Jalan Gelap Google Adsense

Jalan Gelap Google Adsense
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Monetisasi blog belakangan sedang menjadi trend yang menjadi alternatif pekerjaan yang cukup menjanjikan. Potensi ini pula yang membuat orang banyak tergiur terjun kedalam bisnis internet marketing dan menjadikan blog atau web sebagai medianya. Dan yang paling umum ditemukan dalam monetisasi blog adalah program periklanan PPC seperti Google Adsense, disamping menjadi makelar online dalam bisnis affiliasi Amazon atau e-bay.

Nah karena banyak isu santer bertaburan dimana banyak orang yang konon sukses di Google Adsense, yang katanya berpenghasilan puluhan bahkan milyaran rupiah, membuat banyak orang-orang berlomba-lomba menempuh jalan yang sama. Ratusan bahkan ribuan blog baru bermunculan setiap harinya, dan diimbangi juga dan jatuhnya blog-blog dari pengelola yang kurang sabar terhadap beratnya ujian dalam bisnis ini.

Dan banyak blogger pemula tersebut sangat berapi-api saat awalnya, namun disaat mereka menghadapi kenyataan tidaklah tidaklah semudah membalik telapak kaki, maka tak jarang mereka down dan beralih kepada potensi yang lain, dan sebagian memilih jalur curang dengan harapan bisa mencuri kesempatan dan memanfaatkan suatu celah kelemahan yang sangat menguntungkan.

Sudah menjadi watak orang indonesia pada umumnya untuk berharap modal sekecil-kecilnya dan untung sebesar-besarnya (hasil injeksi pelajaran ekonomi kapitalis di sekolah). Maunya kerja sehari cukup sejam saja, tapi berharap hasilnya seperti kerja setahun. Bahkan jika perlu tidak usah bekerja sama sekali, cukup setiap pagi goyang-goyang kaki dan uangpun mengalir dengan sendirinya. Ya begitulah pemikiran non sense yang di idap bangsa yang menyedihkan ini. Oke langsung saja emosi muda, disini saya akan berbagi informasi tentang beberapa hal curang yang biasa dilakukan publisher Google Adsense untuk mendapatkan dollar yang melimpah dengan cara cepat.

WARNING..! TULISAN BERIKUT INI HANYALAH SEBAGAI PENGETAHUAN DAN PEMBELAJARAN SEMATA, SEGALA IDE CURANG DAN TINDAKAN YANG TERBIT DARI HASIL MEMBACA ARTIKEL INI DILUAR TANGGUNG JAWAB SAYA.

1. Meminta orang lain untuk meng-klik iklan. Ini adalah jalan curang paling umum yang sering dilakukan publisher adsense, yakni dengan meminta teman, kenalan, keluarga atau bahkan kepada orang lain untuk mengklik iklan, biasanya publisher pemula akan melakukannya secara serampangan, dibandingkan dengan mereka yang faham jalur suatu klik yang sah. Cara yang sama ini pula yang sebenarnya yang dilakukan dalam layanan traffic exchange atau jual beli visitor. Saat ini algoritma google sudah mampu mengenali pola visitor normal dengan yang "jadi-jadian", berkat algoritma ini pula banyak publisher adsense yang memakai cara ini akhirnya di banned!

2. Iklan Melayang. Trik curang ini menempati posisi kedua, dimana publisher meletakkan iklan di posisi yang menganggu tulisan atau content, hal ini ditujukan sebagai aksi "sedikit memaksa" agar mendapat banyak klik tidak disengaja dari visitor yang lengah karena merasa terganggu oleh iklan. Tehnik ini memiliki dua jalur;
  • Jalur newbie: Biasanya newbie yang memakai tehnik ini melakukannya dengan memasang script khusus didalam template, iklan sengaja diletakkan diposisi yang sangat menganggu visitor.
  • Jalur expert: Mereka sudah ahli dalam hal ini, bahkan bot google pun nyaris tidak mendeteksi pola kecurangan jenis ini. Biasanya menggunakan plugin/module khusus yang menayangkan iklan melayang yang memaksa visitor untuk meng-kliknya, sementara bot google sendiri saat melakukan crawling tidak mengenali pola ini, bahkan bot menganggap iklan berada pada sidebar atau header. Ini jelas menggunakan tool khusus untuk menipu robot crawling adsense.
3. Auto refresh. Tujuan dibuat auto refresh ini adalah untuk meninggikan jumlah impresi (jumlah tayang iklan), dimana harga CPC (per-klik) juga dipengaruhi oleh tingkat impresi. Jelas sekali. dengan tingginya impresi suatu blog, otomatis menaikkan nilai CPC juga. Tapi biasanya trik ini tidak bertahan lama, Adsense akan menghukum blog-blog seperti ini dengan "smart pricing", dalam kasus yang paling fatal adalah banned.

