Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Mungkin kita pernah bertanya-tanya tentang apakah ada tempat-tempat ajaib di belantara dunia ini seperti didalam film dongeng fiksi? Ini adalah pertanyaan yang jawabannya akan sangat tergantung kepada siapa anda bertanya. Namun meskipun tidak pasti jika tempat seperti itu benar-benar ada di dunia, namun ada pastinya tempat-tempat menakjubkan di planet kita yang tampaknya cukup menghibur bagi gagasan kita bahwa tempat ajaib itu mungkin memang ada. Salah satu tempat seperti tersebut tersimpan didalam kegelapan hutan hujan di Filipina, sungai yang begitu indah yang telah lama dipayungi oleh legenda-legenda. Inilah Enchanted River Hinatuan, tempat dimana konon putri duyung berenang, peri yang melompat-lompat riang, dan yang sangat memukau bagi mereka yang sangat memimpikan sebuah tempat bagaikan di negeri dongeng.


Terletak di pulau Mindanao di Filipina, yang merupakan pulau paling selatan negara itu, ada sebuah sungai yang dikenal sebagai Sungai Hinatuan, berkelok-kelok sepanjang 648 meter antara Laut Filipina dan Samudra Pasifik di Barangay Talisay, Hinatuan, Surigao del Sur , sungai yang luar biasa sangat indah, pohon kelapa berjajar ditepian hamparan air yang mencolok jelas seperti sesuatu penampakan dari film fantasi. Ini adalah tempat yang berbeda, ditandai dengan airnya yang berkilauan, kristal air biru yang sangat jernih, bagaikan pantulan dari batu safir biru ternama, dan yang tentunya ada banyak legenda dan cerita rakyat yang membungkusnya, dan selama bertahun-tahun telah menjadi salah satu tujuan wisata premier diwilayah ini. Dibalut dengan kemegahan dan misteri sungai ini yang kini menjadi dikenal sebagai "Enchanted River,".

Dari airnya begitu sangat jelas bahwa tampaknya seolah-olah para perenang seperti mengambang di udara, dan bahkan saat turun di bagian terdalam, dapat mengintip melalui air biru yang menyilaukan  tetap terlihat jelas semua jalur air dibagian bawahnya, mencapai hingga 80 kaki di beberapa tempat. Permukaannya biasanya benar-benar tenang, tampak seolah-olah terbuat dari kaca, dan ini akan mengesankan pandangan hingga penampakan air sungai seperti hasil photoshop, bahkan ketika melihatnya secara langsung. Semakin nyata, keajaiban tempat dimana juga flora asli berlimpah di tepian lapisan air kristal, dengan refleksi berkilauan dari pohon-pohon palem dan bunga-bunga cantik yang bertaburan di tepi atas permukaan seolah-olah mengambang di ruang yang terukir pada kaca. Seperti kilauan perak bersisik di bawah sinar matahari, jelas air biru jernih ini seperti sesuatu yang keluar dari negeri dongeng.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Turun di kedalamannya di laguna sungai ini bisa dilihat akan jalur dan jurangnya yang bercabang tampak di pandangan. Ini adalah terowongan bawah air yang mengarah ke dalam sistem gua bawah tanah yang pertama kali dieksplorasi pada tahun 1999, oleh seorang penyelam gua bernama Alex Santos. Pada tahun 2010, gua dieksplorasi lagi lebih mendalam oleh Dr. Alfonso Amores, bersama dengan Bernil Gastardo dan Emgee Guillermo, yang menemukan banyaknya ruang di bawah air sungai ini, gua-gua, celah-celah, dan masih banyak terowongan yang menuju ke wilayah yang belum dipetakan, dan total ada enam ekspedisi yang telah menggali misteri gua di Sungai dongeng ini. Amores menyerahkan hidupnya untuk berusaha membuka rahasia gua ini, namun ia sekarat karena serangan jantung saat menjelajahi terowongan sempit bercabang dari ruang yang disebut Mayor's Chamber, tempat yang berada sekitar 40 meter di bawah di kedalaman yang terukur 37m x 31m dalam ukuran lebar dan 8m tingginya. Eksplorasi gua masih dilakukan hingga hari ini, hingga lebih jauh sekitar 200 kaki ke dalam bagian yang gelap, yang diduga hanya masih merupakan sedikit jaringan dari luasnya gua sungai ini, dan memang sampai saat ini sebagian besar masih belum dipetakan, sistem terowongan sungai ini menambah misteri dari tempat yang menakjubkan ini.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Mungkin tidak mengejutkan, tempat ini telah lama melahirkan sejumlah legenda dan cerita rakyat di antara orang-orang lokal yang berada didaerah tersebut. Airnya yang dikatakan tetap akan jernih karena dijaga oleh berbagai roh, golongan peri dan makhluk mistis lainnya yang juga bertindak sebagai penjaga sungai. Peri dan roh-roh dikatakan bermain-main di dalam air sungai ini di malam hari, dan sungai ini juga dikatakan dihuni oleh putri duyung yang diduga dapat dilihat sedang meluncur melalui air biru jernihnya pada kesempatan tertentu. Legenda tua mengatakan pohon-pohon di sekitar Sungai Enchanted adalah rumah enkantos, yang merupakan roh alam, mirip dengan dryad atau Elf, yang biasanya dikatakan hidup di dalam pohon-pohon besar seperti akasia dan Pohon Balete, dan biasanya nampak seperti manusia berkulit pucat dengan cantik. Berbagai jenis putri duyung, roh dan peri yang katanya sering terlihat oleh penduduk setempat baik di dalam air atau di sepanjang pantai sungai ini. Salah satu penampakan, dimana seorang ayah dan anak telah mengaku melihat dua wanita berkulit seputih pualam mandi di sungai di bawah sinaran bulan purnama, dan kemudian menghilang ke dalam pusaran kunang-kunang ketika menyadari mereka sedang diawasi. Penampakan ini adalah hal yang biasa di kalangan penduduk setempat dan pengunjung yang datang. Salah seorang pengurus dan penjaga pantai di sungai ini bernama Felecisimo Baguasan mengatakan tentang dugaan makhluk supranatural sungai tersebut:

