Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Di bagian selatan di wilayah Rusia yang dingin dan terpencil, yang juga dikenal liar, tepatnya di Siberia terletak danau yang tak seperti danau yang lain yang ada di Bumi. Terbentang di padang gurun kasar Siberia. Inilah Danau Baikal, danau terdalam dan yang paling kuno di planet ini, terkenal karena keindahannya yang kadang-kadang disebut sebagai "The Pearl of Russia." atau Mutiaranya Rusia. Danau ini adalah tempat yang megah, tidak hanya luar biasa untuk airnya yang dalam, tetapi juga untuk misterinya yang juga melimpah, Danau Baikal telah lama menjadi pusat untuk berbagai macam kejadian tak masuk akal dan keanehan tingkat tinggi.

Danau Baikal adalah danau retakan, berarti danau itu terbentuk karena retakan dalam yang diciptakan oleh gerakan tektonik di sepanjang garis patahan yang terletak di wilayah Rusia Siberia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Republik Buryat ke arah tenggara. Pada kedalaman 5387 kaki (1.642 meter) dan dengan luas permukaan 12.248 mil persegi (31.722 kilometer persegi) menjadikan danau itu sebagai danau terdalam di dunia dan terbesar ketujuh luas permukaannya. Danau ini begitu besar dan begitu dalam dan diperkirakan memiliki 20% cadangan air tawar di dunia. Dengan usianya berkisar sekitar 25 juta tahun, Danau Baikal juga dianggap danau tertua yang ada di dunia. Danau ini dikenal tidak hanya dari ukurannya, tetapi juga airnya yang sangat jernih dan keanekaragaman hayati. Danau Baikal adalah rumah bagi berbagai macam spesies yang tidak ditemukan di tempat lain di bumi dan ekologi yang kaya serta keanekaragaman hayati yang dimilikinya telah memberinya julukan sebagai "The Galapagos of Rusia," menjadikannya masuk dalam daftar salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996.

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Danau Baikal
Mengingat lokasinya yang terpencil dan liar, serta dari besar ukuran dan usianya, mungkin tidak mengherankan jika Danau Baikal memiliki sejarah panjang peristiwa aneh, kejadian aneh, legenda, dan mitos rakyat. Beberapa cerita awal membentang jauh kembali ke dalam sejarah penciptaan danau ini, legenda setempat mengatakan bahwa danau ini terbentuk oleh dampak dari batu raksasa yang jatuh dari langit. Dari situ, sejarah aneh danau ini dimulai. Ghengis Khan dikatakan lahir di pulau Olkhon di danau ini, yang merupakan pulau danau terbesar ketiga di dunia, dan ada legenda menceritakan bahwa Yesus (Isa Alaihissalam) pernah berkunjung ke sini. Yesus diduga juga telah memproklamasikan tanah utara danau ini sebagai tanah yang diberkati dan tanah selatannya menjadi tak berharga, itulah sebabnya mengapa sampai hari ini banyak cerita rakyat setempat mengatakan bahwa jagung tidak akan tumbuh di tanah-tanah terkutuk dibagian selatan danau.

Ada segudang misteri yang dapat ditemukan di Danau Baikal. Salah satunya adalah dugaan adanya sosok penghuni danau misterius yang ditakuti oleh penduduk setempat. Orang-orang Buryat asli di daerah itu menyebut makhluk itu sebagai Lusud-Khan atau Usan-Lobson Khan, yang jika diterjemahkan berarti "Water Dragon Master," ( Raja Naga Air ) yang dikatakan bentuknya menyerupai jenis ikan sturgeon raksasa, dengan moncong yang menonjol dan memiliki lapis plat baja disepanjang punggungnya. Di zaman modern ini, sesekali ada laporan dari nelayan tentang makhluk yang sulit dipahami ini, nampak dipermukaan atau sekedar melihat bentuk hitam besar bergolak melalui airnya yang jernih ini, tapi laporan penampakan binatang aneh di danau ini telah cukup lama hingga ratusan tahun. Penjelajah dari Cina yang menjelajah danau ini, mereka menyebut danau ini sebagai Laut Utara, juga melaporkan telah melihat hewan ini, mereka menyebutnya sebagai "Dewa Danau" dan "Ikan Naga."

