Kakek Ini Menggunakan Kantong Plastik Yang Sama Selama 34 Tahun

Kakek Ini Menggunakan Kantong Plastik Yang Sama Selama 34 Tahun

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Setiap orang yang tinggal di perkotaan tentunya akan sangat sering berbelanja untuk keperluan sehari-hari, dan berbicara masalah belanja atau shopping maka tak lepas dari yang namanya kantong plastik untuk membawa barang-barang bawaan. Namun diantara semua orang yang berbelanja dan menggunakan kantong plastik, ada seseorang yang luar biasa yang membuat saya kagum akan kesetiaanya untuk tetap menggunakan kantong plastik yang sama untuk berbelanja selama 34 tahun. Hmm sepertinya hal ini bisa anda jadikan sebagai teladan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang melimpah di planet kita ini.

Seorang kakek bernama Martin McCaskie ini masih menyimpan kantong plastik Tesco yang terlipat rapi di saku jasnya untuk keadaan darurat khususnya untuk berbelanja, kantong plastik ini sendiri dibuat saat mall tempat ia biasa berbelanja dulu sedang memperingati 50 tahun pelayanan shopping pada tahun 1981.

Kakek Ini Menggunakan Kantong Plastik Yang Sama Selama 34 Tahun
Kantong plastik berusia 34 tahun masih digunakan hingga saat ini
Kakek dari tiga orang anak yang berasal dari keluarga Martin ini benar-benar sangat menyadari kenang-kenangan yang diproduksi 34 tahun lalu itu, dan masih digunakan di rumah putrinya pada Senin malam kemarin ketika ia mengumpulkan beberapa majalah.

Ia sendiri adalah seorang mantan teknisi yang kini telah pensiun dari pekerjaannya, berasal dari Mold, Flintshire, dan diperkirakan bahwa ia telah menggunakan kantong plastik ini lebih dari 2.000 kali dalam tiga setengah dekade terakhir. Ketika kantong itu dibuat pada tahun 1981, saat itu komputer pertama didunia (PC) yang dibuat oleh IBM baru saja terdaftar, dan nama domain pertama di internet masih empat tahun lagi menyusul.

Martin McCaskie yang kini berusia 72 tahun ini mengatakan: "Saya bahkan tidak ingat dari mall mana kantong ini berasal, tetapi yang saya tahu bahwa mall itu telah melayani saya dengan baik.

Kakek Ini Menggunakan Kantong Plastik Yang Sama Selama 34 Tahun
Ia selalu membawanya untuk berbelanja
"Moto saya adalah 'Jika ingin dibuang, maka jangan inginkan'. Saya selalu menyimpannya dan saya lipat didalam saku mantel ketika saya akan membutuhkannya.

"Ini terbukti sangat berguna karena sudah diberlakukan biaya untuk sebuah kantong plastik di Wales empat tahun lalu, tapi bahkan sebelum itu aku bahkan tidak pernah membuang kantong plastik ini.

"Saya hanya menggunakannya ketika dibutuhkan. Anda tidak dapat menempatkan sesuatu yang terlalu berat di dalamnya, tapi kantong ini akan baik-baik saja jika hanya untuk membawa bahan makanan."

Kakek Ini Menggunakan Kantong Plastik Yang Sama Selama 34 Tahun
Martin McCaskie bersama istri tercinta Cynthia di awal era tahun 80-an
Matt Tomlinson, seorang manajer toko di Tesco Mold superstore, mengatakan: "Kami sangat bangga melayani masyarakat di Mold ini selama 26 tahun, dan kantong plastik yang sudah melayani Mr. McCaskie bahkan lebih lama lagi."

Sejak kantong plastik itu dibuat, sudah ada lima Perdana Menteri Inggris berganti, enam Presiden AS, dan tentunya ada ribuan kali kenangan berbelanja yang tersimpan didalam jejak kantong plastik tersebut.

Nah emosi muda, menarik sekali ya kan? Saya rasa apa yang dilakukan kakek Martin bisa kita contoh mengingat betapa banyaknya sampah dari kantong plastik yang terbuang sia-sia, sementara banyak yang masih bisa digunakan kembali. Disamping langkah ini bisa mengurangi sampah yang ada, disisi lain akan cukup membantu untuk menghindari proses racun yang berasal dari plastik. Sebagaimana yang kita ketahui, sampah plastik membutuhkan ribuan tahun untuk bisa terurai oleh tanah, dan selama belum terurai sempurna, bahan kimia yang berasal dari plastik bisa menyusup ke air tanah dan hasilnya jelas bisa menimbulkan bencana jangka panjang, karena limbah racun yang berasal dari plastik bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Nah tak ada salahnya untuk memulai dari sekarang demi menjaga kelestarian planet tempat kita tinggal ini, semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.