Danau Ajaib Ini Muncul Hanya Dalam Semalam

Danau Ajaib Ini Muncul Hanya Dalam Semalam

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Alam tempat tinggal kita memang selalu berubah, pola permukaan tanah yang berubah, naiknya ketinggian Gunung dan bentuk lembah, danau yang terbentuk atau bahkan menghilang, gletser berliku-liku di lanskap kutub, dan semua itu menempa planet yang kita cintai ini. Sebagian besar perubahan ini berlangsung selama jutaan tahun, namun beberapa hal dari perubahan lingkungan di bumi ini memang sempat membingungkan kita, misalnya contoh yang aneh ketika ada tiba-tiba fitur geografis yang misterius muncul entah dari mana. Munculnya lubang-lubang misterius seperti yang terjadi di Siberia yang kini didokumentasikan dengan baik, tapi apa yang mungkin lebih sedikit kita ketahui adalah pertunjukan alam misterius yang satu ini, yakni dengan hadirnya dua danau di Afrika secara tiba-tiba, yang pastinya muncul entah dari mana, dan jelas mengejutkan penduduk setempat bahkan merasa terpesona.


Salah satu danau misterius muncul dalam tempo semalam di salah satu tempat yang memang paling harapkan adanya kehadiran danau adalah berada di tengah-tengah tanah yang terbakar terik, disebuah gurun kering di Tunisia. Pada bulan Agustus 2014, para gembala di wilayah lanskap gersang Gafsa bagian tengah Tunisia sedang keluar untuk bekerja keras di bawah sinar matahari pada musim panas, ketika mereka tanpa sengaja mereka menemukan sebuah keajaiban yang pastinya mengejutkan mereka dalam keheningan, bagaimana mereka tidak terkejut ya? tiba-tiba saja tampak danau berkilauan di gurun panas di mana tidak pernah ada sebelumnya. Seorang pria bernama Mehdi Bilel yang pertama kali melihat pemandangan aneh di gurun tersebut mengatakan:

"Setelah beberapa jam panjang berjalan tanpa istirahat, jujur ​​saya pikir saya sedang berhalusinasi. Saya tidak tahu banyak tentang ilmu pengetahuan dan sempat berpikir mungkin itu adalah sihir, sesuatu yang supranatural."

Danau misteri di daerah itu memiliki kedalaman rata-rata 10 sampai 18 meter, dan dianggap sebagai semacam keajaiban oleh suku-suku setempat, yang mereka memang tidak terbiasa untuk melihat kumpulan air dalam jumlah yang banyak, kekeringan selalu melanda wilayah itu. Karena ukuran danau yang mengesankan ini, orang di daerah itu kemudian mendirikan pantai darurat, yang penduduk setempat menyebutnya Lac de Gafsa, atau "Gafsa Beach," dan banyak orang berbondong-bondong ke sana untuk berenang dan mendinginkan tubuh dari suhu terik berkisar 40 C panas di kawasan itu. Benar-benar pemandangan yang luar biasa untuk melihat orang-orang menyelam, berenang, dan mendayung sekitar pantai danau tersebut, di tengah-tengah salah satu tempat terpanas dan paling gersang wilayah di dunia. Darimana keajaiban ini datang? Mungkinkah seorang yang saleh yang memiliki doa mustajab telah mengaminkan keinginan dari doa yang dipanjatkan oleh penduduk setempat yang selalu dilanda kekeringan?

