Ketika Hantu Menyebabkan Hujan Batu

Ketika Hantu Menyebabkan Hujan Batu

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Penampakan hantu dilaporkan ada di seluruh dunia, fenomena ini jarang dikenal karena terutama jarangnya terjadi aksi kekerasan atau berbahaya terhadap para saksi mata yang melihat hantu. Dalam banyak kasus, hantu tampaknya hanya mengintai di tempat-tempat yang menakutkan dunia ini, berada di pinggiran persepsi kita dan umumnya hanya menakut-nakuti kita, tetapi biasanya juga tanpa menyebabkan cedera atau kerusakan fatal. Hantu sebagian besar dianggap berbahaya, meskipun fitur menyeramkan dari dunia tersembunyi ini mungkin tidak sepenuhnya kita fahami. Namun hal ini tidak selalu terjadi, karena ada insiden lebih jahat di mana hantu tampaknya memang menyerang secara fisik, dengan kekuatan yang menakutkan untuk melakukan kontak dengan dunia fisik kita dan, mungkin bahkan lebih mengganggu, dengan merusak dan keinginan untuk menyakiti bahkan membunuh. Seperti halnya dengan beberapa seri meresahkan dari peristiwa yang terbentang di sebuah kota terpencil di Australia, di mana ada laporan yang bisa dipercaya tentang adanya poltergeist di seluruh kota, di bawah pengepungan hujan tanpa henti dari batu dan niat jahat mereka.

Pada April 8, 1921 di komunitas pedesaan Guyra, di New South Wales, Australia, terletak di Tablelands Utara. Malam itu tampaknya seperti malam biasa bagi keluarga Bowden, dimana William Bowen, istri Catherine, dan tiga anak-anak mereka, yang semuanya tinggal dalam rumah kayu kecil, dengan empat kamar di daerah pedesaan di luar kota. Malam itu sangat tenang di luar sana di rumah terpencil ini, terpisah dari kota dan dikelilingi oleh semak dan ladang, yang ada mungkin hanya suara serangga bernyanyi. Namun malam itu, anak-anak yang berada di tempat tidur, ditengah keheningan malam tiba-tiba terganggu ketika gemuruh terdengar dari suatu tempat di luar rumah, seolah-olah sesuatu yang kuat itu menabrak berulang kali, dengan suara seperti memukul-mukul rumah itu, benar-benar membuat rumah itu bergetar. Seluruh keluarga dirundung rasa takut dalam teror seperti itu dan segera menjadi jelas bahwa, selain suara memukul-mukul yang bergema melalui struktur dindingnya, rumah itu juga sedang dilempari oleh hujan batu, beberapa dari batu yang cukup besar menimbulkan sejumlah kerusakan pada tempat tinggal mereka, membuat beberapa panel menjadi longgar dan meninggalkan goresan juga penyok. Meskipun pada saat itu masih terlalu gelap untuk melihat keluar untuk memastikan siapa yang berada balik penyerangan itu, sang ayah kemudian menyatakan bahwa hujan batu malam itu adalah "bukan pekerjaan manusia."

Ketika Hantu Menyebabkan Hujan Batu
Bahkan hal yang lebih menakutkan daripada hujan batu misterius yang dilemparkan dari hitamnya malam itu menemukan fakta bahwa apa pun yang berada di balik itu tampaknya memfokuskan serangan itu pada putri Bowdens ', berusia 12 tahun Minnie Bowden, Ruangan yang tampaknya paling berat menanggung beban dari serangan hantu, batu yang menabrak melalui jendela dan bahkan melalui langit-langit tipis di kamarnya membuat gadis itu meringkuk dalam ketakutan di tempat tidurnya. 

Malam berikutnya rentetan hujan bebatuan kembali terjadi, dan memang tampaknya selalu mengikuti Minnie, menyerang dengan intensitas tertentu dan berlaku di mana pun ia kebetulan berada sampai-sampai jendela di rumah itu pecah dari serangan bertubi-tubi itu. Sampai ke titik di mana Bowdens selalu merasa takut jika malam tiba dan hujan batu akan kembali terjadi.