"Generasi yang berbeda dan para saksi memiliki versi yang berbeda dari cerita-cerita mereka. Dan ini adalah apa yang kita yakini bahwa sungai itu dihuni oleh makhluk mistis."

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Roh-roh penghuni sungai itu dikatakan paling aktif saat malam hari, dan mereka akan menyerang atau mengusir orang-orang yang datang untuk mandi di sungai ini setelah gelap, dengan banyaknya kasus tenggelamnya orang secara misterius yang diduga penyebabnya adalah entitas-entitas gaib. Takhayul ini begitu kuat dan meresap dimana telah menjadi hukum bahwa sungai tersebut terlarang untuk dikunjungi setelah gelap, dan bahkan ada juga kasus selama beberapa hari daerah itu tidak dapat diakses, mungkin demi untuk keselamatan pengunjung dimana beberapa orang mengatakan bahwa roh-roh sungai tersebut sedang sangat agresif di sana. Memang kadang-kadang ada keluhan dari pengunjung yang mendapatkan rasa nyeri, ruam, bekas, bisul, goresan, atau gatal-gatal setelah mandi di air di sini, dan cerita rakyat setempat mengatakan ini adalah hal yang paling mungkin terjadi pada orang-orang yang tidak sopan terhadap lingkungan atau orang yang tidak menghormati roh-roh dan alam disini. Laporan lainnya mengatakan tentang perenang yang tiba-tiba disambar, diseret, atau ditarik dari air jernih di bawah ini oleh kekuatan yang tak terlihat. Bahkan mereka yang keluar dari air dikatakan, jika roh sedang marah kepada mereka, biasanya akan terjadi dimana orang akan disesatkan ke dalam hutan lebat sekitarnya.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Kisah lain yang umum terjadi dari para nelayan di daerah ini adalah, bahwa ikan yang melimpah dilihat diperairan air sungai yang tenang itu tidak bisa ditangkap dengan cara apapun dan tetap akan melewati menembus jaring nelayan. Beberapa cerita mengatakan bahwa ikan ini tidak ada dari spesiesnya yang dikenal, bila diletakkan perangkap ikan yang ditempatkan di dalam air, maka akan muncul dihari berikutnya dalam keadaan hancur. Bahkan jika ada seseorang yang mampu menangkap salah satu dari ikan ini, diyakini roh penghuni sungai akan sangat marah dan menyerang bagi mereka yang melakukannya. Salah satu kisah tersebut digambarkan pada salah seorang nelayan yang entah bagaimana berhasil menangkap salah satu ikan misterius di Sungai Enchanted ini, yang digambarkan sebagai spesimen yang sangat indah dimana belum pernah dilihat sebelumnya. Nelayan itu kemudian memutuskan untuk memamerkan ikan itu kepada publik yang diletakkan didalam akuarium di desanya. Pada hari-hari berikutnya, nelayan tersebut menjadi sakit parah, semakin lemah dari hari ke hari, dan anehnya dokter tidak dapat menemukan sesuatu yang salah secara fisik pada dirinya. Cerita berlanjut hingga nelayan itu terbaring di tempat tidur dan mulai sekarat, istrinya melemparkan ikan itu kembali kedalam sungai dan suaminya secara ajaib kembali sehat, sakitnya itu menghilang tiba-tiba secara misterius seakan tidak pernah terjadi, segera setelah ikan itu kembali kedalam sungai.