Uniknya Kadal Berekor Tiga

Uniknya Kadal Berekor Tiga

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Salah satu prestasi yang paling menakjubkan dari alam adalah kemampuan beberapa spesies untuk menumbuhkan anggota badan yang telah hilang dalam kecelakaan, pertarungan atau penyebab lainnya. Nah seekor kadal yang ditemukan baru-baru ini di Kosovo sangat menakjubkan karena ekornya yang tumbuh kembali tidak hanya satu, bukan juga dua, tapi tiga ekor sekaligus bro! Dimana ekor-ekor itu tumbuh untuk menggantikan ekor yang lepas sebelumnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Kadal Tenggorok Biru (Algyroides Dalmatian atau Algyroides Nigropunctatus) ditemukan pada bulan Juni 2015 di Metohija, Kosovo, oleh Daniel Jablonski, seorang ahli biologi di Universitas Comenius di Slovakia. Kadal ini memiliki tiga ekor sekaligus masing-masing berukuran 30, 15 dan 10 mm (1,2, 0,6 dan 0,4 inci) panjangnya.

Uniknya Kadal Berekor Tiga

Ini merupakan kadal ekor tiga pertama yang pernah ia saksikan (dia sendiri telah melihat beberapanya yang berekor dua) dan Jablonski percaya bahwa tiga ekor adalah hasil dari cedera setelah serangan atau kecelakaan yang tidak hanya merusak ekornya tetapi juga menghancurkan sumsum tulang belakang kadal. Sumsum tulang belakang yang rusak menghasilkan regenerasi tiga ujung yang masing-masing menjadi tiga ekor terpisah. Demikian menurut laporan di Ecologica Montenegrina, warga Kosovo sendiri dapat menyaksikan secara langsung kadal ini sendiri karena hewan ini telah dikembalikan ke alam liar.

Kemampuan regenerasi tubuh pada hewan juga ditemukan pada spesies cacing, amfibi, reptil dan juga pada jenis mamalia yang dikenal sebagai Tikus Spiny Afrika. Namun dua ekor untuk menggantikan satu ekor yang hilang adalah hal tidak biasa.

Uniknya Kadal Berekor Tiga
Ikan mas ekor ganda
Ada juga contoh spesies lain yang memang terlahir dengan dua ekor. Pembiakan selektif telah menyebabkan perkembangan ikan dengan dua ekor seperti pada jenis ikan mas Fantail dan ikan Betta ekor ganda. Ada juga kejadian dimana seekor kucing yang memiliki ekor ganda ditemukan pada tahun 1936 di Wallingford, Pennsylvania. Dalam dunia kucing, mutasi ekor ganda adalah hal yang sangat langka yang biasa disebut polycaudal yang (poly = banyak, ekor = ekor), kucing yang mengalami mutasi ini juga telah dilaporkan ditemukan di Jepang, Amerika Utara dan Inggris.

Uniknya Kadal Berekor Tiga
Kucing berekor dua
Lain halnya dalam mitologi, kita menemukan Kitsune, seekor rubah yang digambarkan dengan sembilan ekor, dan Iblis Jersey, makhluk yang terbuat dari bagian dari beberapa hewan yang juga memiliki ekor bercabang.

Uniknya Kadal Berekor Tiga
Makhluk mitos Kitsune, Rubah dengan sembilan ekor
Nah emosi muda, unik ya kan? kemampuan regenerasi (menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang) memang dimiliki sebagian species hewan, tetapi sayangnya kemampuan ini tidak dimiliki oleh manusia, coba bayangkan jika para ilmuwan mampu mewujudkan hal ini, tentunya tidak akan ada lagi orang cacat karena kehilangan anggota bada didunia ini. Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang peneliti yang sedang melakukan riset pada ikan salamander yang mampu meregenerasi tangan dan kakinya. Para ilmuwan percaya jika kemampuan ikan ini bisa digunakan untuk manusia meregenerasi tubuhnya sendiri. Ya demi kemanusiaan dan medis kenapa tidak? Semoga saja, sekian dan terimakasih telah membaca. Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.