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Dugaan tentang monster Danau Baikal ini juga diwakili dengan adanya petroglyphs kuno yang ditemukan di sepanjang tebing Baikal. Adanya prasasti batu besar, lempengan batu berukir didirikan sebagai monumen, yang terletak di tepi sungai Yenisei dekat desa Askiz yang diperkirakan dibuat sekitar antara abad ke 3 dan abad ke 9 SM menggambarkan semacam monster raksasa air misterius. Gambar yang terukir pada batu menunjukkan sesuatu yang besar, seperti makhluk kadal dengan lidah bercabang, cakar, dan baju besi seperti pelat sepanjang punggung. Makhluk aneh yang berdiri tegak digambarkan itu berada didalam air, ditunjukkan oleh gambar ikan melayang di dekatnya. Tidak jelas apa hubungan ukiran misterius ini dengan monster ikan raksasa yang dikatakan mengintai di danau. Danau ini sendiri adalah rumah bagi banyak spesies ikan unik dan hewan lainnya, termasuk anjing laut air tawar yang langka yang dikenal sebagai Baikal seal (Pusa sibirica), tetapi tidak diketahui spesies misterius apa yang dikenal menghuni danau di sini yang disebut raksasa Danau Baikal.

UFO Danau Baikal
Monster besar misterius bukanlah satu-satunya hal yang dikatakan menghantui Danau Baikal. Daerah ini juga telah lama dikenal untuk keanehan lainnya yang terkait dengan UFO. Telah lama banyak laporan dari penampakan cahaya lampu aneh yang diduga berasal dari pesawat alien, tapi mungkin cerita yang paling menarik datang dari kompilasi dokumen "Declassified" pada era Soviet. Terutama pada insiden yang dijelaskan oleh angkatan laut Rusia di bawah komando Wakil Komandan Angkatan Laut Laksamana Nikolay Smirnov. Meskipun dokumen tidak sepenuhnya terfokus pada UFO atau bahkan Danau Baikal pada khususnya, namun ada laporan dua penampakan reguler dan isi dokumen juga banyak menyebutkan tentang insiden UFO yang terkait serta penampakan lainnya di sekitar Danau Baikal.

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Salah satu laporan tersebut menjelaskan bagaimana pada tahun 1958, sebuah pesawat Rusia TU-154 jatuh ke perairan dingin danau setelah diduga dikejar oleh UFO. Laporan lainnya berasal dari para nelayan yang telah melihat lampu aneh melayang di atas danau, menjelajah dibawah laut atau bahkan letusan gelombang spektakuler dari bawah yang menembak ke arah langit. Ada juga laporan penampakan UFO yang datang dengan cepat dari langit serta kemudian turun secara lembut di permukaan danau dan mengapung seperti perahu. Salah satu laporan paling aneh yang berkaitan dengan alien dan UFO di Danau Baikal diduga terjadi pada tahun 1982, ketika penyelam dari angkatan laut melaporkan menghadapi makhluk humanoid (seperti manusia) yang mengenakan pakaian keperakan di kedalaman sekitar 164 kaki (50 meter) di bawah air. Laporan itu mengklaim bahwa tiga penyelam tewas ketika mereka mencoba untuk mengejar makhluk itu dan empat penyelam lainnya luka berat. Pemerintah Rusia membantah isi dokumen itu tentang humanoid yang diperkirakan berasal dari dunia lain, dan mempertahankan pendapat bahwa segala sesuatu harus memiliki penjelasan yang masuk akal secara ilmiah.