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Kisah putri duyung, peri magis dan roh, mungkin adalah sekedar cerita rakyat murni dan takhayul, namun Enchanted River Hinatuan memiliki beberapa fakta, yang didokumentasikan sebagai misteri alam juga. Salah satunya adalah bahwa sungai ini tidak seperti kebanyakan sungai, Enchanted River Hinatuan terdiri dari air asin atau payau, dengan ikan yang hidup di sungainya, semuanya merupakan varietas ikan air asin dan sumber asalnya tidak diketahui sepenuhnya dengan jelas. Diperkirakan bahwa air asin dapat berasal dari laut dan membuat jalannya kesini melalui sistem gua bawah tanah, atau mungkin aliran balik air laut Samudera Pasifik terdekat, dimana Sungai Enchanted ini terhubung, namun bagaimana proses aslinya sungai ini entah bagaimana masih belum jelas, dan tidak ada jawaban yang pasti. Memang, sumber sungai itu sendiri telah lama menjadi suatu misteri, seperti pertanyaan tentang bagaimana sungai itu bebas dari lumpur atau detritus apapun. Salah satu pendapat mengatakan bahwa air itu datang melalui bagian bawah batu kapur dan jaringan gua bawah tanah yang disaring melalui batuan, yang menghilangkan kotoran serta menghasilkan kristal air bersih yang jernih, tetapi alasan yang sebenarnya masih sulit dipahami.

Juga masih belum diketahui seberapa dalam sungai ini atau sampai sejauh mana menyebar sistem gua bawah tanahnya. Meskipun eksplorasi terus dilakukan untuk menemukan jawaban, tetapi belum ada yang mampu mencapai akhir gua atau untuk memastikan seberapa luasnya, sangat kompleks serta sulit dimana terowongan yang sempit dan jalur yang membingungkan berada di sana. Diperkirakan bahwa gua tersebut bisa mencapai panjang hingga bermil-mil dan menjadi rumah bagi spesies yang belum ditemukan, dan merupakan ekosistem yang belum diketahui, namun eksplorasi ini akan berada dalam kondisi berbahaya. Hanya waktu saja yang akan memberitahu tentang misteri yang menanti mereka yang berani terjun ke kedalamannya.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Hal misterius lain dari Sungai Enchanted adalah tentang darimana semua ikan yang menghuni sungai ini berasal. Banyak ikan di sini berukuran cukup besar dan membuat perenang gugup, dan tidak diketahui persis bagaimana spesies air asin ini bisa sampai di sini. Ikan di sini adalah atraksi yang populer, terutama selama waktu makan sehari-hari sedang berlangsung. Setiap hari pada siang hari, bel berbunyi yang merupakan sinyal untuk semua perenang untuk segera keluar dari air. Ketika semua orang telah keluar, sebuah lagu yang disebut "Himne Hinatuan" dimainkan melalui pengeras suara, di mana kumpulan besar ikan datang entah dari mana, tiba-tiba mencul melesat bolak-balik melalui air birunya. Anggota staf pengurus kemudian melemparkan beras dan potongan daging cincang, udang, gurita, dan sisa makanan lainnya ke dalam air yang membuat sebuah pertunjukan feeding frenzy dimana saat ikan makan, mereka berputar-putar dan sisik-sisiknya terlihat berkilauan. Ini terjadi selama sekitar satu jam, di mana tidak ada yang diperbolehkan untuk masuk kedalam air.

