Mengapa Harga Printer Lebih Murah Ketimbang Tintanya?

Mengapa Harga Printer Lebih Murah Ketimbang Tintanya?
Halo emosi muda,. Assalamualaikum. Well kali ini kita tidak berbicara tentang hal-hal aneh dan membuat pusing lainnya, tetapi postingan kali ini adalah sesuatu yang akan menjawab sebuah pertanyaan bodoh yang terlintas didalam otak saya. Kita berbicara tentang printer, itu lho mesin cetak yang sangat diperlukan oleh sesiapa saja yang memerlukannya? hadeuh, okay emosi muda, nah jika printer adalah sebuah mobil, akan banyak orang akan mampu membelinya walau harus membeli dengan cara kredit, tetapi anehnya tidak banyak orang yang mengaku memiliki cukup uang untuk membeli bahan bakarnya. Tinta printer mungkin menjadi salah satu cairan yang paling mahal yang anda beli, menurut Consumer Reports. Sebuah galon tinta hitam saja berbiaya sekitar $9.600, atau sebanding dengan jarak yang cukup untuk menempuh 60.000 mil jika bisa dijadikan bahan bakar mobil. Bahkan tinta printer termurah berharga sekitar $13 per ounce, lebih dari yang anda akan bayar untuk membeli sekarung beras.

Harga tinta printer inkjet atau printer laser untuk kantor rumahan tampaknya juga tidak proporsional untuk menjadi lebih murah. CNET telah mengkaji beberapa tinta inkjet dan printer laser umumnya berharga dikisaran $150 sampai $400. Jadi mengapa ada semacam perbedaan besar antara harga printer dan biaya tinta printer?

Jika anda memahami kutipan Thom Brown, seorang manajer pemasaran di perusahaan printer ternama HP, alasan tinta printer begitu mahal mirip dengan alasan perusahaan farmasi yang mengenakan harga begitu tinggi untuk obat-obatan. Anda membayar untuk penelitian dibelakang substansi, bukan isi dari substansi itu sendiri. Pada tahun 2010, HP telah menghabiskan lebih dari $ 1 miliar per tahun untuk melakukan penelitian tinta, kata Brown. Penelitian dilakukan untuk lebih mengarah ke hasil yang lebih akurat, menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Ini tampaknya akan menjelaskan kepada anda mengapa harga tinta sangat printer sangat mahal, lha wong biaya penelitian tintanya saja memakan harga trilyunan rupiah?

Selanjutnya, produsen cartridge printer dan tinta sendiri menahan diri dari kriteria yang ditetapkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC). ISO / IEC tentang standarisasi yang memungkinkan pengulas membandingkan printer terhadap satu sama lain pada tingkat kualitas. Nah biaya untuk memenuhi standar tersebut dimasukkan ke biaya tinta printer juga, sementara cartridge printer generik bergantung pada biaya yang lebih rendah, tetapi belum tentu memiliki kualitas baik, dan hal itu dilakukan sebagai sebagai poin marketing utama mereka. Dan produsennya akan mengingatkan bahwa kualitas cetakan tidak dijamin kecuali kartrid yang digunakan adalah asli dan bermerek dari produsen printer itu sendiri.

Apakah anda telah mengerti alasan dibalik mahalnya harga tinta printer setelah membaca kutipan diatas? tujuan fungsional umumnya masih sama, yakni menghemat tinta. Kembali meminjam analogi sebuah mobil lagi, nilai terbaik tidak selalu ada di mobil termurah, terutama jika mobil berjalan pada hanya pada kelas ultra-premium. Kunci untuk keterjangkauan jarak dalam laju perjalanan mobil adalah mil per galon, atau dalam kasus printer, ongkos per halaman yang dicetak.

Printer murah yang membuang tinta sepanjang waktu tentu akan sama saja merugikan ketimbang tinta bagus tetapi hemat dan berkualitas. Jadi jika anda berada di toko printer dan anda ingin menghemat uang dalam jangka panjang dalam urusan cetak mencetak, maka baiknya abaikan harga murah yang tertera pada stiker. Consumer Online Reports memiliki daftar yang sangat baik dari ulasan printer yang menjelaskan efisiensi tinta. Artikel ini merekomendasikan anda untuk memperhitungkan nilai keseluruhan printer sebelum mempertimbangkan biaya yang akan anda keluarkan. Poin lainnya adalah untuk mempertimbangkan harga tinta cartridge, serta kebutuhan pencetakan anda, seberapa sering anda mencetak dan berapa banyak halaman pada satu waktu?

Membeli tinta printer yang efisien mungkin membantu anda untuk meringankan rasa kesal dari hasil cetakan yang kurang berkualitas, tapi disisi lain setelah anda membaca tulisan ini setidaknya anda mulai faham kenapa harga tinta bisa begitu mahal bahkan terkadang bisa lebih mahal ketimbang harga printer itu sendiri. Poinnya apa? jelas, sebuah penelitian jauh lebih berharga ketimbang hasil yang diteliti, biasanya selalu begitu hehehehe. Jika anda membutuhkan driver printer untuk mesin printer anda, silahkan klik link diatas. Semoga bermanfaat, terimakasih dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Cara Membuat Kartu Kredit Gratis
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
30 Juni 2016 03.54 delete

wow info yang sangat bermanfaat, baru saya tahu mengapa tinta printer lebih mahal ketimbang printer itu sendiri, terimakasih telah berbagi :D

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.