Cara membuat blog berbasis blogspot untuk pengajuan adsense bagi pemula

Cara membuat blog berbasis blogspot untuk pengajuan adsense bagi pemula
Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Ada banyak orang yang ingin membuat blog dengan bermacam-macam motivasi, mulai dari sekedar sharing diari sehari-hari hingga blog yang ditujukan sebagai pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang. Blogging memang sangat menyenangkan, apalagi bagi anda yang hobi menulis dan berbagi informasi serta pengalaman, dan manfaat yang didapatpun bisa begitu luas, anda bisa menemukan banyak teman-teman baru, hingga mendapat penghasilan dengan potensi tidak terbatas dari monetisasi blog anda. Nah pada pertemuan kali ini saya akan menulis tentang tutorial khusus pemula cara membuat blog berbasis blogspot yang ditujukan untuk monetisasi adsense.


*WARNING - TUTORIAL INI DIKHUSUSKAN KEPADA BLOGGER PEMULA SEMATA

Bagi para master dan yang sudah lama berlalu lalang dalam dunia blogging sepertinya tutorial ini hanya akan menjadi postingan biasa belaka, tetapi saya harap artikel kali ini bisa membantu mereka para pemula yang ingin membuat blog berbasis layanan blogging gratis milik google, yakni blogspot. Baiklah langsung saja saya jabarkan langkah-langkah memulai sebuah blog versi pengalaman saya dan teman-teman blogger lainnya.

1. Langkah pertama adalah anda diwajibkan membuat sebuah akun Gmail. Setelah akun Gmail anda buat, maka selanjutnya.

2. Masuk ke page https://www.blogger.com lewat akun email yang anda buat tadi. Karena blogger.com juga salah satu layanan dari google maka anda tidak perlu membuat akun blogger lagi, cukup login dengan akun gmail anda.

Tampilan awal saat pertama kali membuka dasbor blogger

Opsi membuat blog baru

3. Di halaman dasbor blogger anda, langsung saja anda buat nama blog baru anda, yakni Judul Blog dan alamat blog anda. Jika alamat blog yang ingin anda daftarkan tidak tersedia, maka silahkan ubah dengan alamat yang lain se-unik mungkin untuk mendapatkan link yang tersedia, setelah anda berhasil mendapatkan alamat blog anda, maka selanjutnya langsung saja anda klik "buat blog!"

Menulis judul blog dan alamat blog baru

4. Langkah selanjutnya adalah masuk ke opsi "setelan", dan edit deskripsi blog anda, dibagian ini anda isi dengan penjelasan singkat tentang blog anda.

Membuat deskripsi blog

5. Kemudian, masih berada di opsi "setelan", anda klik di menu "Preferensi Penelusuran", dan aktivkan "deskripsi penelusuran", di bagian ini anda isi tentang kata kunci yang relevan dengan isi blog anda dan bila dirasa sudah cukup maka "simpan perubahan".

Membuat deskripsi penelusuran blog

6. Kemudian klik di "Entri baru" untuk segera menulis artikel anda, Pola penulisan yang baik untuk sebuah blog adsense adalah; 

- Minimum artikel anda memiliki 300 kata, yang terbaik diatas 1000 kata. 
- Sertakan gambar yang relevan. 
- Selalu selang satu baris untuk memulai alinea baru, 
- Isi "image properties" dengan judul gambar dan alt text.
- Buat label artikel yang sesuai dengan kategori tulisan anda
- Isi "Search Description" dengan kata-kata singkat yang mewakili isi tulisan artikel anda
- Pastikan opsi alignment rata sisi kiri dan kanan agar tulisan terlihat rapi

Meng-upload gambar

Membuat judul artikel dan menulis artikel blog

Klik pada gambar, dan tambahkan image properties

Membuat label atau kategori tulisan

Membuat deskripsi penelusuran artikel

Setelah artikel dirasa sudah selesai anda tulis, langsung saja anda publish untuk segera online diinternet dan bisa dibaca oleh pengunjung blog anda, dan jangan lupa men-sharingnya di G+ anda. Buatlah artikel yang unik, jangan menduplikat artikel milik orang lain. Untuk bisa mengajukan adsense, sebaiknya anda menulis setidaknya 25 artikel paling minimum.

7. Buat laman wajib berupa about, contact, privacy policy dan sitemap. Untuk tulisan di laman wajib anda bisa melihat contoh atau mengcopynya dari blog saya ini, tetapi jangan lupa untuk menggantinya dengan link blog milik anda sendiri.
Membuat laman wajib, about us, contact, privacy policy dan sitemap
8. Pilih template yang tidak ribet dan juga sudah berstandar SEO (search engine optimization), dalam hal ini saya menyarankan anda memasang template versi dua kolom responsive, anda bisa mencari nya di google dan men-download template gratis untuk diinstall ke dalam blog anda, rekomendasi untuk template gratis terbaik menurut saya adalah miliknya Arlina Design, <--- klik disitu untuk memilih dan mendownload template yang sesuai dengan selera anda.

Contoh template responsive

Bagi anda yang belum terbiasa meng-edit kode HTML di template blog anda, anda bisa mencari tutorial yang bertebaran di mesin pencari, atau meminta jasa teman atau orang lain yang mengerti untuk menseting template yang sesuai dengan yang anda inginkan. Dan jangan lupa mematikan opsi tampilan template seluler bawaan blogger.