Setelah beberapa malam, Bowdens akhirnya menerima bantuan dari warga kota terdekat, yang pada awalnya mereka pikir mungkin pekerjaan orang iseng atau pencuri. Orang lokal yang bersenjatakan senapan datang untuk berjaga-jaga di rumah sepanjang malam, tetapi tetap saja hujan batu datang meluncur keluar dari kegelapan malam dari penyusup yang tak terlihat, menyerang rumah dan batu-batu memantul dari dinding, orang-orang bersenjata yang berjaga berusaha mencari siapa penyerang itu, namun sia-sia karena tak ada yang bisa ditemukan. Mereka tidak menemukan apapun selama perburuan mereka di daerah sekitarnya, bahkan ketika mereka juga turut diserang dengan batu yang tampaknya datang dari segala arah, dan kadang-kadang tampak seolah-olah batu-batu ini hanya muncul dari udara tipis. Selain itu, suara tabrakan keras yang berasal dari dinding dalam rumah juga terdengar, tampaknya suara keras itu tidak disebabkan oleh batu. 

Orang-orang lokal ini mulai menjadi cukup resah dengan fenomena misterius ini, terutama mengingat hal lain yang aneh mulai terjadi di daerah ini. Hanya beberapa hari sebelumnya, pada tanggal 5 April, seorang wanita berusia 87 tahun, yang dikenal sebagai Ibu Doran, telah terlihat berjalan di ladangnya memegang kentang di masing-masing tangannya naik keatas bukit dan kemudian tiba-tiba lenyap dan menghilang. Sebuah pencarian besar-besaran berikutnya tidak berhasil menemukan wanita yang hilang ini, dan warga kota mulai terguncang dan mulai berpikir bahwa insiden pelemparan batu ini dan hilangnya secara misterius Mrs. Doran mungkin ada kaitannya. Seperti tersiar kabar tentang hujan batu yang menyerang kediaman Bowden, kepanikan dalam kota Guyra mulai menyebar, dan rumor mulai berbisik bahwa pelakunya adalah hantu. Dan menjadi tidak biasa bagi warga kota untuk memulai tidur dengan senapan berada di dekatnya, yang hasilnya menyebabkan musibah ketika salah seorang anak muda dari 5 bersaudara yang memegang senjata dan tanpa sengaja menembak adiknya berusia 6 tahun di kepalanya.

Ketika pihak berwenang mulai memahami tragedi yang terjadi di Guyra, polisi tambahan kemudian dikirim, serta detektif dari Sydney datang untuk menyelidiki apa yang sedang terjadi. Selain itu, ada 80 relawan bersenjata dan polisi dan berpatroli, ada dua orang polisi ditugaskan untuk mengawasi Minnie setiap malam di kamarnya. Bahkan ketika kumpulan pria bersenjata berpatroli di sekitar rumah yang itu, lemparan batu terus terjadi setiap malamnya, dengan beberapa penjaga terluka oleh batu terbang itu, sebagian besar batu seukuran buah kenari atau lebih besar. Dua polisi yang mengawasi Minnie juga menggambarkan bagaimana kerasnya benturan yang menggedor dinding dan mengguncang seluruh rumah dan entah bagaimana batu-batu itu datang melalui jendela. Anehnya, benturan keras sepertinya datang dari dalam, sedangkan bagi mereka yang berada didalam menganggap benturan itu datang dari luar. Sepanjang serangan ini, tidak ada seorangpun tersangka yang tertangkap dan masih menjadi misteri darimana batu-batu dan suara benturan yang datang. Namun serangan hantu tetap berlanjut.

Ketika Hantu Menyebabkan Hujan Batu

Sementara itu, kasus aneh ini mulai beredar di media dan mengambil banyak perhatian internasional. Kejadian ini juga mulai menarik minat dari orang-orang yang berspekulasi bahwa fenomena itu tidak mungkin disebabkan oleh manusia, melainkan sebuah kekuatan supranatural. Seorang spiritualis dengan nama Ben Davey, dari kota terdekat dari Uralla datang dan menyelidiki. Davey telah mengetahui bahwa Minnie Bowden memiliki seorang adik bernama May yang meninggal tiga bulan sebelum, dan menghadirkan teori bahwa gangguan itu mungkin disebabkan oleh roh penasaran anak yang meninggal itu. Ketika ia tiba di kediaman Bowden, Davey mencoba untuk mendekati Minnie untuk melakukan kontak dengan arwah May, yang mengakibatkan banyak suara ketukan mendadak tak terjelaskan di dinding. Menurut Minnie, dia berhasil mendengar suara May, sementara tidak ada orang lain yang bisa mendengarnya, ia bilang bahwa arwah May berkata:

"Katakan pada ibu, bahwa saya berada di surga, dan saya cukup bahagia. Katakan padanya bahwa karena doanya yang membuat saya berada di sini, dan saya akan menjaganya selama sisa hidup saya ". 