4. Bot clicker. Ini adalah tehnik curang dengan memanfaatkan virus yang bisa dikontrol oleh si pembuatnya (trojan), pelakunya biasa membagikan file yang banyak didownload oleh orang lain, dimana file tersebut sudah disisipi virus trojan. Begitu trojan sudah menyusup kedalam device targetnya, maka secara otomatis akan aktiv dan mulai bekerja, trojan jenis ini biasanya memiliki 2 pola.
  • Virus yang bekerja pada browser. Browser yang sudah terinfeksi oleh virus, maka virus ini akan menayangkan iklan dibanyak web yang dikunjungi oleh netter yang perangkatnya sudah terinfeksi oleh virus ini. Beberapanya cukup pintar, dimana iklan hanya tampil di web-web dengan otoritas tinggi, ini dilakukan demi menghindari banned google. Publisher yang bermain di cara ini biasanya tidak melakukan akses otorisasi khusus di akun adsensennya, yang dimaksudkan agar iklan bisa tampil dimana saja, serta setiap impresi dan klik-nya akan dianggap sah. Namun trik ini sudah tidak bekerja lagi, kebanyakan saat ini para pembuat virus jenis ini tidak lagi menggunakan adsense untuk meraup keuntungan, tetapi memilih program periklanan lainnya.
  • Virus yang bekerja pada sistem. Ini adalah trojan pintar, dimana mereka bekerja dan menggunakan browser tanpa sepengetahuan si pemilik perangkat (dibelakang layar). Virus akan berusaha membuka laman browser setiap kali menemukan akses internet, mereka akan membuka laman google dan memakai keyword khusus untuk menemukan blog atau web milik tuannya. Untuk kemudian melakukan page view dalam jumlah tinggi untuk mengimbangi banyak klik iklan yang dilakukannya. Trojan jenis ini diseting layaknya seorang user internet normal dan nyaris tidak terdeteksi oleh google.
5. Embed Video. Ini adalah sebuah jalan curang dimana script iklan adsense diletakkan pada video, jelas sekali tujuannya, dimana saat visitor datang dan ingin melihat sebuah video yang diinginkan tentunya harus menekan tomblo "play" terlebih dahulu. Nah dengan meng-embed iklan dengan video yang ada, maka secara otomatis disaat visitor menekan tombol play maka klik tersebut juga otomatis menekan link iklan adsense yang akan segera terbuka secara langsung ataupun di tab baru. Umumnya trik ini banyak beredar di kalangan blogger india.

6. Embed File. Cara ini sama seperti trik diatas, hanya saja script iklan diletakkan dengan cara dihidden pada gambar, tombol download, bahkan pada laman kosong.

