Misteri Terowongan Hantu Peninggalan Perang Dunia II

Misteri Terowongan Hantu Peninggalan Perang Dunia II

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Manusia telah lama berusaha untuk menggali ke kedalaman bumi, untuk menciptakan kubah, gua, terowongan, dan gua-gua bawah tanah yang kita bisa berjalan didalamnya. Jaringan bawah tanah ini cenderung membuat kita lupa bahwa diatasnya kehidupan bergolak dengan cepat dengan segala kecanggihannya. Banyak yang tidak menyadari dan memahami tentang konsep dunia bawah tanah yang kita tahu, tempat yang kompleks dari alam yang tetap tersembunyi dan gelap dari mata manusia. Tempat bawah tanah ini kadang-kadang dapat menyimpan misteri dan segudang teka-teki yang tidak dapat ditemukan di atas tanah, tempat gelap dalam planet kita dengan suasana sesak di mana misteri membeku dan mengintai dari pandangan kita. Ini adalah tempat gelap dunia, tempat misteri aneh yang bertinta oleh hal-hal yang di luar rasio. Salah satu lokasi seperti yang telah lama menempatkan dirinya ke dalam jajaran dari keanehan bawah tanah adalah sistem terowongan tersembunyi sejak Perang Dunia II, di mana dalam sejarahnya, tempat ini memiliki fenomena yang tak dapat dijelaskan, dan bahkan kadang-kadang menghadirkan teror dan bersama-sama untuk membentuk salah satu tempat paling berhantu yang ada.

The Drakelow Tunnels (Terowongan Drakelow), nama ini berasal dari bahasa Inggris kuno, kata "draca" berarti "naga," (Dragon), dan warren sendiri adalah sebuah nama daerah yang luas dimana terowongan ini berada, terbentang di bawah Kingsford Country Park dekat Kinver di Staffordshire, Inggris. Terowongan ini memiliki pola grid di bawah bumi sejauh 3,5 mil, mencakup sekitar 250.000 persegi. (23.000 m2), dan mencapai ukuran lebar mencapai 16 kaki dan dengan tinggi 18 kaki. Kompleks bawah tanah ini pada awalnya dirancang sebagai sebuah pabrik rahasia bawah tanah untuk perusahaan mobil Rover selama Perang Dunia II dalam rangka membangun suku cadang mesin pesawat untuk Hercules, Mercury dan Pegasus untuk perusahaan Bristol Aeroplane Company. Konstruksi ini berlangsung di era tahun 1941-1942, terowongan ini sendiri terdiri dari batuan pasir padat, dimana kru pekerja melakukan proses berbahaya untuk membersihkan puing-puing dan membentuk terowongan menjadi lorong halus dan kamar-kamarnya dengan cara dipahat. Hasil akhirnya adalah sebuah sistem besar terowongan bawah tanah dan gua-gua yang bisa mendukung sebuah kota kecil industri. Ketika Rover pindah untuk memulai operasinya pada bulan Mei 1943, 500 sampai 700 karyawan mesin ditugaskan untuk bekerja di bagian jauh di kedalaman terowongan ini.

Misteri Terowongan Hantu Peninggalan Perang Dunia II
The Drakelow Tunnels
Rover menggunakan terowongan Drakelow ini untuk memproduksi mesin pesawat tempur dan suku cadangnya sampai pada tahun 1946, saat perang dunia kedua berakhir, otomatis menyebabkan produksi suku cadang tersebut dihentikan, namun ini bukan akhir dari kegunaan terowongan ini. Dari tahun 1950 sampai tahun 1958, terowongan ini selanjutnya digunakan untuk memproduksi berbagai bagian untuk mesin tank Meteor, sekaligus untuk tempat penyimpanan alat dan mesin. Terowongan Drakelow akhirnya diakuisisi oleh Ministry of Supply dan Ministry of Storage pemerintah Inggris.

Dengan meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh Perang Dingin di era tahun 50-an dan 60-an, sebagian besar dunia hidup dalam ketakutan di bawah bayangan ancaman kiamat perang nuklir. Ini adalah saat dimana pemerintah di seluruh dunia berlomba-lomba untuk melindungi diri mereka dari kehancuran peradaban, dan termasuk juga Inggris. Pemerintah Inggris segera membentuk kebijakan bunker benteng rahasia di seluruh negeri di mana bunker-bunker itu diharapkan akan bisa tetap beroperasi saat terjadinya serangan nuklir. The Drakelow Tunnels dianggap sangat cocok untuk peran ini, dan sehingga terowongan ini ditata ulang dan diubah menjadi bunker nuklir canggih yang selesai pada tahun 1961, yang disebut Regional Seat of Government for civil defense group 9, atau RSG9. Bunker bawah tanah ini dirancang untuk menampung hingga 350 anggota dari seluruh departemen pemerintah, termasuk satuan penghubung dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, dan dilengkapi dengan perumahan, pusat komando, kantor, dan bahkan studio kantor berita BBC di mana saluran ini bisa menyiarkan informasi kepada publik selama konfrontasi nuklir.