Laporan penampakan lampu aneh dan makhluk humanoid di kedalaman Danau Baikal ini menghadirkan teori bahwa alien bisa memiliki basis dibawah air sini, dan ada laporan aneh lain dari keanehan di danau ini yang tampaknya mendukung teori ini. Pada tahun 1977, sebuah kapal selam bernama Paysis yang terlibat dalam penelitian ilmiah beroperasi pada kedalaman 1.200 meter yang gelap dan dingin. Pada satu titik, dimana sorotan lampu kendaraan itu dimatikan dan dalam keadaan kegelapan total tiba-tiba sinar terang menyinari dari arah luar kapal tersebut. Cahaya yang menyilaukan dilaporkan mengarah pada kapal selam itu selama beberapa detik sebelum berkedip-kedip dan menghilang di kegelapan. Belum pernah ada penjelasan memuaskan tentang apa sebenarnya sumber cahaya itu.

Anomali Danau Baikal
Ada juga sebuah anomali magnetik kuat tak terjelaskan terjadi dibagian dasar retakan danau ini, di mana lempeng tektonik berada. Anomali ini dilaporkan secara misterius tumbuh dalam ukuran dua kali lipat dalam 50 tahun terakhir. Fenomena aneh yang berasal di kedalaman ini dilaporkan sering mengeluarkan lonjakan tiba-tiba atau letusan air misterius yang menembak ke arah atas, hal ini bisa menjelaskan mengapa kadang-kadang ada kejadian ikan mati secara masal. Hal ini terjadi dikatakan mungkin karena disebabkan oleh gas yang terperangkap dari bawah dan sebahagiannya terlepas tiba-tiba, tapi sumber pastinya masih belum diketahui.

Fenomena lain di Danau Baikal yang mungkin tidak ada hubungannya dengan monster laut, UFO, atau alien adalah laporan dari berbagai kapal yang secara misterius menghilang di perairan. Danau ini memiliki banyak zona anomali yang sangat dikenal sebagai tempat menghilangnya kapal, seperti daerah di pantai barat yang disebut Cape Ryty, daerah dengan begitu banyak kejadian hilangnya kapal yang dilaporkan, hingga penduduk setempat menganggap lokasi itu terkutuk dan membawa kematian pada sesiapapun yang berani pergi ke sana. Pulau Besar Ushkan'i, dekat Cape Sun, serta pulau besar Olkhon adalah zona terkutuk lainnya yang dikenal sering menelan kapal. Zona Olkhon dikenal sebagai "The Devil Crater," di mana merupakan salah satu lokasi baru-baru ini kejadian menghilangnya kapal.

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Pada tanggal 16 Juni 2011, sebuah kapal boat Yamaha berangkat dari sebuah desa di wilayah Kabansk dari Buryatia dengan kru yang berpengalaman untuk menguji mesin motor baru dan mereka tidak pernah kembali. Dilaporkan bahwa semua awak pelaut berpengalaman itu tidak bisa di kontak tak lama setelah keberangkatan mereka, mereka menghilang dalam kabut yang pekat. Ketika kabut mulai pergi, kru Yamaha sudah tak ada lagi. Meskipun dalam perahu yang mereka gunakan sudah dilengkapi dengan berbagai layanan seluler, namun tidak ada satupun ponsel kru tersebut yang bisa dihubungi, seolah-olah mereka benar-benar telah berada diluar jaringan. Selain itu, walau saat itu danau sedang berkabut, namun kondisi di danau dikatakan tenang dan sangat aman untuk berpergian dengan perahu, apa yang terjadi pada kru Yamaha tersebut? Tak ada yang tahu.

