Tanaman Pemangsa Di Dunia Nyata

Tanaman Pemangsa Di Dunia Nyata
Tanaman karnivora ini dikembangkan untuk membunuh hewan penyerbu dari asia
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Mungkin kita pernah melihat di film-film kartun atau film sains fiksi tentang tumbuhan yang bisa memakan hewan atau manusia, sebuah jenis tanaman karnivora yang berbeda dari tanaman umumnya, dan pada postingan kali ini kita akan menginvestigasi langsung tentang tanaman pemangsa yang ada didunia nyata.

Mungkin kita tidak pernah mendengar tentang ide akan spesies tanaman yang sengaja diupayakan untuk membasmi hama domestik, tapi tanaman yang satu ini sepertinya akan menjawab ide tersebut. Sebuah jenis dari Tawon raksasa asia (Vespa velutina nigrithorax) yang telah membantai populasi lebah madu di Perancis, dimana tawon raksasa itu adalah hewan asli asal China yang secara tidak sengaja terbawa dalam beberapa tembikar yang diimpor pada tahun 2004 lalu, kehadiran tawon raksasa tersebut telah mengacaukan spesies dan keseimbangan populasi lebah madu di eropa. Sekarang, tawon raksasa pembunuh itu sangat mungkin akan menjadi korban dari tanaman karnivora yang berasal dari AS, dimana tanaman itu telah dikembangkan khusus untuk membunuh tawon raksasa dan diyakini bisa membantu memusnahkan mereka.

Tanaman pemakan lebah ini adalah tanaman asli Amerika Utara bernama latin Sarracenia - lihat Wikipedia, terlihat indah dan mudah ditanam, ciri khas tanaman ini memiliki bunga seperti terompet panjang yang berisi nektar dan feromon untuk menarik serangga ke bagian dalamnya, dimana lereng licin yang berada disisi dalam bunga adalah bagian pencernaan tanaman tersebut, dan serangga yang masuk kedalamnya akan terperangkap di bagian paling bawah. Sarracenia adalah jenis tanaman yang tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri, sementara itu tanaman ini juga tidak memiilih-milih tentang makanan yang paling disukainya terutama serangga, umumnya yang menjadi mangsa tumbuhan ini adalah jenis tawon, lalat, lebah yang juga turut membantu penyerbukan.

Tanaman Pemangsa Di Dunia Nyata
Stem sebuah bunga tanaman Sarracenia dipenuhi dengan tawon asal asia
Saat ini, seorang ilmuwan Botani asal Perancis, Romaric Perrocheau sedang mempelajari tanaman Sarracenia ini, dimana ketika ia membuka salah satu batangnya dan menemukan didalamnya dipenuhi tawon Asia yang telah mati. Tawon ini terkenal sebagai tawon pembunuh, dengan julukan "hornets from hell" yang dapat menyengat dan membunuh manusia tetapi akhir-akhir ini tawon asal asia ini mulai menyerang ke populasi lebah madu asli Perancis. Sejak kemunculannya di Perancis pada tahun 2004, Tawon Asia telah menyebar ke Negara Jerman, Belgia, Italia, Spanyol dan Portugal dan hanya Inggris saja yang saat ini masih selamat dari invasi mereka.

Tanaman Pemangsa Di Dunia Nyata
Tawon raksasa asia sedang membunuhi lebah madu perancis
Perrocheau berpikir tawon asia tersebut bisa menjadi mangsa dari tanaman Sarracenia karena mereka berukuran lebih besar dari tawon dan lebah Eropa juga lebih agresif, menyebabkan tawon ini mudah kehilangan pijakan saat berada ditepi bunga  Sarracenia dan terperosok kedalam perangkap.

Sepertinya ide ini terdengar seperti solusi yang sempurna kecuali untuk sebuah halangan kecil yakni, satu sarang tawon asia tersebut saja dapat berisi sekitar 4.000 tawon, sementara satu tanaman Sarracenia hanya bisa memakan sekitar 50 dari mereka. Perrocheau percaya bahwa dia dapat membuat isolasi berbahan kimia kedalam nektar yang bisa menarik tawon asia dan menggunakannya sebagai umpan agar mereka masuk dalam perangkap konvensional tanaman pemangsa tersebut. Dan yang pastinya membutuhkan sangat banyak tanaman Sarracenia untuk bisa membasmi serbuan tawon asia yang telah membunuhi spesies lokal di eropa. 

Nah emosi muda, perlu kita ketahui bersama bahwasannya tiap-tiap daerah memiliki keunikan akan flora dan faunanya, dan terkadang ketidakpedulian manusia yang memindahkan beberapa jenis spesies hewan asing ke lokasi baru seringkali malah menjadi bencana bagi tempat barunya. Tawon asia diatas hanya salah satu contoh dari banyak kasus tentang kekacauan spesies yang disebabkan oleh hewan pendatang baru. Ya semoga saja kasus yang sama tidak terjadi ditempat kita juga. Mudah-mudahan artikel diatas bisa menambah pengetahuan anda, terimakasih telah membaca, sekian dan Wassalamualaikum.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.