Apa Perbedaan Otak Kanan Dan Otak Kiri?

Apa Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Anda mungkin pernah mendengar orang yang mengklaim dirinya sebagai orang "berotak kanan" atau "berotak kiri," dimana yang mengaku berotak kiri berbangga tentang keterampilan matematis dan rasional, dan mereka dan yang berotak kanan menggembar-gemborkan kemampuan kreativitas mereka. Ya,. memang otak dibagi menjadi dua belahan, dengan masing-masing memiliki fungsi cukup berbeda dari aktivitasnya.

Banyak hal dari apa yang diketahui tentang fungsi otak disandarkan kepada pendapat Roger Sperry, yang pernah melakukan eksperimen memeriksa jalan belahan otak manusia dalam aktivitasnya baik secara independen atau dalam hubungannya terhadap satu sama lain. Dua belahan otak saling mengkomunikasikan informasi, seperti pengamatan sensorik dan melalui corpus callosum tebal yang menghubungkan keduanya.

Belahan kanan otak mengontrol otot-otot di sisi kiri tubuh, sedangkan otak kiri mengontrol otot di sisi kanan tubuh manusia. Bila Anda mengedipkan mata mata kanan anda, itu fungsi dari sisi kiri otak anda bekerja. Karena hal ini bersilangan, maka kerusakan pada satu sisi otak mempengaruhi sisi berlawanan dari tubuh.

Secara umum, otak kiri dominan dalam urusan bahasa: pengolahan dari apa yang kita dengar dan menangani sebagian besar tugas dari fungsi berbicara. Bagian ini juga bertugas melaksanakan fungsi logika dan perhitungan matematika yang tepat. Bila anda perlu akan sebuah fakta, maka otak kiri anda menariknya dari dalam memori anda.

Belahan kanan otak merupakan bagian yang bertanggung jawab atas kemampuan spasial, seperti pengenalan wajah dan memproses musik. Bagian ini juga melakukan beberapa proses matematika, tetapi hanya pada perkiraan kasar dan perbandingan saja. Sisi kanan otak juga membantu kita untuk memahami citra visual dan memahami apa yang kita lihat. Hal ini memainkan peran dalam bahasa, terutama dalam menafsirkan konteks dan nada dari seseorang.

Adapun tentang seseorang yang berotak kiri atau berotak kanan atau bahkan tangan kanan atau kidal maka penggunaan dan preferensi dari dua bagian otak akan jauh lebih kompleks dari sekedar perbandingan atau persamaan kiri vs kanan secara sederhana. Sebagai contoh, beberapa orang melempar bola dengan tangan kanan mereka tetapi menulis dengan tangan kiri mereka.

Otak bekerja dengan sangat hati-hati untuk menyeimbangkan dan memberikan kontrol fungsi tertentu untuk masing-masing sisinya secara alami dan memastikan bahwa otak akhirnya membagi tugas untuk memaksimalkan efisiensi. Kebanyakan orang yang bekerja dengan tangan kanan dominan sebenarnya malah dikendalikan oleh sisi kiri otak.

"Otak asimetri sangat penting untuk fungsi otak yang tepat," kata profesor Stephen Wilson dari University College London kepada Live Science, sebuah situs web lainnya Little Mysteries Life ia mengatakan; "Hal ini memungkinkan dua sisi otak untuk menjadi khusus, meningkatkan kapasitas pengolahan dan menghindari situasi konflik di mana kedua sisi otak mencoba untuk mengambil alih."

Nah bagaimana emosi muda? Saya harap artikel ini bisa menambah pengetahuan anda akan fungsi otak dan sistem kerjanya yang kompleks, setelah anda membaca tulisan diatas apakah anda mulai berfikir bila anda adalah orang dengan dominan otak kanan atau otak kiri? Apapun itu bukanlah masalah daripada tidak punya otak, betul apa betul? Heheheh, sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Penyebab Utama Kegemukan Pada Wanita

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.