Misteri Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Misteri Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Telah lama ada tentang laporan kematian aneh dimana tiba-tiba api menyala dari tubuh manusia. Dikenal dengan istilah "Spontaneous Human Combustion" (SHC) atau terbakarnya tubuh manusia secara spontan, insiden ini umumnya sering melibatkan individu-individu yang berada di rumah sendirian pada saat api menyala dan membakar tubuh mereka, kemudian jenazah ditemukan dimana sebagian tubuhnya telah terbakar, sementara benda terdekatnya malah tidak terbakar sedikitpun.

Sangat aneh, mayoritas laporan yang ada tentang dugaan fenomena ini selalu terjadi di dalam ruangan, bisa jadi menunjukkan penyebabnya adalah lingkungan, seperti kabel yang rusak, api yang menyambar dari pengapian dapur, atau sebab-sebab lain yang sejenis. Ada juga beberapa kasus peristiwa terbakarnya tubuh secara spontan yang terjadi di luar ruangan, meskipun hanya ada satu insiden tersebut yang terjadi, menyajikan kita dengan teori kemungkinan koneksi dengan fenomena alam lainnya, yaitu bola petir!

Kasus tersebut terjadi di Hungaria pada bulan Mei 1989, disepanjang jalan dekat desa Kerecsend, di luar Budapest. Laporan tersebut disampaikan oleh G.T. Meaden, editor Inggris pada Journal Meteorologi, yang menggambarkan kisahnya sebagai berikut:

"Korban adalah seorang insinyur berusia 27 tahun, diduga didalam yang tubuhnya itu ada bola petir yang terbentuk. Pria itu menghentikan mobilnya dan berjalan ke pinggir lapangan, berada sekitar 10 meter jauhnya untuk buang air kecil. Tentu saja istrinya yang tetap tinggal di mobil melihat bahwa korban saat itu dikelilingi oleh cahaya biru. Ia membuka tangannya lebar-lebar dan terjatuh ke tanah. Istrinya berlari kearahnya, dan menyadari bahwa salah satu sepatu tenisnya telah robek. Meskipun tampak putus asa tetapi ia mencoba untuk membantunya Segera setelah dia mampu menghentikan bus yang lewat. Kebetulan, bus itu penuh dengan dokter yang barusan kembali dari pertemuan, dengan berat hati dokter-dokter itu mengatakan bahwa pria itu sudah meninggal".

Otopsi dilakukan tak lama kemudian dan mencatat sejumlah kondisi aneh, mulai dari kerusakan paru-paru hingga karbonisasi lengkap isi perut. "Ini merupakan indikasi pembakaran internal," Meaden mencatat, "seperti cahaya biru itu adalah bukti listrik atmosfer, sementara tumit dan sepatu yang rusak adalah indikasi dari pembumian listrik."

Misteri Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Bola petir
Seperti yang diceritakankan diatas, salah satu teori tentang kasus ini melibatkan teori yang ada bahwa bola petir mungkin telah memicu peristiwa yang menyebabkan kematian orang Hungaria itu. Kisah lain lagi berasal dari arsip Journal Meteorologi Inggris, kejadian yang muncul lima tahun lebih awal sebelum kejadian diatas, tepatnya pada tahun 1984 diceritakan dimana sebuah serangan aneh pada sebuah kelompok perkemahan milik warga Rusia yang juga melibatkan bola petir kuning bersinar:

"Aku terbangun dengan perasaan aneh, dimana sesuatu yang asing sedang membuat jalannya ke tenda kami. Aku mengeluarkan kepalaku dari kantong tidur, dan aku terpana. Sebuah gumpalan kuning terang mengambang sekitar 1 meter dari lantai. Menghilang dan masuk ke dalam kantong tidur miliki Korovin. Dia menjerit kesakitan. Bola itu kemudian melompat keluar dan melanjutkan berputar ke arah kantong yang lain. Ketika benda itu mulai membakar di kantong tidurku, aku merasakan sakit yang tak tertahankan, seolah-olah aku sedang dibakar oleh mesin las, dan pingsan. Sadar kembali setelah beberapa saat, aku melihat bola kuning yang sama, aku mengamati pola bergeraknya, benda itu terus masuk ke dalam kantong, membangkitkan rasa putus asa, jantung berdetak kencang dan teriakan kesakitan dari korban lainnya. Horor yang tak terlukiskan ini terjadi berulang beberapa kali. Ketika aku sudah bisa merasakan kembali tubuhku yang mengigil ketakutan, bola itu sudah pergi. Lenganku tidak bisa bergerak dan kakiku, serta bagian tubuhku yang terbakar seolah-olah telah berubah menjadi bola api itu sendiri. Di rumah sakit, dimana kami diterbangkan dengan helikopter, ada tujuh luka yang ditemukan di tubuhku. Dan lebih buruk dari luka bakar. Potongan otot ditemukan robek dari tulang. Hal yang sama terjadi pada Shigin, Kaprov, dan Bashkirov. Oleg Korovin telah dibunuh oleh bola api itu mungkin karena kantong tidurnya berada dikasur karet yang terisolasi dari tanah. Bola petir tidak akan menyentuh benda logam tunggal, tetapi hanya untuk melukai orang".