Kompleks RSG9 terletak di dalam Drakelow Tunnels itu dimaksudkan untuk menjadi bagian dari jaringan yang lebih luas dari 12 fasilitas lainnya yang tersebar di seluruh Inggris, menjadi pusat di mana pemerintah bisa mempertahankan kontrol dalam menghadapi bencana nuklir. Bunker RSPG9 sempat direnovasi pada 1980-an, ketika itu bahkan telah dilengkapi dengan pintu anti ledakan, air-lock, fasilitas dekontaminasi, kapasitas penyimpanan ditingkatkan, peralatan komunikasi, air, ventilasi dan tenaga listrik, dan banyak teknologi canggih baru lainnya yang disimpan disini. Tempat ini ditangani oleh markas besar regional Pemerintah 9.2 dan tetap menjadi basis operasi yang sangat rahasia sampai akhir Perang Dingin pada tahun 1990.

Dengan berakhirnya Perang Dingin, dunia menarik napas lega, dan berbagai fasilitas yang telah dibangun untuk tujuan melindungi masyarakat dalam menghadapi perang nuklir akhirnya dinonaktifkan atau dibongkar. Termasuk terowongan Drakelow ini juga dinonaktifkan dan dijual untuk umum pada tahun 1993. Setelah penyerahan terowongan ini ke sektor swasta, ada berbagai rencana yang diusulkan untuk menghancurkan terowongan ini dan mengubah daerah tersebut menjadi perumahan dan pusat komersial, tetapi hal ini ditentang oleh oposisi dari kelompok yang disebut Drakelow Preservation Trust, yang berpendapat bahwa situs ini penting bagi sejarah dan proyek-proyek pembangunan ditentang keras untuk dilakukan di sana. The Drakelow Preservation Trust terus berjuang untuk menjaga terowongan dengan cara apapun dalam rangka melestarikan makna sejarah yang mereka pegang sampai hari ini. Situs ini kemudian dipulihkan kembali dan berubah menjadi sebuah museum terbuka sepanjang tahun kepada publik untuk para wisatawan, dan pada kenyataannya ruang bawah tanah terbesar ini terbuka untuk pengunjung di seluruh Inggris.

Misteri Terowongan Hantu Peninggalan Perang Dunia II
Salah satu pintu masuk Drakelow Tunnels
Ketika berjalan di kegelapan terowongan ini, suasana begitu lembap, lorong-lorong serasa sesak, di mana suara terpantul disekitarnya dengan cara yang aneh, kegelapan tampaknya membeku dan suara yang ada memutar ke dalam bentuk yang sangat aneh, dan menjadi sangat mudah untuk mendapatkan kesan dan menafsirkan bahwa tempat ini adalah tempat yang angker, dan hal ini mungkin memang seperti itu. Selama pembangunan dari terowongan ini, dikatakan setidaknya ada 7 orang kehilangan nyawa mereka dalam berbagai kecelakaan tragis. Pada bulan Oktober 1941, atap terowongan ini runtuh selama peledakan yang menyebabkan 3 pekerja tertimpa di bawah berton-ton batu. Dalam kecelakaan mengerikan yang lainnya, dua pekerja konstruksi yang mengendarai salah satu ban berjalan yang digunakan untuk membawa puing-puing dan batuan sisa dari peledakan terowongan terjebak dalam mesin dan tergilas sampai hancur dan tewas seketika. Bahkan dibagian atas terowongan ini tidak bisa disebut jauh lebih aman, salah satu contohnya seorang wanita bernama Mary Ann Brettel tertabrak dan tewas oleh salah satu dari banyak dump truk yang berada di lokasi atas terowongan ini, dan petugas keamanan disitu juga tewas dalam kecelakaan mobil ketika ia sedang mengendarai sepeda motornya. Selain itu, setelah pembongkaran dan sebelum berikutnya dikelola oleh pihak swasta, terowongan ini dikabarkan telah digunakan untuk kultus penyembah setan dimana mereka melakukan ritual di terowongan ini, melakukan pengorbanan manusia, dan bahkan membuka pintu ke alam atau dimensi lain.

