Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia

Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Selama keberadaan manusia di planet bumi, tidak ada keraguan bahwa di beberapa titik atau hal lainnya, manusia telah menciptakan beberapa hal yang sangat, sangat aneh dan misterius, beberapa di antaranya bahkan tidak pernah terjelaskan. Nah saat anda membaca tulisan ini, kemungkinan besar anda pernah mendengar tentang beberapa keanehan seperti yang saya maksud, tetapi salah satu hal yang menyangkut artikel ini adalah merupakan salah satu hal yang paling membuat saya terpesona selama bertahun-tahun, yakni sebuah buku yang telah dijuluki sebagai buku paling aneh di dunia: The Codex Seraphinianus, ditulis oleh Luigi Serafini.

Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia
The Codex Seraphinianus, karya Luigi Serafini
Diterbitkan pada tahun 1981, buku ini pada dasarnya merupakan sebuah ensiklopedia dari dunia misterius, lengkap dengan sejumlah flora dan fauna yang digambarkan dengan gambar yang sangat rinci, sangat aneh dan abstrak. Mungkin bahkan lebih aneh adalah bahasa yang ditulis dalam buku ini. Ini adalah bahasa yang dibuat-buat dan belum diuraikan, meskipun tampaknya tidak memiliki semacam kumpulan sintaks karena beberapa karakter kembali digunakan dalam kombinasi yang berbeda dan tampaknya ada beberapa tingkat struktur gramatikal. Tapi sebelum kita mulai berpikir tentang buku nyeleneh ini, mungkin ada beberapa hal yang perlu diketahui, sang penulis buku ini, Luigi Serafini mengatakan bahwa tidak ada rahasia sama sekali didalamnya. (Tertulis di sebuah halaman Wikipedia buku ini):

"Dalam sebuah pembicaraan di Universitas Oxford Society of bibliophiles yang diadakan pada tanggal 11 Mei 2009, Serafini menyatakan bahwa tidak ada makna tersembunyi di balik naskah Codex ini, sebuah tulisan asemic, dan didalam pengalamannya sendiri dalam menulis buku itu erat dan mirip dalam pola penulisan otomatis, dan bahwa apa yang ia inginkan dari alfabetnya untuk menyampaikan kepada pembaca adalah untuk menhadirkan sebuah sensasi dimana anak-anak yang melihat sampul depan buku itu akan merasa bahwa mereka belum mampu memahaminya, meskipun mereka melihat bahwa tulisan itu tidak masuk akal bagi orang dewasa. [12] "

Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia

Oke, jadi tidak ada rahasia besar yang terungkap, kecuali Serafini sengaja menyesatkan banyak orang, sehingga orang tidak akan pernah ada kesempatan untuk menemukan dunia yang ia gambarkan dan apakah benar-benar ada, tapi buku jahat ini masih cukup mengagumkan untuk banyak alasan lainnya. Sebagai contoh, Serafini butuh tiga puluh bulan untuk menyelesaikan buku ini dengan setebal 360 halaman. 360 halaman dalam bahasa yang dibuat-buat bahasa dan abstrak, sebuah buku ilustrasi yang cukup ahli. Saya pribadi tidak bisa membayangkan seberapa keras otak akan berfikir semua hal aneh itu, dan berapa lama waktu yang harus habis untuk setiap kata dan ide individunya yang abstrak tersebut, terutama karena tidak ada artinya sama sekali, dan dengan kata-kata dalam bahasa yang dibuat-buat. Namun, buku itu akan sangat keren jika suatu saat Serafini mengatakan bahwa bukunya adalah benar-benar seperti sebuah buku "hitch-hiker", dimana dalam buku itu berisi panduan menuju ke planet alien lain dan rincian dalam bukunya adalah semua informasi yang dibutuhkan untuk semua itu? Wah semakin aneh saja ya ahahahaha.

Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia

Ada juga struktur untuk semua kegilaan dalam buku ini pada bab sebelas, masing-masing dengan fokusnya sendiri yang spesifik. Bab pertama menjelaskan berbagai jenis flora, bab kedua dengan fauna (dengan banyak makhluk yang memiliki kemiripan dengan makhluk bumi). Bab ketiga berisi lebih banyak makhluk yang tampaknya dari jenis yang berbeda dari bab sebelumnya, bab keempat berisi semacam ilmu pengetahuan yang menggambarkan unsur-unsur fisika dan kimia, bab kelima menggambarkan berbagai jenis mesin dan kendaraan, keenam adalah bab yang menggali semua jenis humaniora, dari seksualitas hingga cara menggunakan alat, bab ketujuh lebih mengarah kepada sejarah alam. Kedelapan berisi eksplorasi sistem tulisan yang digunakan dalam Codex ini, kesembilan berisi fashion dan masakan, kesepuluh menggambarkan bentuk ekstrakurikuler dari kegiatan/hiburan, seperti permainan papan dan yang terakhir, kesebelas secara khusus didedikasikan untuk urusan arsitektur. Walau buku ini sepertinya diciptakan dengan asal-asalan, namun ternyata isinya sangat terstruktur dengan rapi, satu kata,.. Jenius tapi aneh!

Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia

Yang lebih gilanya lagi, Sampai baru-baru ini ketika versi baru dirilis, justru keanehan dan kegilaan buku ini yang membuatnya sangat dicari bahkan dengan harga yang fantastis, tergantung pada edisinya juga, rata-rata berharga sekitar $ 500 atau kisaran 6.8 juta rupiah, bahkan volume edisi kedua buku aneh ini dijual seharga $ 8.000! atau lebih dari sekitar seratus juta rupiah. Wah gila benar bro! Bahkan hal gila saja bisa dijual. Tapi Edisi terbaru buku ini ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau, hanya sekitar $ 70. Namun jika anda tidak tertarik untuk membeli buku gila ini namun masih merasa penasaran dan ingin memeriksa isi dan nilai seninya yang menakjubkan, anda bisa mencari link buku ini dalam format pdf melalui search engine.

Codex Seraphinianus, Buku Paling Aneh Sedunia

 Nah emosi muda, sekali lagi buku ini salah satu hal yang menjadi bukti bahwa hal gila sekalipun bisa menjadi layak untuk diperhitungkan dan bahkan laku dijual. Sebagaimana yang kita ketahui, kita semua adalah unik, dan keunikan selalu membuat jalannya sendiri yang berbeda dari yang lainnya. Semua hal pantas untuk dipertimbangkan, Codex Seraphinianus menjadi salah satu sejarah dari sebuah buku di meja kopi dan untuk memulai percakapan yang mungkin akan terdengar konyol. Tapi poinnya bukan itu menurut saya, poin utamanya adalah Serafini telah berkarya! Ia tidak perduli tentang betapa konyolnya apa yang dia buat, dan secara istiqomah ia membuatnya selama bertahun-tahun dan hasilnya menakjubkan. Semoga anda berfikir dan menangkap pesan saya, terimakasih telah membaca dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.