Beberapa operasi pencarian dan penyelamatan segera diluncurkan untuk mencoba dan menemukan nasib kru Yamaha itu, tetapi tidak ada bekas puing-puing dan bahkan tidak ada satupun petunjuk mengenai nasib kapal tersebut. Seolah-olah kapal Yamaha itu raib ditelan oleh danau itu sendiri. Penduduk setempat beranggapan bahwa mereka tahu jawabannya, karena diyakini bahwa daerah tersebut kadang-kadang menghasilkan pusaran air mengerikan yang tiba-tiba muncul seperti kawah pada permukaan danau, dinamakan "Kawah Setan," pusaran itu menyedot apapun yang berada di dekatnya. Legenda setempat mengatakan bahwa jurang pusaran air misterius itu adalah pintu gerbang ke neraka, di mana jiwa-jiwa orang-orang berdosa akan melaluinya. Mungkin pusaran air ini memegang jawaban untuk banyak kapal yang hilang di danau Baikal, tetapi hal itu tidak akan menjelaskan misteri lainnya yang lebih aneh dari kasus hilangnya kapal dalam jangka waktu yang lama dan kemudian muncul kembali beserta awak kapalnya yang mengklaim mereka hanya pergi selama beberapa jam saja. Ini sepertinya sama dengan cerita-cerita yang sering kita dengar di nusantara tentang orang-orang yang memasuki dimensi lain dimana perbedaan dimensi waktu sangat signifikan.

Keanehan seperti hilangnya kapal dan kemunculannya secara tiba-tiba dan beberapa objek yang tidak bisa dijelaskan di Danau Baikal ternyata belum cukup untuk kejadian lainnya. Penduduk setempat juga mengaku melihat kapal besar dan bahkan hal-hal yang tidak mungkin berada di air seperti kereta api dan istana yang megah tiba-tiba muncul di danau ini, dan sering terlihat berpendar dan menghilang dengan cepat. Para ilmuwan percaya bahwa kejadian ini mungkin merupakan hasil dari fatamorgana kuat yang dibentuk oleh sifat unik dari Danau Baikal. Di musim panas, udara hangat mengalir di atas air dingin, sedangkan di musim dingin kondisi menjadi ekstrim dan permukaan danau tampak bersih, dan kombinasi semua hal tersebut menciptakan lapisan udara dengan kepadatan yang membiaskan, menghasilkan distorsi yang berbeda, serta menghasilkan juga refleksi di danau yang tenang, dimana permukaannya yang transparan membuat fatamorgana yang mungkin terlihat sangat jelas dan realistis. Diperkirakan bahwa fatamorgana tersebut setidaknya juga bisa bertanggung jawab untuk kapal yang hilang seperti halnya kasus kapal Yamaha, karena fatamorgana bisa menyesatkan mereka atau menyebabkan mereka menabrak garis pantai yang berbatu. Bahkan ada laporan munculnya fatamorgana kadang-kadang disertai dengan gangguan magnetik anomali, yang secara teoritis bisa mengacaukan peralatan navigasi kapal. Apakah fatamorgana ini hanya hasil dari proses alam atau ada yang lainnya, alam gaib bangsa jin misalnya? Ya seperti banyak misteri di danau lainnya, jawaban pasti tidak ada yang benar-benar tahu.

Anjing Laut Dan Lingkaran Aneh
Danau Baikal mungkin memiliki banyak misteri alam dan hal-hal seram serta hal aneh. Namun danau ini memiliki jumlah yang sangat tinggi dari keanekaragaman hayati untuk sebuah danau dingin yang beku selama hampir sepanjang tahun, dan sebagian besarnya adalah spesies endemik. Misalnya anjing laut air tawar yang telah lama membingungkan para ahli biologi karena tidak ada orang yang benar-benar tahu bagaimana hewan itu bisa sampai di sini. Anjing laut Baikal masih ada hubungan spesies dengan anjing laut Arktik atau anjing laut bercincin, (Pusa hispida), namun anehnya Danau Baikal ini benar-benar terisolasi dan terletak ratusan kilometer dari laut terdekat. Lantas bagaimana bisa anjing laut berada disitu? Ada banyak teori tentang bagaimana hal ini bisa terjadi, dan mungkin pendapat yang paling yang kuat adalah bahwa mereka tiba melalui bagian danau ini yang pernah terkait dengan Samudra Arktik dan anjing laut kemudian menyesuaikan dirinya dengan keadaan lingkungan air tawar. Di danau ini diperkirakan ada 80.000 sampai 100.000 dari anjing laut air tawar dan populasi mereka tidak dianggap terancam.