Davey kemudian menjelaskan tentang apa yang terjadi kepada The Sunday Times demikian.:

"Saya berkata kepada gadis itu, "Jika ketukan itu datang lagi, tanyakan apakah itu adikmu May. '

Dia menjawab, "Aku tidak bisa berbicara dengan adikku. Dia sudah mati 'Aku membujuknya, dan mengatakan,' Bicaralah, Sayang. Mungkin adikmu tidak dapat berbicara, tetapi dia mungkin akan mengetuk lagi. '

Aku hampir tidak berbicara kata-kata sebelum ketukan itu datang lagi. Saya memberitahu anda bahwa bulu kuduk saya terus berdiri. Tapi aku terus membujuk gadis itu, dan sekitar lima menit kemudian ketukan ketiga datang. Kemudian gadis kecil itu melintas dan memberkati dirinya sendiri, menaruh tangannya dalam doa, dan berkata, "Jika itu engkau, May, bicaralah kepada saya. "Dia diam sejenak dan kemudian mulai menangis.

Aku bertanya, 'Apakah May berbicara?'
Dia berkata, "Ya, May berbicara. '
Saya bilang. 'Apa yang dia katakan ?'
Dia berkata, "Aku tidak bisa memberitahu anda. Pesannya cuma untuk ibu. '

Dia kemudian pergi dan meletakkan kepalanya di pangkuan ibunya, menangis. Ibunya mengatakan, "Yah, dia memberitahu apa yang dia katakan '

Gadis kecil mendongak dan mengatakan pesan yang dia terima adalah: 'Katakan pada ibu, bahwa saya sangat senang dimana saya saat ini, dan doa-doa ibu ketika saya sakit telah membawa saya kesini, dan membuat saya bahagia. Beritahukan padanya bahwa ibu tidak perlu khawatir, saya akan melihat dan menjaga kalian semua. "

Setelah kejadian itu, rumah itu mengalami jeda singkat dari aktivitas hantu, tapi serangan itu kembali datang beberapa hari kemudian, ketika Bowdens kembali dari ladang mereka di siang hari bolong dan menemukan jendela dan seng yang telah dipaku di atas telah rusak, jendela telah dicungkil dan ditinggalkan dalam tumpukan bengkok di beranda rumah. Malam itu, lemparan batu berlanjut dengan menargetkan dua orang polisi yang berjaga di lokasi. Dan menjadi jelas bahwa apa pun yang menyebabkan serangan misterius itu tidak hilang dengan sendirinya, dan penyidik ​​paranormal lainnya tiba pada 18 April, kali ini seorang teman dekat yang terkenal dari Robert Louis Stevenson & Arthur Conan Doyle dengan nama Harry Jay Moor, bersama dengan lima asistennya. Tim tersebut pergi dan memeriksa atap rumah dan berusaha mencari jawaban tentang suara yang tak bisa dijelaskan itu, serta beberapa jebakan dipasang di sekitar daerah sekitarnya untuk menangkap penyusup, namun fenomena aneh terus terjadi sepanjang waktu tanpa indikasi apapun yang menyebabkan semua. Pada saat itu, tim bahkan tidak dapat mengetahui apakah batu-batu itu dilemparkan dari dalam atau dari luar rumah, sepertinya tanpa kejelasan darimana kekacauan itu datang. Setelah tiga hari dengan hati-hati menyelidiki rumah, Moor menjadi yakin bahwa pelakunya bukanlah arwah May, tapi roh jahat yang lebih berbahaya. Setelah meninggalkan Guyra pada tanggal 21 April, ia memberitahukan penduduk setempat untuk berjaga dan memberitahukan padanya untuk setiap perkembangan baru. Dan dia tidak perlu menunggu lama, karena pada tanggal 22 April ia menerima telegram dari seorang pengusaha lokal dengan nama Alex Hay, Balai Bros Ltd sebagai berikut:

