Ngeri..! Sinkhole Di Siberia Bertambah Luas Setiap Harinya

Sinkhole Di Siberia Bertambah Luas Dan Dalam Setiap Harinya

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Anda tahu sinkhole? Sinkhole adalah kawah atau lubang yang tercipta dipermukaan yang disebabkan runtuhan atau longsoran yang terjadi dilapisan tanah bagian bawah bumi. Belakangan fenomena sinkhole ini semakin menarik karena sudah semakin sering terjadi dibelahan dunia manapun. Namun yang terjadi di Siberia Rusia tepatnya di wilayah Solikamsk, sinkhole kali ini cukup menyita perhatian, karena kawah yang tercipta disini berukuran besar dan terus membesar dari sinkhole yang umumnya ditemukan ditempat lain.

Akankah dunia ini berakhir dengan cara tersedot ke lubang hitam di Siberia? mungkin itu adalah sebuah pertanyaan konyol dan tidak beralasan, tetapi kemungkinan yang ada malah semakin dekat setiap harinya, menurut orang-orang yang tinggal didekat sinkhole tersebut atau mereka yang sebelumnya tinggal disitu mengatakan, sinkhole tersebut kini empat kali lipat lebih lebar hanya dalam sembilan bulan tanpa tanda-tanda akan berhenti atau menutup.

Sinkhole Di Siberia Bertambah Luas Dan Dalam Setiap Harinya
Sinkhole di Solikamsk ketika pertama kali terbuka pada November 2014
Pada tanggal 18 November, 2014, Uralkali, sebuah perusahaan produsen pupuk kalium terbesar di Rusia mengevakuasi ribuan pekerjanya dari perusahaan tambang di Solikamsk disebuah komunitas musiman sekitar 1.000 mil berada ditimur laut dari Moscow yang dibangun seluruhnya diatas daerah pertambangan Solikamsk-2 dan tambang kalium Solikamsk-1. Banjir telah menyebabkan terjadinya sinkhole yang menganga didekat tambang, awalnya berukuran sekitar 30 meter (100 kaki). Tidak laporan tentang adanya korban yang terluka tapi warga setempat gugup karena perusahaan mengatakan kepada pekerja untuk menjauh sampai waktunya memungkinkan untuk kembali.


Banjir yang terjadi pada bulan Februari 2015 yang lalu kini telah menyebabkan sinkhole lebih lebar dari sebelumnya menjadi seluas 87 meter (285 kaki), dengan kedalaman 75 meter (250 kaki) dan telah menelan beberapa rumah yang berada disekitarnya. Perusahaan yang mengelola daerah tersebut mengatakan bahwa pertambangan masih dalam kondisi stabil, tapi operasi pertambangan sementara tetap dihentikan, disi lain para kru terus memompa air garam keluar dari satu sisi untuk mengisi sisi yang lain, menopang dinding yang ada dan menyediakan peralatan penyelamatan.

Sinkhole Di Siberia Bertambah Luas Dan Dalam Setiap Harinya
Solikamsk sinkhole terus menerus memakan rumah pada tingkat yang mengkhawatirkan
Sinkhole Di Siberia Bertambah Luas Dan Dalam Setiap Harinya
Solikamsk sinkhole saat ini
Pada tanggal 24 Agustus 2015, sinkhole tersebut telah menjadi jurang menganga berukuran 125 meter, dan terus menelan rumah-rumah yang sudah ditinggalkan. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali melihat fakta yang ada bahwa lubang itu akan terus tumbuh bertambah lebar dan membesar. Diperkirakan dilokasi tambang masih mengandung sekitar 150 juta ton kalium, dan jumlah sebesar itu membuatnya menjadi salah satu cadangan kalium terbesar di dunia. Dan ini merupakan sebuah pertaruhan bagi perusahaan yang ada sebelum Uralkali meninggalkan tambang dan semua bahan pupuk potensial itu. Karena apa gunanya semua pupuk tersebut jika sinkhole menelan semua orang yang berada disitu layaknya makanan? So mungkinkah perusahaan tambang disitu akan segera mengatakan selamat tinggal Solikamsk dan selamat tinggal Siberia. Wallahualam. Sekian, terimakasih dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.