Danau Ajaib Ini Muncul Hanya Dalam Semalam
Danau Misterius Gafsa
Yang lebih membingungkannya lagi adalah tidak diketahui pasti kapan danau ini terbentuk, karena kawasan ini memang jarang penduduknya, tetapi sebagian besar pendapat sepakat bahwa danau itu terbentuk secara cepat. Alasannya juga tidak terlalu dipahami dengan baik. Salah satu teori lain adalah bahwa gempa kecil bisa memiliki retakan pada bagian bawah tanah akuifer, memungkinkan air bawah tanah melompat ke permukaan, tapi tidak ada akuifer disini yang bisa bertanggung jawab pada apa yang telah ditemukan. Teori lainnya mempertahankan ide bahwa danau itu hanya genangan air hujan yang berkumpul di ngarai, meskipun danau ini diperkirakan telah terbentuk di tengah kekeringan dan berada didaerah yang menerima sedikit curah hujan. Sejauh ini, ahli geologi belum mampu untuk mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi di sini, dan asal muasal danau ini terbentuk tetap menjadi misteri. Sebagian besar penduduk setempat percaya bahwa danau tersebut tercipta dengan cara ajaib diluar alam fikir manusia, sebagai berkat bagi orang-orang yang hidup di sini di medan dengan suhu yang tak kenal ampun.

Namun, bisa jadi juga danau misterius ini adalah kutukan. Ah masa? soalnya warna kristal biru air perlahan berubah menjadi hijau berlumpur karena mekarnya ganggang air, yang dapat berpotensi menjadi racun. Kehadiran begitu banyak ganggang juga berarti bahwa air tidak bersirkulasi alias tidak terisi ulang dan tidak mengalir, jelas bisa berpotensi menjadi limbah dari bakteri dan penyakit. Ada juga beberapa kekhawatiran bahwa air danau itu juga bisa terkontaminasi dengan fosfat dari pertambangan. Wilayah ini telah banyak ditambang demi mencari fosfat sejak ditemukan di wilayah selatan Tunisia pada tahun 1886, dan Tunisia kini merupakan eksportir terbesar kelima fosfat di dunia, dengan kota Gafsa menjadi pusat industrinya. Potensi adanya fosfat dan residu mungkin bahkan radioaktif di air danau bisa berarti bahwa hal itu adalah potensi karsinogenik, yang telah mendorong Kantor Keselamatan Publik Gafsa untuk mengeluarkan peringatan tentang bahaya berenang di sana. Namun demikian, peringatan tersebut tidak diperdulikan oleh kerumunan orang-orang yang masih datang berenang untuk mendinginkan diri dari gurun panas yang ekstrim.

Danau Ajaib Ini Muncul Hanya Dalam Semalam
Danau Misteri Tunisia
Tunisia bukanlah satu-satunya rumah bagi munculnya danau misterius. Di Nigeria, danau lain juga muncul di tengah-tengah masyarakat Ameke Nanchi, di negara Enugu, dan dipercaya sebagai tempat penyembuhan magis oleh penduduk setempat. Diduga, pada tanggal 11 November, 2014, gembala setempat mendengar ledakan hebat seperti bom, dan ketika mereka pergi untuk menyelidiki sumber kebisingan itu mereka malah menemukan air misterius memancar dari tanah. Para gembala memuji pemandangan itu sebagai keajaiban yang diramalkan oleh legenda lokal dan membawa pulang air tersebut, air itu kemudian dilaporkan dibawa ke seorang teman mereka yang buta dan kemudian disembuhkan oleh air itu. Sementara itu danau tersebut tumbuh hingga ukurannya mencapai sekitar 170 meter dalam diameternya. Hal ini masih belum difahami apa yang menyebabkan air itu muncul hingga menyerupai suara ledakan.

Kabar kekuatan penyembuhan ajaib dari air danau tersebut akhirnya menyebabkan banyak orang yang merasa putus asa berdatangan dari seluruh negeri dengan harapan sembuh dari segala macam penyakit. Banyak orang yang telah datang di sini melaporkan telah sembuh dari berbagai penyakit fisik, termasuk kebutaan, tuli, penyakit, dan luka-luka. Salah seorang yang menderita kelumpuhan mengklaim bahwa kekuatan restoratif pada air danau itu telah memungkinkan dia untuk bisa berjalan lagi, dan cerita-cerita ajaib lainnya berlimpah. Klaim tahayyul ini memiliki pengaruh besar pada rakyat di daerah miskin ini, dan ratusan orang per hari dikabarkan datang ke sini hanya untuk mandi di air kotor dari danau tersebut. Danau itu kini dikenal dengan banyak nama seperti "Kolam Betsaida," yang "Sungai Yordan," "Ogbongwu," dan lain-lain, bahkan telah mulai menarik orang-orang dari negara-negara tetangga, seperti Ghana, Togo, dan Republik Benin. Ada begitu banyak orang dari segala usia tiba di sini dari seluruh penjuru, efek lainnya dari kemunculan danau itu adalah banyak penduduk setempat melihat hal itu sebagai peluang bisnis, dengan penjual makanan, menjual wadah plastik untuk air, dan bahkan operator sepeda motor dan taksi komersial, semua mendirikan toko mini didekat danau misteri itu untuk mengambil keuntungan dari melimpahnya pengunjung.