"Tidak ada yang terjadi pada Rabu malam, namun beberapa ketukan keras terdengar tadi malam. Penulis telegram ini adalah satu-satunya orang luar yang hadir di luar detektif dan polisi juga keluarga. Semua anggota rumah tangga diawasi ketat oleh detektif sementara ketukan itu terjadi; cahaya bulan terlihat terang di luar, di mana beberapa polisi yang ditempatkan pada titik-titik pandang. Tidak ada orang yang terlihat di dekat rumah, tidak seharusnya ada batu yang ditemukan di dekat dinding. Detektif membuat pernyataan publik bahwa ia sangat puas bahwa tidak ada anggota keluarga yang bertanggung jawab. Misteri semakin runyam. Opini publik Guyra sekarang sangat percaya pada teori anda".

Polisi berada di bawah tekanan yang luar biasa untuk semua hal misteri ini. Untuk tujuan ini mereka kemudian mewawancarai sejumlah penduduk setempat, termasuk Minnie Bowden. Pada tanggal 25 April, setelah interogasi panjang oleh polisi, Minnie akhirnya mengaku memiliki batu dan sesekali melemparkannya di rumah dan mengetuk dinding beberapa kali untuk menakut-nakuti adiknya, tetapi membantah untuk bertanggung jawab penuh atas semua kejadian aneh lainnya. Namun demikian, polisi merasa telah menemukan terobosan baru dalam kasus ini, dan media lokal secara luas menyatakan bahwa kasus ini telah diselesaikan, meskipun secara fakta bahwa sangat tidak mungkin jika seorang anak kecil bisa menciptakan hujan badai batu yang kuat sementara dia duduk di bawah pengawasan, juga tidak bisa dijelaskan tentang bagaimana ia menghancurkan pondasi dengan benturan. Dengan semua indikasi itu, jelas ia hanya mengatakan kepada polisi apa yang ingin mereka dengar, dan warga kota tidak percaya dengan kata-kata yang disebut "pengakuan," itu, namun otoritas bafflingly menganggap kasus ini ditutup meskipun fakta yang ada bahwa fenomena aneh terus terjadi. Batu-batu misterius itu terus dilemparkan dan tidak akan mereda sampai orang tua Minnie merasa takut untuk keselamatan dirinya dan tanpa bantuan lebih lanjut dari penegak hukum, orang tua Minnie lantas mengirim gadis itu untuk tinggal bersama neneknya sejauh 60km di kota Glen Innes.

Ketika Hantu Menyebabkan Hujan Batu
Rumah Bowden saat ini
Dengan tidak adanya Minnie, kota Guyra kembali ke kehidupan normal dan tidak ada insiden baru pelemparan batu, tapi untuk kota Glen Innes itu lain ceritanya. Apa pun kekuatan gelap yang mengancam gadis muda itu sepertinya telah mengikutinya ke sana. Pada malam kedatangan Minnie, saat mereka semua sedang makan malam, batu bisa didengar memantul dari luar rumah. Polisi lokal dipanggil ke kediaman untuk menyelidiki, dan saat mereka berjalan di sekeliling rumah untuk mencari pelaku batu terbang, salah satu batu menyerang jendela dan menghancurkan panel tirai, setelah ditemukan ternyata jenis identik dengan batu-batu yang ada di jalan setapak di depan rumah, belum ada yang bertanggung jawab untuk hal itu. Polisi terus berjaga di depan rumah, ada empat atau lima suara menyentak tiba-tiba terdengar seperti sesuatu yang terbentur dengan berat melawan besi, tetapi ia tidak bisa memastikan seberapa jauh suara itu atau memang bahkan apakah suara itu berasal dari dalam atau luar rumah. Suara batu lebih bisa didengar sepanjang malam, serta suara ketukan semakin kuat didalam rumah, beberapa di antaranya membuat ornamen dan bingkai yang terpajang didinding menjadi jatuh.

Untuk bulan berikutnya serangan dari batu dan suara anomali ketukan terus terjadi dan Minnie terus-menerus diperingatkan untuk berhenti melakukan itu atau dia akan diminta untuk meninggalkan kota, dan jelas gadis itu menjawab dengan penolakan atas keterlibatannya dalam semua itu. Akhirnya keluarganya memutuskan untuk pindah menjauh dari kota Glen Innes, serta kembali ke pedalaman pedesaan Guyra, di mana ia berharap fenomena itu setidaknya bisa dijauhkan dari orang lain. Hal ini tidak jelas persis mengapa, tetapi Minnie kembali ke kota kelahirannya dan mengisyaratkan perubahan dalam aktivitas hantu. Insiden mulai menurun dalam frekuensinya dan intensitasnya sampai mereka tiba-tiba lenyap begitu saja. Apapun misteri aneh yang telah melayang disekitar Minnie Bowden tampaknya telah puas, dan mereka sepertinya tidak akan muncul lagi.