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia
Anjing Laut Danau Baikal
Danau Baikal juga kaya akan sumber daya khas yang tidak ditemukan pada danau air tawar lainnya. Dari tahun 2008 sampai 2010, dua kapal selam Rusia yang disebut Mir membuat penemuan yang luar biasa dikedalaman 1637 meter dari permukaannya. Para peneliti operasi Mirs menemukan jenis es khusus yang memiliki konsentrasi tinggi dari gas alam, yang disebut "gas hidrat," gas ini sebenarnya ditemukan juga di tempat lain, terutama di dasar lautan yang dalam, tetapi belum pernah ada di lingkungan air tawar. Temuan yang tidak biasa ini bisa berarti bahwa danau ini sarat akan es yang berpotensi memiliki cadangan besar yang penting dari sumber bahan bakar yang belum dimanfaatkan seutuhnya karena metode ekstraksi untuk gas hidrat masih belum sempurna. Disisi lain, masih belum benar-benar dimengerti mengapa ada gas hidrat ditemukan di danau air tawar ini dan kenapa tidak ditemukan di danau lain? Dua kapal selam Mir juga mengumpulkan data baik jumlah spesies yang sebelumnya tidak diketahui yang bersembunyi dalam kegelapan di kedalaman danau.

Baikal, Misteri Aneh Danau Terdalam Di Dunia

Fenomena alam lain yang membingungkan di danau ini terjadi pada tahun 2009, ketika lingkaran aneh berukuran besar dengan diameter hingga 2,7 mil (4,4 km) muncul di permukaan es danau selama bulan musim dingin. Formasi lingkaran es aneh ini pertama kali ditemukan oleh kapal astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional dan penemuan mereka segera menyulut spekulasi mengenai penyebab itu terjadi. Tentu saja ada teori yang tak terelakkan bahwa lingkaran itu adalah hasil dari aktivitas alien, tapi pada akhirnya para ilmuwan hadir untuk penjelasan yang lebih rasional, namun mungkin lebih mengkhawatirkan. Saat ini diyakini bahwa lingkaran es tersebut adalah hasil dari percikan gas metana yang berasal dari bawah danau dan mengakibatkan arus air hangat berputar untuk kemudian membentuk formasi melingkar di danau es. Alasan ini cukup mengkhawatirkan adalah dimana hal itu bisa menunjukkan bahwa musim semi es di Danau Baikal ini telah berkurang lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir. Bila digabungkan dengan pemanasan global, hal ini bisa memiliki konsekuensi bencana bagi ekosistem danau dan keanekaragaman hayati didalamnya, dimana mereka sangat bergantung pada siklus es danau ini.

Bagaimanapun juga Danau Baikal adalah salah satu danau dunia yang indah, terpencil, dan danau yang menakjubkan. Penuh misteri baik fenomena alam dan kegaibannya. Apakah jawaban atas teka-teki yang mengintai di kedalamannya yang jernih dan di luar pemahaman kita saat ini? Apakah tempat ini memiliki gerbang dimesi lain dari dunia kita? Jawabannya masih dipenuhi misteri yang mendalam, Danau Baikal memang berbeda dengan danau lain di planet Bumi ini. Namun setidaknya Danau Baikal telah mengajarkan kita banyak hal tentang kekuasaan Tuhan yang masih belum kita fahami. Dimana hal itu mengajak kita berfikir dan mengexplorasi kemanusiaan kita untuk memahami diri sendiri tentang betapa kecilnya kita dihamparan luas jagad raya yang dipenuhi misteri. Semoga anda berfikir dan semoga bermanfaat. Terimakasih dan Wassalamualaikum.

Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
11 Februari 2016 04.42 delete

Trima kasih artikel nya , sangat membantu

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.