Tanaman Berbahaya Ini Bisa Membakar Kulit Anda

Tanaman Berbahaya Ini Bisa Membakar Kulit Anda
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ada banyak hal yang membuktikan bahwa tanaman tidak harus terkena radiasi terlebih dahulu dan baru kemudian menjadi berbahaya bagi manusia, nah contohnya sebuah tanaman hias ukuran besar dan beracun yang dikenal sebagai Hogweed dianggap tanaman yang paling berbahaya di Inggris karena dapat menyebabkan luka bakar tingkat tiga ketika disentuh dan bahkan kebutaan jika digosok di mata. Yang lebih parah lagi, jangkauan penyebaran tanaman ini mungkin akan datang ke lingkungan tempat anda tinggal.

Hogweed raksasa telah menjadi berita baru-baru ini setelah sejumlah anak-anak di Inggris tidak sadar bermain dengan tanaman ini dan berakhir di rumah sakit. Seorang gadis berusia 10 tahun tak sengaja menyentuh tanaman ini saat memancing di Loch Lomond dan langsung mengalami luka bakar tingkat tiga yang sangat parah sehingga mungkin perlu dilakukan cangkok kulit. Sementara seorang gadis di Salford mengalami luka permanen dan empat remaja lainnya di Bolton mengalami luka parah akibat tanaman ini. Dan dalam kasus yang dipublikasikan ini, keluarga korban menggugat pemilik sebuah taman di mana tanaman itu di tanam yang menyebabkan anak mereka luka bakar. Apa jenis tanaman rakasa jahat ini?

Tanaman Berbahaya Ini Bisa Membakar Kulit Anda

Heracleum mantegazzianum nama ilmiahnya dengan nama lain hogweed raksasa, bunga cartwheel, atau hogsbane adalah tanaman asli asal Kaukasus Daerah dan Asia Tengah, dibawa ke Inggris mula-mula pada abad ke-19 sebagai tanaman hias dan akhirnya telah menyebar ke Eropa, Amerika Serikat dan Kanada. Hogweed raksasa ini dapat tumbuh hingga 18 kaki (5,5 m) tinggi, tetapi bahaya yang disimpannya bukan dari ukuran tetapi berasal getahnya.

Tanaman Berbahaya Ini Bisa Membakar Kulit Anda
Kulit melepuh akibat getah tanaman Hogweed
Getah tanaman ini mengandung bahan kimia fototoksik yang ketika disentuh maka menyebabkan kulit segera melepuh di bawah sinar matahari, sehingga kulit akan terbakar parah dan membuat jaringan luka parut. Jika digosok di mata akan dapat menyebabkan kebutaan permanen. Akibatnya, sebuah keputusan dari Wildlife and Countryside Act of 1981 menyatakan ilegal untuk menanam atau membantu dalam pertumbuhan hogweed raksasa di Inggris. Di Amerika, U.S. Department of Agriculture’s Federal juga menyatakan tanaman ini masuk dalam daftar tanaman beracun. Dimana tanaman beracun ini lebih beracun daripada tanaman beracun lainnya seperti ivy, oak poison dan sumac poison. Meskipun langkah-langkah pencegahan yang kuat telah dibuat, tetapi tanaman itu terus menyebar, dan baru-baru ini juga dilaporkan berada di Glanville, Massachusetts USA. Walaupun belum dilaporkan tanaman ini telah berada di Nusantara namun tidak menutup kemungkinan tanaman ini juga telah tumbuh di tempat kita.

Tanaman Berbahaya Ini Bisa Membakar Kulit Anda
Efek getah tanaman ini pada kulit bisa membuat parut kulit permanen
Jika anda berpikir bahwa anda telah terkena getah dari pohon hogweed raksasa ini, segera cuci kulit anda dengan sabun dan air, dan jaga agar tidak terkena paparan dari sinar matahari secara langsung atau anda akan butuh penanganan medis segera, terutama jika anda terkena getahnya di mata bagian anda. Jika anda menemukan tanaman ini di alam liar atau di halaman anda, segeralah musnahkan tanaman ini sebelum keluarga anda dan orang lain bisa menjadi korbannya. Semoga bermanfaat, terimakasih telah membaca dan Wassalamualaikum.

Baca Juga; Tanaman Karnivora Pemakan Manusia

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.