Anehnya, menjelang akhir tahun 1921 serangkaian insiden serupa dilaporkan terjadi disekitar pantai timur Australia, termasuk kota besar Brisbane. Dalam setiap kasus, rumah-rumah akan dilempari batu selama beberapa malam sebelum siapa atau apa yang bertanggung jawab dan kemudian pindah ke target berikutnya. Salah satu kasus terkenal di antara semua ini adalah sebuah laporan aneh yang terjadi didaerah perumahan di pinggiran kota Wooloongabba, di Trafalgar Street. Dalam hal ini, beberapa rumah di dekat satu sama lain mengalami hujan batu selama beberapa malam, yang memicu penyelidikan polisi. Empat petugas polisi ditugaskan untuk patroli lingkungan setiap malam dari jam 06:00 sampai tengah malam, tapi tidak dapat menangkap seorangpun pelakunya. Suatu malam, pada tanggal 25 November, 1921, mereka akhirnya berhasil menangkap seseorang dalam kasus lemparan batu di sebuah rumah, seorang pria lokal dengan nama Frederick Joseph Cook. Cook mengaku melemparkan batu, tetapi membantah terlibat dalam insiden lain, dan bahkan ia menjadi salah satu relawan lokal yang telah berjaga-jaga dari lemparan batu penyusup di hari pertama serangan itu terjadi. Dia akhirnya didenda karena telah merusak jendela dan dibebaskan dengan peringatan, dan tidak diketahui secara pasti apakah Cook bermain dalam fenomena yang lebih besar yang telah mencengkeram wilayah tersebut.

Meskipun kasus "Guyra Ghost" adalah salah satu yang paling terkenal dan banyak didokumentasikan dari dugaan aktivitas poltergeist, dan telah menjadi fokus dari sejumlah investigasi paranormal. Hal ini dianggap penting karena ada begitu banyak orang menyaksikan peristiwa itu, termasuk banyak aparat dan penegak hukum yang bingung, dan fenomena terjadi di depan banyak orang yang dipersenjatai sebagai saksi. Jika ini adalah semua karya orang iseng, maka rasanya sangat muyskil tentang bagaimana mereka dapat menyebabkan semua fenomena ini, dimana kejadian tersebut berada di bawah puluhan pengawasan orang bersenjata dan polisi. Penyidik ​​Paul Cropper, salah satu penulis dari buku Poltergeist Australia, mengatakan kasus ini:

"Ini kasus yang menarik, dan berisi hampir semua karakteristik jenis-jenis kasus poltergeist di seluruh dunia. Perasaan saya sendiri adalah bahwa hantu Guyra adalah hal yang nyata, dan bahwa Minnie muda itu kurang menyadari dan fokus - dan mungkin juga sumbernya - dari beberapa peristiwa lainnya yang benar-benar aneh".

Jadi apakah ini kasus aktivitas poltergeist asli? Kasus ini memang tampaknya memiliki fitur yang jelas dari kasus poltergeist lainnya. Misalnya, banyak laporan aktivitas poltergeist tampaknya terjadi di sekitar orang yang telah mengalami banyak stres emosional atau trauma. Dalam kasus Minnie Bowden, adiknya telah meninggal tidak lama sebelum peristiwa dimulai, dan rumah tempat mereka tinggal menjadi ramai. Fitur lain yang umum dari kasus poltergeist adalah ketidakmampuan untuk menentukan persis di mana suara anomali berasal, seperti halnya dengan kasus Bowden. Dimana fakta bahwa Minnie dianggap agak "lain", gadis aneh yang enggan untuk memulai berbicara, tidak pernah tersenyum dan sering digambarkan sebagai gadis yang cemberut dan introspektif. Dia juga diyakini memiliki beberapa kapasitas untuk melakukan "clairvoyance" bahkan sebelum kasus lemparan batu terjadi, dimana ia mempunyai kemampuan mengerikan untuk mengantisipasi pertanyaan sebelum harus menjawabnya. Berbagai fitur entah bagaimana membawa serangkaian fenomena aneh yang membuat keluarganya berada dalam cengkeraman rasa takut selama hampir empat bulan? Tony Healy, Cropper sesama penyidik ​​dan co-penulis buku mengatakan teorinya tentang masalah ini:

"Seorang anak remaja sering berada di bagian pusat dari aksi (poltergeist) dan biasanya terjadi pada seorang gadis. Dalam kasus modern di mana kita melihat masyarakat sering menempatkan anak-anak mereka dengan banyak tekanan dan entah bagaimana mereka bisa memicu fenomena tersebut. Ada beberapa roh jahat tanpa tubuh yang dapat membawa aktivitas fisik dengan cara menyalurkan dan menggunakan kecemasan anak sebagai medianya, dan dalam kasus ini Minnie adalah targetnya".

Menariknya, ada beberapa laporan dimana Minnie Bowden diduga memiliki kemampuan telekinesis juga. Seorang penduduk lokal bernama Diana Brady menyatakan bahwa Minnie memiliki kemampuan untuk memainkan piano atau memindahkan furnitur atau bahkan mengangkat benda tanpa menyentuhnya, tapi dia merahasiakan bakat misterius ini bahkan dari keluarganya sendiri. Ini adalah detail yang menarik, tetapi tidak jelas apakah Minnie telah memiliki kekuatan telekinesis ini setelah peristiwa poltergeist, atau memang bawaan sejak lahir? Namun demikian, jika dia memang memiliki kemampuan telekinetis, maka hal ini bisa menjelaskan dimana saat stresnya meningkat dan tumpah tak terkendali menyebabkan hujan batu dan kekuatannya bergemuruh terdengar di seluruh bagian rumah, yakni tanpa kesadaran dia telah melakukan semua itu. Pada akhirnya, tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi di sini, dan kita mungkin tidak akan pernah tahu. Minnie Bowden akhirnya pindah ke Armidale di New South Wales, pergi untuk kemudian menikah dan hidup sampai usia lanjut tanpa peristiwa lebih lanjut dari aktivitas hantu sampai tahun 1989, dimana ia tertabrak dan tewas oleh mobil di Grafton Road, di luar Armidale. Apapun misteri pada Minnie Bowden mungkin kisah ini akan meghilang hilang ke waktu, pengetahuan rahasia yang dia punya dari indisen Guyra Ghost telah ikut bersama kematiannya, dan kita dibiarkan dengan kasus membingungkan yang tentu sangat aneh dan menimbulkan lebih banyak pertanyaan.

Saat ini, bekas kediaman Bowden masih berdiri, meskipun tidak ada laporan lebih lanjut dari batuan terbang yang menabrak dindingnya seperti yang pernah dilaporkan dari sana. Apa yang ada di balik kasus Guyra Ghost? Apakah ini semua semacam tipuan yang rumit atau tipuan yang berhasil mengelabui pasukan polisi dan banyak saksi, apalagi hal ini telah melibatkan seluruh warga kota saat itu. Apakah itu adalah amukan murka telekinetik dari seorang gadis muda yang stres yang telah mendorong kekuatan itu terlalu jauh? Atau ini serangan dari kekuatan gaib dimana kita tidak berdaya untuk membela diri? Meskipun semua pertanyaan yang belum terjawab masih mengorbit hal ini, namun kasus itu tetap menjadi salah satu kasus yang paling terkenal di Australia, dan memang kasus paling kuat dari dugaan aktivitas hantu, dan terus membingungkan bahkan hingga hari ini. Pada kasus Guyra, kita melihat bahwa penjelasan secara rasional seringkali sulit untuk ditemukan, dan jika memang hantu yang berada di balik fenomena seperti ini, maka tidak selamanya hantu bisa dikatakan tidak berbahaya yang bersembunyi dalam bayangan, tapi bisa jadi hantu menjadi lebih tangguh yang memiliki kekuatan dan berbahaya juga untuk menimbulkan kerugian fisik kepada manusia. Wallahualam, semoga anda berfikir dan Wassalamualaikum.

Istilah Poltergeist mengacu pada kemampuan Jin atau Roh jahat dalam menggerakkan benda-benda.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.