Misteri Batu Berjalan Terpecahkan!

Misteri Batu Berjalan Terpecahkan!

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Selama bertahun-tahun batu-batu besar di Racetrack Playa, disebuah danau kering (playa) di sisi barat laut Death Valley di California telah mengundang pertanyaan yang seolah-olah telah melanggar konsep pengetahuan fisika. Beberapa berat dari batu itu bahkan mencapai hingga 700 pound. Dan kebanyakan dari batu-batu tersebut memiliki bekas jejak jalan panjang di belakangnya yang menunjukkan bahwa batu-batu itu bisa berjalan atau berpindah yang entah bagaimana caranya. Tidak ada jejak kaki sama sekali, jejak ban atau petunjuk lain tentang bagaimana batu-batu itu bisa meluncur berjalan diatas tanah datar dan juga tidak ada saksi yang melihat perindahan batu-batu tersebut. Pekerjaan alien? Kerjaan orang-orang yang suka bercanda? Atau malah pekerjaan hantu?

Pada tahun 2011, sebuah tim yang dipimpin oleh Richard Norris dari Scripps Institution of Oceanography menempatkan unit motion activated GPS pada 15 buah bebatuan dan memonitor mereka dengan kamera resolusi tinggi selama beberapa waktu melalui stasiun cuaca. Mereka merencanakan, menunggu dan menonton hingga sepuluh tahun lamanya (Wow itu waktu yang lama sangat) tapi ternyata hanya diperlukan dua untuk membuat alarm berbunyi.

Misteri Batu Berjalan Terpecahkan!
Salah satu batu yang dipasangi alat pelacak
Menurut laporan mereka yang diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal PLoS ONE, urutan langka peristiwa aneh ini yang mengarah ke gerakan batu telah mendapatkan penjelasan rasional. Pertama, curah hujan yang jatuh dalam jumlah yang cukup untuk menutupi permukaan danau kering playa ini dengan air termasuk membasahi bebatuan diatasnya. Suhu yang kemudian turun ke titik di mana air menjadi membeku di permukaan danau membuat efek "Window pane ice", atau lembaran es tipis yang cukup ringan untuk bergerak tetapi cukup tebal untuk tidak mudah pecah.

Misteri Batu Berjalan Terpecahkan!

Karena suhu kemudian kembali menghangat, dan terkadang hanya dengan matahari yang cukup cerah menyebabkan es menjadi sedikit mencair dan retak, membentuk panel besar. Dan pergerakan angin di danau itu (Sekitar 10 mil per jam) yang berhembus di playa cukup kuat untuk memindahkan panel es tersebut, yang akhirnya turut mendorong batu dan meninggalkan jejak di lumpur di bawah lapisan es. Batu bisa bergerak hanya beberapa inci per detik tetapi bisa tetap bergerak hingga selama 16 menit sebelum akhirnya berhenti, dalam satu kasus tim ini melihat perjalanan batu melebihi 200 kaki.

Studi ini belum berakhir, kata Norris. "Kami mendokumentasikan lima peristiwa gerakan dalam dua setengah bulan dari panel kolam yang ada dan beberapa ratus batu. Jadi kita telah melihat bahkan di Death Valley yang terkenal dengan panasnya, es mengambang adalah kekuatan yang cukup kuat untuk menggerakkan batu. Tapi kami belum melihat batu yang benar-benar besar bergerak di luar sana. Bukannya itu bekerja dengan cara yang sama?"

Kedengarannya tim ini sedang menemukan fakta dari sebuah istilah "Rock-and-roll". Rock = batu dan Roll = Mengelinding hehehhehe, semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.