Sangat menarik untuk dicatat dalam deskripsi di atas bahwa narator sadar akan kehadiran bola petir karena terbangun dan berpikir "orang asing telah membuat jalannya ke tenda kami." Sebuah kesamaan lebih lanjut dalam kaitannya dengan cerita seorang peneliti Mike Clelland di mana bola cahaya aneh yang muncul didalam kemahnya yang membangkitkan rasa "ketakutan irasional." Apakah obyek yang Mike amati adalah bola petir yang sama seperti kejadian diatas? atau apakah timbulnya rasa takut tiba-tiba dan kecemasan bisa dikaitkan dengan fenomena tersebut, dimana rasa cemas yang berlebihan bisa memicu halusinasi dari apa yang ditakutkan. Tidak meyakinkan, tentu saja. Meskipun demikian, masih sangat menarik dalam catatan ini anatara kaitan kesamaannya.

Kembali ke insiden Hungaria, kematian aneh ini akhirnya menarik perhatian seorang peneliti dari Amerika Serikat, SL Wernokoff, yang membandingkannya dengan insiden di mana hewan ternak telah tewas dalam cara yang sama, dan mencatat perkiraan sumber listrik dalam insiden tersebut:

"Hal pertama yang datang ke pikiran saya adalah, apakah ini akibat dari kelebihan beban tegangan tinggi atau tegangan rendah dari kabel yang berada di dekatnya. Sejak kejadian ini terjadi di pinggir jalan, saluran listrik di dekatnya mungkin menjadi sebab. Jika kabel tersebut kelebihan beban atau terisolasi dengan buruk, maka sesuatu yang fatal dapat terjadi dari tanah pada jarak yang cukup dari kabel listrik. Hal ini terjadi sering di negara AS, di daerah pedesaan di mana utilitas kepentingan energi publik telah melebihi kapasitasnya. Debit yang dihasilkan dapat dengan mudah menyetrum ternak sejauh lebih dari seperempat mil dari kabel H/T yang bocor. Saya akan bertaruh bahwa lembaga utilitas Hungaria telah bersalah dengan praktek yang sama. Secara pribadi saya menduga bahwa pemuda malang ini mungkin dialiri listrik melalui urine-nya sendiri! "Cahaya biru" yang disaksikan oleh istri korban mungkin adalah bentuk dari petir dan cahaya Corona bumi yang terlihat disekitar korban dalam keadaan lembab, kondisi sebelum badai. Lubang di tumit sepatu tenisnya menunjukkan di mana saat itu energi membumi".

Wernokoff menjelaskan sebuah keadaan yang sangat aneh, meskipun hal tersebut bukannya tidak masuk akal. Hal ini mungkin juga dapat menyajikan solusi yang koheren terhadap salah satu sebab di antara banyak kasus tentang terbakarnya manusia secara spontan, dan dari situ mungkin kita juga belajar tentang kondisi yang mungkin bisa membantu kita untuk memahami kasus yang serupa di mana fenomena aneh dan menakutkan ini mungkin terjadi. Tapi jika kondisi atmosfer dapat menyebabkan seorang pria bisa diselimuti cahaya biru di tengah lapangan, yang membawa kepada kematian, apakah hal itu terjadi dalam pola yang sama, dan berakibat terbakarnya secara spontan?

Sebaliknya, teori lain tentang SHC mungkin dipicu oleh reaksi kimia langka yang terjadi di dalam tubuh, sebuah kemungkinan yang disebut "Wick Effect" atau efek sumbu sebagai penyebabnya, di mana pakaian korban turut terbakar, dan jaringan lemak didalam tubuh adalah seperti lilin yang mampu terbakar secara lambat dan lama tetapi tidak menyebabkan kerusakan didaerah sekitarnya. Dengan kata lain, apakah hal ini benar dan mungkin memberitahu kita bahwa ada berbagai kondisi yang mungkin menyebabkan peristiwa SHC terjadi. Okelah dalam kasus pria Hungaria, penyebabnya adalah jelas unsur eksternal, dimana lingkungan sebagai pemicunya. Meskipun tidak benar-benar "terbakar", mungkin juga hal ini tidak sepenuhnya berbeda dari SHC yang dimaksud.

Misteri Terbakarnya Tubuh Manusia Secara Spontan

Well emosi muda,. Kesimpulannya, mungkin kisah diatas adalah peringatan bagi kita untuk berhati-hati buang air kecil di pinggir jalan apalagi berada didekat saluran bertegangan tinggi, kita juga harus selalu memperhatikan kondisi atmosfer saat ini, dan menyadari setiap saat akan jarak yang aman dari saluran listrik tegangan tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat, dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Salah Minum Obat, Gadis Ini Terbakar Tiba-tiba

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.