Kilimanjaro: Gunung Tertinggi Di Afrika

Kilimanjaro: Gunung Tertinggi Di Afrika

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Kilimanjaro adalah nama dari sebuah gunung tertinggi di Afrika dimana gunung ini memiliki ketinggian 19.341 kaki (5.895 meter) dari permukaan air laut. Gunung ini sendiri merupakan sebuah stratovolcano raksasa yang terbentuk sekitar satu juta tahun yang lalu dan terdiri dari banyak lapisan mengeras dari abu vulkanik, lava, batu apung dan tephra, dimana semua bahan fragmen itu sendiri adalah hasil dari dampak dari letusan gunung berapi itu sendiri.

Sejumlah teori yang ada tentang arti dan asal nama Kilimanjaro. Satu teori yang ada mengatakan bahwa nama Kilimanjaro adalah campuran dari bahasa Swahili dimana kata Kilima, yang berarti "gunung," dan bahasa KiChagga "Njaro", yang diterjemahkan sebagai "putih." Lainnya adalah bahwa Kilimanjaro adalah pengucapan pronoun Eropa dari frase logat KiChagga berarti "kami gagal mendakinya."

Sebagai salah satu dari tujuh puncak tertinggi didunia, Kilimanjaro tepatnya berada di negara Tanzania di wilayah Afrika timur. Kilimanjaro memiliki luas sekitar 292 mil persegi (756 kilometer persegi) dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kilimanjaro. Kilimanjaro sendiri memiliki tinggi dari dasarnya sekitar 16.732 kaki (5.100 meter) dari dataran didekat kota Tanzania Moshi, menjadikannya sebagai gunung tertinggi di dunia.

Kilimanjaro: Gunung tertinggi di Afrika
Ada tiga puncak gunung berapi yang membentuk Kilimanjaro: Kibo adalah puncak umum; Mawenzi di 16.893 kaki (5.149 meter); dan Shira di 13.000 kaki (3.962 meter). Lokasi Uhuru Peak merupakan bagian tertinggi di Kibo, dan juga memiliki lingkaran kawah. Dinamakan Uhuru dalam bahasa Swahili yang bermakna "Kebebasan," dinamakan pada tahun 1961 ketika Tanganyika merdeka. Tanganyika sendiri kemudian bergabung dengan pulau Zanzibar untuk membentuk negara Tanzania.

Sementara dua formasi vulkanik lainnya sudah tidak aktiv yang mana berarti bahwa dua puncak gunung ini sangat tidak mungkin untuk bisa meletus lagi. Hanya Kibo (puncak tertinggi) yang aktif, sehingga ada kemungkinan untuk bisa meletus. Perkiraan letusan besar terakhir gunung ini sekitar 360.000 tahun yang lalu, tetapi aktivitas vulkanik tercatat hanya terjadi pada 200 tahun yang lalu.

Kibo adalah puncak aktif, gas yang dipancarkan dari kawah, menyebabkan beberapa bagian runtuh dan tanah longsor, dan yang paling luas telah menciptakan area yang dikenal sebagai Western Breach. Sementara istilah Kilimanjaro memiliki asal-usul nama yang bermakna "putih," hal ini mungkin ditabalkan pada salju yang berada dibagian puncak. Meskipun masih tertutup es dan gletser di tingkat yang lebih tinggi, pemanasan global dengan cepat mengubah iklim, dan ilmuwan memperkirakan salju terkenal dari Kilimanjaro ini mungkin akan menghilang antara tahun 2022 dan tahun 2033.

Pendakian Gunung Kilimanjaro
Sekitar 30.000 orang mendaki Kilimanjaro setiap tahunnya, dan sekitar tiga-perempat dari mereka berhasil mencapai puncak. Pendakian digunung ini relatif aman, dan sebagian besar pendaki yang gagal dikarenakan oleh masalah stamina tubuh pada ketinggian puncak atau cuaca yang keras yang berada didekat puncaknya. Suhu di puncak gunung ini sendiri bisa mencapai 0 derajat F (minus 18 C), dan jika angin bertiup, maka suhu dinginnya akan mencapai tahap berbahaya.

