Munculnya Kabut Misterius Berwarna Pink

Munculnya Kabut Misterius Berwarna Pink

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Warga China yang hidup di kota-kota besar sepertinya menjadi semakin terbiasa dengan warning khusus yang menandakan bahwa udara di kota mereka telah menjadi terlalu tercemar untuk bernapas. Tapi jenis yang bagaimana yang harus dikeluarkan oleh pemerintah mereka ketika udara yang meliputi kota mereka berwarna merah muda? Suhu panas? Atau inikah warna udara khusus negara Komunis? Apapun itu, kabut berwarna pink sangat tidak biasa, dan terlalu sexy rasanya untuk bernafas dengan udara PINK. Hehehe :p

Kabut udara berwarna pink ini menyerbu warga kota Nanjing di Cina timur pada pekan lalu. Sementara Beijing dan kota-kota utara lainnya diselimuti kabut asap polusi berat yang berada pada tingkat siaga merah, langit Nanjing di akhir malam malah tiba-tiba berubah berwarna merah muda cerah. Rasa panik pun kemudian mulai dirasakan oleh semua orang yang berada di kota tersebut, sementara pejabat kota itu belum bisa menentukan apakah kabut udara merah muda ini adalah jenis khusus dari bahaya atmosfer atau hanya udara normal dari polusi.

Munculnya Kabut Misterius Berwarna Pink
Warga kota Nanjing ingin tahu apa yang menyebabkan langit merah muda misterius ini
Sepertinya kabut udara berwarna merah muda itu cukup berbahaya. Indeks kualitas udara yang ada berada di level 221 (tingkat siaga merah berada di level 200) dan tingkat PM2.5 (sebuah ukuran partikel tersuspensi di udara, partikel yang dimaksud termasuk debu, kotoran, jelaga, asap, dan kabut cair) melebihi 900 mikrogram per meter kubik. Wow mengerikan sekali, soalnya level 500 saja sudah dianggap berbahaya, apalagi menembus level 900.

Munculnya Kabut Misterius Berwarna Pink
Sebuah pemandangan umum di kota-kota di Cina
Apakah penduduk kota itu mulai terserang ISPA dan batuk-batuk? OK, memang kedengarannya sangat buruk, tetapi orang-orang Cina sudah terbiasa menggunakan masker wajah untuk memfilter udara. Lantas bagaimana dengan udara warna pink? Apakah pemerintah berusaha untuk memberikan kabut asap berwarna agar terlihat lebih menyenangkan dan beraroma liburan akhir tahun? Efek permen kapas di udara mungkin? Ya semacam teori paling gila dari konspirasi terkonyol hehehehehe.

Untungnya, kabut berwarna pink ini memiliki penjelasan alami dan dianggap tidak berbahaya (kecuali di bagian kabut asapnya).

"Warna kabut pink adalah hasil dari kombinasi sunset glow dan kabut asap, dan bukan disebabkan oleh polutan khusus."

Itu menurut laporan dari Profesor Liu Hongnian dari Departemen Sains Atmosfer di Nanjing University, yang kemudian menunjukkan bahwa "Smog (campuran kabut dan asap) hanya memiliki tiga warna, abu-abu, putih dan coklat."

Banyak warga Nanjing kurang puas dengan penjelasan ini, sebagaimana yang dirasakan oleh para ilmuwan atmosfer di Amerika Serikat dan Jerman yang berpikir bahwa warna tersebut bisa saja merupakan jenis partikel asap baru dan berpotensi berbahaya. Dan tentunya warga kota Nanjing juga ingin mendapat jawaban yang lebih baik. Wassalam.

Baca Juga; Kadal Berekor Tiga

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.