7. AGC. Auto generated Content, sebuah cara cepat mencurangi search engine untuk mendapatkan limpahan visitor dalam waktu instan. AGC memang masih menjadi senjata curang andalan untuk mendapat sukses di internet marketing secara cepat. Beberapa plugin/module AGC bahkan sanggup menggenerate konten artikel dengan keyword apa saja dan dalam bahasa apa saja. Puluhan ribu konten bisa dihasilkan dengan cara cepat melalui cara ini, tapi hukuman google terhadap situs spam seperti ini juga sangat berat, yakni total permanen de-index. Beberapa tehnik curang yang dilakukan pemain AGC dalam mendapatkan dolar dari adsense adalah;
  • Tehnik Doorway. Membanjirnya visitor di blog AGC akan diredirect ke blog utama yang memasang iklan adsense. jadi blog AGC tersebut ditujukan hanya untuk menjaring visitor. Tehnik ini memang menyebabkan tingginya jumlah impresi, namun biasanya juga bounce rate juga tinggi. Tahun 2014 Google resmi memasukkan tehnik Gateway atau doorway ini dalam list black SEO. Jika ditemukan oleh Google maka resikonya adalah pinalty ataupun de-index, dan bagi adsense jelas permanent banned.
  • Iklan Adsense di Blog AGC. Ini adalah AGC pintar, dimana Google nyaris tidak mengenali situs spam seperti ini. Biasanya menggunakan plugin atau script khusus yang membodohi bot google, dimana bot search engine meilhat blog tersebut seolah-olah adalah blog normal. Sebahagiannya dilakukan dengan memodifikasi file robot.txt untuk membelokkan crawling bot. Pemilik situs spam ini biasanya juga membuat artikel juga yang unik konten, dan artikel ini ditujukan khusus untuk menipu bot google. Sementara visitor asli tidak melihat konten ini, visitor hanya melihat konten AGC hasil dari mencuri konten milik orang lain. Ada juga AGC yang memanfaatkan jalur FTP sebagai alternatif HTTP/HTTPS untuk mencurangi bot google.
8. Modifikasi Script Iklan. Ini merupakan trik yang paling jenius yang sempat membuat beberapa orang kaya mendadak. Hanya dengan mengubah sedikit baris di script yang ada dan menggunakan tool sederhana maka efek yang dihasilkan juga cukup mengerikan. Tehnik ini sempat beredar dikalangan underground, dimana tehnik ini sebenarnya sangat simple, yakni membuat google beranggapan bahwa blog yang menggunakan trik ini memiliki trafik yang begitu tinggi dan klik iklan yang melimpah dan berasal dari audience palsu dari negara premium. Tehnik ini sempat bocor tahun 2012 dan membuat Google melakukan sweeping masal yang berakibat dibannednya ribuan publisher.

Nah demikianlah emosi muda, beberapa tehnik curang yang berhasil saya tulis disini, ingat! ini hanyalah sebagai pembelajaran semata, dan saya tidak akan membagikan tutorial apapun untuk hal yang berkaitan diatas. Saya pribadi merekomendasikan anda untuk tidak bermain curang, karena saya yakin kerja keras dan ketekunan anda akan membawa anda ke pintu gerbang kesuksesan, bermain curang mungkin bisa membuat anda sukses mendadak, tapi disisi lain hal itu tidak akan bertahan lama dan uang yang dihasilkan juga "tidak halal". Anda hanya butuh ide dan kesabaran, pasar potensi internet user masih sangat luas, so kesempatan anda untuk sukses juga terbuka lebar, dan jadikan itu sebagai motivasi anda untuk menjadi seorang blogger yang sukses kelak. Semoga anda faham. Terimakasih telah membaca, Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

7 comments

comments
20 Oktober 2015 20.25 delete

Kemaren nyuruh istri bomb klik daaaaan banned, sudah kirim permintaan maaf seperti bang Ahmad sarankan kemarin semoga dimaafkan, mohon pencerahan lagi yaa bang

Reply
avatar
21 Oktober 2015 23.19 delete

pantesan dibanned om :3
ajukan lagi dah

Reply
avatar
22 Oktober 2015 04.44 delete

Kemaren sudah ajukan banding bang, tinggal nunggu kabar baik, mhn diberikan pencerahan jika banding ditolak harus gimana lagi ?
イєгเ๓คкครเђ

Reply
avatar
22 Oktober 2015 12.56 delete

kalo ditolak juga maka sebaiknya buat akun lain saja

Reply
avatar
22 Oktober 2015 13.23 delete

siappp イєгเ๓คкครเђ pencerahannya, イєгเ๓คкครเђ juga buat ilmu ² bang ahmad yang ditularkan

Reply
avatar
1 November 2015 21.17 delete

Bang Ahmad, tadi aku dapat surat penolakan banding GA ku, mhn dikasih saran dong bang apa yg bisa dan harus aku lakukan ? イєгเ๓คкครเђ intonya 👍

Reply
avatar
24 April 2016 22.46 delete

Infonya bermanfaat gan. Oya gan kalo bole tanya, temen saya kok ada ya yang main adsen tapi di masukin ke facebook. Gimana ya tu caranya. Mohon ilmunya ya gan biar saya yang nyubi ini bisa belajar dapet dollar :) makasih sebelumnya

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.