Pendakian dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun, namun awal musim gugur adalah waktu yang populer untuk mendaki gunung ini. Kilimanjaro memiliki lima rute pendakian ke puncak. Marangu Route; Machame Route; Rongai Route; Lemosho Route; dan Mweka Route. Dan yang paling populer adalah Machame dan Lemosho rute, karena rute ini adalah rute yang paling indah, sedangkan rute Marangu adalah jalur pendakian yang paling mudah.

Kilimanjaro: Gunung Tertinggi Di Afrika

Pada tahun 1861, Seorang perwira Jerman Baron Carl Claus von der Decken dan seorang ahli geologi Inggris Richard Thornton membuat upaya pertama untuk mendaki puncak Kibo, tapi mereka terpaksa harus kembali setelah mencapai ketinggian 8200 kaki (2.500 meter).

Von der Decken mencoba untuk kedua kalinya pada tahun berikutnya bersama Otto Kersten, dan hanya sampai sejauh 14.000 kaki (4.280 meter). Pada tahun 1887, selama upaya pertama untuk mendaki Kilimanjaro, seorang profesor geologi Jerman Hans Meyer berhasil mencapai kaki puncak Kibo, tetapi karena tidak dilengkapi peralatan untuk menangani ekxstrimnya salju dan es maka akhirnya ia pun mundur.

Pada 5 Oktober 1889, Meyer dan seorang Marangu pramuka Yoanas Kinyala Lauwo serta seorang warga Austria Ludwig Purtscheller adalah tim pertama yang berhasil mencapai puncak. Merekalah yang pertama kali mengkonfirmasi bahwa puncak Kibo memiliki kawah, yang dipenuhi es pada saat itu.

Ekosistem Kilimanjaro
Kilimanjaro memiliki berbagai ekosistem, termasuk hutan tropis, sabana, gurun, hutan pegunungan, tanaman subalpine, dan zona alpine. Kilimanjaro juga memiliki berbagai macam jenis hutan yang mengkoleksi sekitar 1.200 spesies tanaman vaskular. Hutan pegunungan Ocotea berada di lereng selatan yang basah. Hutan Cassipourea dan Juniperus tumbuh di lereng utara yang kering. Hutan Erica subalpine di ketinggian 13.451 kaki (4.100 meter) mewakili hutan elevasi awan tertinggi di Afrika.

Kilimanjaro: Gunung Tertinggi Di Afrika

Hal lainnya dari hutan Kilimanjaro adalah kurangnya zona bambu, ini juga terjadi pada semua gunung tinggi lainnya di Afrika Timur dengan curah hujan yang sama tingginya. Karena tidak ada zona bambu yang ada maka pasokan makanan untuk hewan yang tinggal disitu.

Ada sejumlah spesies yang berkembang di daerah itu. Monyet biru, walau tidak benar-benar berwarna biru, tetapi abu-abu atau hitam dengan tenggorokan putih, berkumpul di zona hutan di wilayah Rongai Route. Babun zaitun, musang, macan tutul, musang dan ada begitu banyak babi semak yang memiliki ciri khas garis putih disepanjang punggung dari kepala hingga ekor.

Ada juga luak madu dan aardvarks, tapi pengunjung jarang bisa melihat makhluk-makhluk nokturnal. Lainnya adalah Bushbabies yang juga merupakan makhluk nocturnal, lebih mudah terdengar namun lebih sulit untuk terlihat. Ada juga genet kecil berbintik dengan ekor hitam putih khasnya, dan hydraxes yang mirip dengan tupai.

Nah bagaimana emosi muda? setelah anda membaca artikel diatas apakah anda tertarik dengan petualangan khas Kilimanjaro? Saya pribadi selalu suka dengan afrika dan alamnya, dan jika anda tertarik untuk pergi dan bersenang-senang dengan tantangan alam, maka sepertinya saya menemukan teman yang tepat. Mari menggapai puncak Kilimanjaro dan temukan rahasia kebesaran Sang Pencipta. Sekian dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.