Kematian tragis dan cerita-cerita seram yang melibatkan aktivitas kultus setan telah mengilhami kedalaman dari terowongan ini dengan banjir rasa takut, dan bisa menjelaskan dari banyak fenomena gaib yang dilaporkan dari sini. Karena terowongan menjadi terbuka untuk umum, ada banyak laporan dari berbagai kejadian aneh di dalam Drakelow Tunnels. Termasuk semacam perasaan diawasi, didorong atau disentuh oleh tangan tak terlihat dan bahkan ada yang rambutnya ditarik, temperatur suhu yang mendadak berubah, munculnya kabut misterius entah darimana, suara anomali seperti langkah-langkah berat, suara-suara tanpa tubuh atau musik yang datang atas sistem speaker perang meskipun suara itu telah lama tidak diputar selama beberapa dekade, dan fenomena aneh lainnya. Ada juga banyak laporan dari mereka yang melihat sesuatu seperti bola, bayangan orang, penampakan, dan bahkan binatang aneh yang berkeliaran di batas redup terowongan. Terowongan ini juga diduga rumah hantu yang biasa disebut Oswald, yang telah terus-menerus dilaporkan tampak diseluruh bagian kompleks terowongan. Arwah penasaran ini kabarnya menampilkan berbagai perilaku mulai dari aktivitas poltergeist dengan menggerakkan benda-benda, hingga tindakan lebih jahat seperti mendorong, memukul, dan menarik rambut. Entitas gaib ini diyakini hantu dari salah satu pekerja yang meninggal di sini selama pembangunan konstruksi. Beberapa penampakan aneh juga telah terjadi di bagian atas terowongan. Salah satu penampakan dari tahun 1989 menggambarkan sebuah keluarga yang melintasi tiga sosok berkerudung yang tampak melayang di atas tanah setinggi tiga kaki. Paranormal yang datang untuk menyelidiki fenomena di sini melaporkan bahwa memang ada kehadiran, tetapi tidak hanya dari roh-roh orang mati, juga entitas dari setan dan jin kuat yang tinggal di kegelapan bawah tanahnya.

Misteri Terowongan Hantu Peninggalan Perang Dunia II

Banyak aktivitas hantu di terowongan Drakelow tampaknya terpusat di sekitar terowongan 1 dan 4, dan disini di mana ada laporan yang paling terkenal. Suatu malam pada tahun 1993, sementara seorang penjaga memeriksa dapur tua di kompleks bawah tanah yang luas ketika ia mendengar musik yang berbeda dari gaya musik tahun 1940-an yang terbawa melalui udara dari arah Tunnel 1. Penjaga ini berpikir bahwa mungkin pekerja lain telah meninggalkan radio di di suatu tempat, jadi dia pergi untuk menyelidiki. Saat ia mendekati terowongan, musik menjadi semakin keras sampai tiba-tiba dan secara misterius alunan musik itu berhenti saat ia memasuki Terowongan 1. Ia melakukan pencarian secara teliti di lokasi yang diduga suara musik itu muncul. Penjaga sampai pada kesimpulan bahwa satu-satunya sumber yang mungkin untuk suara musik ini adalah dari sistem lama era pengeras suara pada saat Perang Dunia II, tapi tidak difungsikan lagi sejak 1950-an. Menariknya, laporan musik hantu ini menjadi kejadian yang cukup umum di sekitar Tunnel 1.