Mereka yang datang ke danau yang konon untuk mendapatkan kekuatan ajaib akan mandi di sini, minum air, dan bahkan memotong kulit kayu dan batang dari tumbuhan sekitarnya yang dipercaya dapat digunakan untuk membuat teh penyembuhan. Beberapa orang bahkan membawa foto-foto orang yang dicintai dan mulai berdoa untuk mereka di sini. Meskipun danau ini adalah yang terbesar dari danau yang pernah muncul secara tiba-tiba, tetapi dikatakan bahwa ini bukanlah pertama kalinya danau itu telah muncul secara ajaib. Danau ini diduga pertama kali terbentuk pada tahun 1992, setelah itu kemudian menghilang lagi. Perdana Menteri Ameke-Nachi, Kepala Dominic Onuigbo, mengatakan bahwa danau itu bahkan lebih tua dari dugaan yang ada, dan telah muncul sebanyak tiga kali dalam 80 tahun terakhir, selalu muncul ditempat terkering, didaerah terpanas. Legenda daerah yang ada mengatakan bahwa jika ada yang benar-benar berdoa disini, maka air penyembuhan ajaib akan mulai muncul dan mengalir.

Danau Ajaib Ini Muncul Hanya Dalam Semalam
Danau Misteri Nigeria
Dari semua kabar pembicaraan tentang isu penyembuhan ajaib danau misteri Nigeria itu telah menjadi penyebab keprihatinan bagi otoritas dan petugas kesehatan setempat. Karena petugas setempat menganggap air di sini dianggap kotor, ditambah orang-orang yang membuang air kecil dan buang air besar di pantainya serta ribuan mayat dicuci dan dimandikan disitu, airnya berbau busuk, sehingga lebih sudah menyerupai air sup kotor berisi penyakit. Diperkirakan bahwa epidemi dapat menyebar yang disebabkan oleh orang-orang yang tertular penyakit seperti kolera yang mandi di danau itu, antara lain banyak juga yang tanpa sadar membawanya dari tempat mereka berasal. Kolam ini juga tempat berkembang biak yang sangat menarik untuk nyamuk, dan berpotensi sebagai endemic wabah malaria yang mengerikan. Kurangnya lengkapnya tindakan pencegahan keselamatan di danau itu dan keyakinan takhayul bahwa air ajaib itu tidak mungkin menyebabkan penyakit hanya menambah masalah yang ada. Waktu akan membuktikan jika danau ini adalah tempat penyembuhan atau malah membawa kematian.

Di planet tercinta kita ini perubahan geografis secara konstan terjadi selama ribuan tahun, dan hal itu selalu mengherankan bila lanskap berubah tiba-tiba dalam semalam. Ini adalah pengingat bahwa kita masih jauh dari pemahaman yang lengkap tentang dunia ini dimana kita hidup. Kita hanya dapat melihat penampilan misterius tiba-tiba seperti munculnya sebuah danau di tengah gurun yang membuat bingung hingga menggaruk kepala kita sendiri dengan dipenuhi tanda tanya. Ya disisi lain semua hal itu bisa menambah keimanan kita tentang betapa luasnya kekuasaan Allah, dimana kita diperintah untuk memikirkan penciptaan jagad raya ini dengan segala sains dan misterinya, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih. Wassalamualaikum.

Baca Juga; 7 Tempat Paling Terpolusi Di Dunia

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.