Danau Di Afrika Akan Meletus Lagi?

Danau Di Afrika Akan Meletus Lagi?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Hmm di Afrika, diketahui ada tiga danau yang dikenal bisa meledak dan melepaskan gas karbon dioksida, diantaranya Danau Nyos dan Danau Moboun di Kamerun dan Danau Kivu di perbatasan antara Rwanda dan Republik Demokratik Kongo. Ada sekitar dua juta orang yang tinggal di sekitar Danau Kivu telah mendengar kabar burung yang tersebar bahwa danau itu akan meledak lagi setelah musim kering yang panjang. Pemerintah setempat mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, beneran tu?

Danau Nyos, Moboun dan Kivu adalah tiga danau di dunia yang memiliki letusan limnic dimana air yang sarat dengan karbon dioksida terlarut dari dasar danau yang dapat meledak sewaktu-waktu dan melepaskan gas yang cukup kuat untuk membunuh manusia dan hewan yang tinggal didekatnya. Pada tahun 1984, Danau Moboun meletus, menewaskan 37 orang. Pada saat itu, penyebabnya tidak diketahui dan banyak yang percaya bahwa ledakan dan lepasnya gas adalah serangan teror. Pada tahun 1986, Danau Nyos meletus, melepaskan sekitar 16 juta ton karbon dioksida. Awan gas menutupi lembah disekitarnya dan membunuh setidaknya 1.700 orang.

Danau Di Afrika Akan Meletus Lagi?
Sebuah jet degassing air  (pelepasan antara air dan gas) di Danau Nyos
Untuk mencegah bencana yang sama seperti ini dimasa depan, para insinyur mengatur pipa pelepasan gas dikedua danau yang mendorong air untuk terangkat keluar, melepaskan karbon dioksida dan mengembalikan air bersih kembali ke danau. Mereka juga menemukan bahwa Danau Kivu Rwanda, memiliki ukuran sekitar 2000 kali lebih besar dibandingkan Danau Nyos, dipenuhi karbon dioksida dan gas metana dan belum pernah mengalami erupsi setidaknya dalam seribu tahun terakhir.

Danau Di Afrika Akan Meletus Lagi?

Pemerintah Rwanda memulai Proyek Gas Kivu tujuh tahun yang lalu dan mengumumkan pada pertengahan September tahun ini bahwa projek Gas Metana Kivu-Watt akhirnya berhasil membebaskan karbon dioksida dari air dan menangkap metana yang ada untuk kemudian akan digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Akankah hal tersebut bisa meringankan kekhawatiran dari 2 juta orang yang tinggal di dekat Danau Kivu?

Danau Di Afrika Akan Meletus Lagi?
Lava yang mengalir ke Danau Kivu pada Januari 2002 dari letusan gunung berapi Nyiragongo
Ledakan dapat dipicu oleh longsor, gempa bumi atau letusan gunung berapi. Danau Kivu dekat Gunung Nyiragongo yang terakhir meletus pada Januari 2002. Berita tentang erupsi dan gempa bumi di sekitarnya memicu ketakutan akan danau yang dikhawatirkan akan meledak. Namun tidak diketahui dengan pasti kapan hal tersebut bisa terjadi.

Danau Kivu juga memiliki sejarah kelam dikenal dulunya merupakan sebagai tempat di mana banyak mayat korban genosida Rwanda dibuang disitu. Ya setidaknya Danau tersebut tidak akan membalas dendam, tetapi diharapkan mampu membantu meningkatkan kehidupan yang ada sekelilingnya dengan melimpahnya kesuburan tanah disekitarnya. Wassalam.

Selamat merayakan hari raya Idul Adha 1436 Hijriah, semoga kita semua mendapat keberkahan akhirat dunia, Amin.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.