Dalam hal aneh lainnya, penjaga melakukan patroli dan mengunci kompleks di malam hari sambil ditemani dua ekor anjing pada tahun 1996. Di sekitar Tunnel 4, dua anjingnya tiba-tiba menjadi sangat gelisah, menggonggong marah seolah-olah ada penyusup di suatu tempat didalam gelap. Penjaga menyelidiki tempat anjing itu menggong-gong tetapi ada tidak ada apapun di sana. Hewan-hewan itu terus menggonggong untuk beberapa waktu pada apa yang tampaknya hanya sebuah dinding. Anjing-anjing akhirnya tenang, tapi saat mereka memasuki Tunnel 4 yang tepat, anjing-anjing mulai menggeram kembali dan bersikap ganas seolah-olah ada sesuatu di bagian bawah terowongan, tapi penjaga itu pada awalnya tidak bisa memastikan apa pun yang ada di sana yang membuat anjing-anjingnya tiba-tiba menjadi begitu agresif. Pria itu menarik kalung anjing 'dan mencoba untuk memindahkan mereka, tetapi mereka menolak dan dengan gencarnya mereka tetap menggonggong dan menggeram. Penjaga kemudian mencoba melihat ke bawah terowongan dan ia melihat seperti kabut mengambang di sepanjang lorong gelapnya. Ia berpikir mungkin kabut tersebut adalah indikasi dari api, sementara itu tiba-tiba saja kalung anjingnya terlepas dari genggamannya dan mereka berlari ke arah keluar dipintu anti ledakan, mereka kemudian menggaruk dan menghiba, anjing-anjing itu panik dan ketakutan. Ketika pintu anti ledakan itu dibuka, anjing-anjing itu segera melesat lari ke dalam mobil penjaga dan merengek untuk membiarkan mereka tetap didalam. Anjing-anjingnya tidak berani lagi keluar. Penjaga kemudian mengunci dua ekor anjingnya di dalam mobil dan kembali untuk melihat apakah memang ada api, tapi dia tidak menemukan tanda-tanda adanya api, dan memang tidak ada hal yang bisa menjelaskan tentang perilaku aneh anjingnya. Tunnel 4 dikenal untuk menanamkan rasa dari kegelisahan yang mendalam, disorientasi, ketakutan, dan serangan kepanikan, dengan banyak pengunjung merasa terguncang dan mengeluh, mereka merasa sangat tidak nyaman di daerah Tunnel 4 ini.

Misteri Terowongan Hantu Peninggalan Perang Dunia II

Tidak diketahui apakah Departemen Pertahanan Inggris pernah mengalami kejadian yang tidak dapat dijelaskan seperti pada tahun-tahun saat mereka beroperasi di sana, dan jika memang ada, maka nampaknya laporan ini bisa diklasifikasikan bahwa ada cukup banyak hal aneh yang terjadi di sana saat mereka beroperasi. Dalam beberapa tahun terakhir, keanehan di seputar terowongan Drakelow telah membuat lokasi surga bagi para penggila dunia paranormal, peneliti hal gaib, dan pencari sensasi. Bahkan ada hantu yang ditawarkan kepada siapa pun yang bersedia untuk berani berada di terowongan gelap untuk didatangi oleh makhluk gaib. Berbagai program TV juga telah difokuskan pada terowongan ini, dengan salah satu contoh yang paling menonjol adalah acara Most Haunted. Sebuah acara yang mengirim peserta untuk mengunci diri mereka di terowongan seram selama 48 jam penuh pada bulan Mei, 2014. Para peserta acara tersebut akhirnya mengalami berbagai kejadian-kejadian aneh dan merasa sangat tertekan ketika mereka berada di terowongan ini.

Apa sebenarnya fenomena ini ya? Apakah ada cara bagi kita untuk mengerti ke pemahaman tentang keanehan yang bersembunyi di sana, di bawah bumi, di Drakelow Tunnels? Apapun yang terjadi di dalam relung sistem terowongan ini, terkubur sangat banyak misteri dari dunia bawah tanah yang kita selalu berjalan diatasnya. Terowongan tetap menjadi pengingat kengerian aneh yang tetap ada di dalam bumi pada peninggalan lama yang mungkin telah terlupakan. Alam bawah tanah misterius ini terus membingungkan, dan menakut-nakuti orang-orang yang berusaha untuk menggali ke dalam tanah untuk mencoba dan memahami kekuatan yang meliputinya. Dengan semua suasana yang menyesakkan dari kegelapannya dan dinding batunya yang dingin, ini adalah tempat yang merembes dengan pesta pora suasana yang menakutkan, yang semuanya duduk terselip di bawah tanah, di bawah kaki kita yang keluar dari pandangan. Mungkin sebuah teka-teki yang menunggu untuk ditemukan, atau memang ditakdirkan untuk tetap tersimpan di rahasia bawah tanah mereka dan selamanya berada di luar pemahaman kita? Mungkin waktu yang akan menjawabnya. Untuk saat ini, pada saat anda berjalan dan menikmati pemandangan di atas tanah, perlu anda ketahui bahwa jauh di bawah kaki anda terletak misteri yang didalami oleh keanehan yang kita mungkin tidak akan pernah benar-benar memahaminya hingga sampai kita terkubur didalamnya. Semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
15 September 2016 01.32 delete

trims om,, sering sering berkunjung ya :)

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.