Ketika waktu makan berakhir, sejumlah besar ikan kembali lenyap seolah-olah mereka tidak pernah ada, sekali lagi kembali sungai menjadi tenang, yang tampak hanya beberapa ikan yang dapat dilihat. Ikan-ikan berukuran besar pergi sebelum dan sesudah waktu makan, tapi mereka kebanyakan tidak terlihat kecuali saat satu jam ketika musik panggilan makan kepada mereka dinyalakan.

Kecantikan sungai ini benar-benar menyihir, misteri, dan suasana magis Sungai Enchanted telah membuatnya menjadi tujuan wisata yang sangat populer bagi orang-orang dari seluruh negeri bahkan dunia, mereka yang datang ke sini untuk melihat keajaiban airnya yang sempurna dan juga pergi berenang. Untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah pengunjung, turis membayar hanya sekitar ₱ 30 ($ 0,66) per orang untuk masuk, daerah ini telah dikembangkan untuk melayani pengunjung, dengan cottage dan area tempat beristirahat untuk tamu, serta restoran dan banyak warung makanan ringan yang menjual segala sesuatu dari makanan cepat saji dan makanan laut segar. Bagi mereka membawa makanan sendir, tersedia gubuk, tenda, meja dan kursi yang juga disediakan untuk piknik juga. Tangga telah dibangun di tebing yang mengarah ke sungai untuk memudahkan akses dari jalan terdekat, dimana para tamu datang dengan sepeda motor atau becak khas filipina yang dikenal sebagai habal-habal, atau dengan van taksi yang lebih besar, dan sebagian sungai yang dangkal bahkan telah dilengkapi dengan beton untuk membuatnya menjadi kolam bermain anak-anak.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Pengunjung hanya dapat berenang di daerah tertentu saja, ada penjaga pantai yang selalu bertugas mengawasi, dan rakit, ban dalam, dan rompi renang juga tersedia untuk disewakan. Ada juga pilihan untuk mengambil pelayaran Sungai dan bahkan menjelajah ke pulau-pulau terdekat. Dinas Pariwisata dan pemerintah daerah Hinatuan berencana untuk mengembangkan daerah lebih jauh untuk memanfaatkan keindahan sungai ini dan membuatnya menjadi tujuan wisata internasional utama, tetapi beberapa warga desa merasa bahwa pembangunan merajalela ini telah mengurangi keindahan alam daerah ini, dan mengancam lingkungan di sini. Bahkan mungkin lebih mengancam bagi Enchanted River Hinatuan adalah meningkatnya jumlah penebangan liar di provinsi Surigao del Sur yang telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir, yang jelas bisa merusak keindahan pemandangan lebih jauh atau malah menyebabkan sungai legendaris yang bersih ini menjadi keruh dan berlumpur.

Inilah Sungai Negeri Dongeng Didunia Nyata

Tampaknya menjadi menyedihkan bahwa pesona sungai dari dunia dongeng Enchanted River Hinatuan, yang menawan hati dan menarik orang dari untuk datang dari belahan dunia lainnya akhirnya akan mengarah kepada kehancurannya. Dengan perkembangan pembangunan meningkat dan masuknya sejumlah besar pengunjung, tentunya itu bukan pertanda baik untuk masa depan sungai ini, dan saya pribadi berpendapat bahwa mungkin akan jauh lebih baik tempat indah tersebut tetap terselip jauh dari peradaban dan tersembunyi serta tenggelam dalam cerita rakyat yang misterius. 

Tempat ini masih terasa seperti sebuah tempat di mana orang dapat dengan mudah membayangkan tentang putri duyung yang berenang, setidaknya sementara ini masih merupakan tempat yang mempesona yang membuat orang merasa seolah-olah mereka berada dinegeri dongeng. Jika ada seperti itu, maka itu adalah di sungai ini. Untuk berapa lama hal ini akan berlangsung masih harus dilihat kedepan, dan saya hanya bisa berharap bahwa keindahan mimpi dari Enchanted River Hinatuan harus dipertahankan untuk banyak generasi yang akan datang. Terimakasih telah membaca dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.