini jauh melampaui jumlah opal yang ditambang di Hungaria. White Cliffs memproduksi baik jenis opal lapisan dan opal fosil (kerang, kayu, tulang).

Deposito opal di seluruh dunia
Terlepas dari Australia yang menjadi episenter batuan opal didunia, dan di banyak daerah lain di seluruh dunia juga memiliki kandungan batu mulia ini. Misalnya di Brasil, Meksiko, Peru, Honduras, Guatemala, Nikaragua, Grand Canary, Amerika Serikat, Kanada, Ethiopia, Zimbabwe, Afrika Selatan, Nigeria, Somalia, Mali, Jerman, Republik Ceko, Turki, Kazakhstan, Indonesia dan Selandia Baru. Namun kebanyakan pertambangan opal komersial tersebut sangat terbatas, dan sekitar 95% dari produksi opal dunia berasal dari Australia hingga saat ini. Credit by; http://www.uniqueopals.ch

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
28 Januari 2016 22.01 delete

bagus banget batunya gan

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.