Upload file xml template baru
Matikan fungsi template seluler bawaan blogger

9. Kemudian jika setelah anda rasa seting template sudah cukup, maka selanjutnya adalah menambah widget-widget wajib yang berada di opsi "Tata Letak". Beberapa widget yang sebaiknya anda pasang adalah sbb;

- Widget Label
- Widget Popular Post
- Widget Google Follower
- Widget G+
- Widget Arsip

Manmbahkan beberapa widget blog

10. Install Favicon untuk blog anda, dan buat gambar header yang cocok dengan blog anda, untuk favicon anda bisa mendownloadnya di SINI, dan untuk membuat gambar header anda bisa membuatnya di SINI.

*Favicon adalah simbol kecil yang mewakili blog atau web anda, favicon bisa diupload di opsi "favicon" pada opsi "Tata letak".

*Gambar header adalah gambar banner dari lambang atau logo blog anda, Gambar header bisa diupload di opsi Header di bagian "Tata Letak".

11. Jika anda menghendaki mendapat akun adsense non-hosted, maka blog anda diwajibkan untuk memasang domain baik dot com, dot net atau dot id terserah selera anda, namun jika anda hanya butuh sebuah akun adsense hosted maka anda tidak harus memasang domain, namun menurut saya dengan adanya domain tentu blog anda akan terlihat lebih professional.

12. Untuk selanjutnya anda diwajibkan untuk men-submit blog anda ke google webmaster dan google analytic, 

Image by; kindbloggers.com

Untuk selanjutnya maka ada beberapa hal yang harus anda hindari, dimana hal tersebut bisa membuat pengajuan adsense anda ditolak, lebih detilnya sbb;

- Jangan menulis artikel tentang pornografi, kekerasan, rasis, rokok, judi, senjata, narkoba, tips sexual, hacking, cracking, malware dan pembajakan hak cipta.
- Jangan menyertakan link dalam blog anda yang merujuk ke web-web yang mengandung hal seperti diatas.
- Jangan pasang widget hitstats, lagu-lagu otomatis, script pop-up like, video dan gambar flash atau animasi selama pengajuan akun adsense. Setelah diterima akun adsense maka itu tidak menjadi masalah lagi.
- Jangan menulis artikel yang terlalu pendek
- Jangan memasang iklan lain atau saingan google adsense selama masa pengajuan.
- Jangan pasang script auto redirect di halaman tertentu.
- Jangan memasang link rujukan secara berlebihan dalam postingan anda
- Selalu cek link Error di google webmaster, jika ditemukan adanya link yang error, maka segera perbaiki atau hapus.

Baca Juga: Rahasia saya selalu mendapat approval adsense

Nah emosi muda, jika anda mengikuti semua petunjuk singkat diatas, maka saya yakin insha Allah blog anda sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti program periklanan google adsense, jika blog anda masih belum disetujui maka hal itu menjadi PR bagi anda untuk meningkatkan kualitas tulisan dan meningkatkan potensinya agar tampil lebih baik dimata google adsense. Terus melakukan riset dan uji coba, dan jangan berhenti sebelum berhasil.

Sebenarnya google sendiri tidak menyarankan suatu blog dibuat khusus untuk adsense (MFA = Made For Adsense), google menyarankan anda membuat blog dan menulis artikel atas dasar kecintaan dan idealisme anda sendiri, sementara adsense hanyalah nilai bonus dari kerja keras anda. Google menyadari dimana sebuah tulisan yang ditulis dari hati maka akan bernilai tinggi bagi para pengunjung ketimbang membuat tulisan dengan motivasi penghasilan dari adsense. So poin disini diharapkan anda bisa membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung atas dasar ide dan idealisme anda untuk berbagi informasi, karena jika hanya uang yang menjadi motivasi membuat blog, maka tak jarang tulisannya sering amburadul dan terkesan dipaksakan, hal ini menyebabkan kekecewaan bagi visitor yang berharap mendapatkan konten yang bermanfaat di blog anda, saya yakin anda mengerti.

Semakin unik tulisan anda dan semakin rajin anda meng-update postingan maka akan sebaik pula posisi anda bagi para pengunjung. Secara umum sebuah blog akan mulai teroptimisasi dengan baik jika sudah usianya sudah berada diatas enam bulan, dengan catatan blog tersebut selalu ter-update dengan baik. Jangan lupa juga untuk mempromosikannya baik di sosial media dan dikomunitas netizen lainnya, sebuah blog dengan tulisan yang bermanfaat maka akan banyak dijadikan rujukan sehingga akan banyak pula para visitor yang membuat link rujukan menuju blog anda (backlink), hal ini menciptakan popularitas, sehingga sangat membantu blog anda untuk berada diposisi yang lebih baik dalam pencarian digoogle.

Berikut contoh blog berbasis blogspot, miliknya mbak Fadia, seorang blogger pemula yang telah mendapat approval adsense dalam waktu seminggu penngajuan - Duniaku -. Dan blog yang sedang anda baca saat ini juga berbasis blogspot :D

Demikianlah para visitor yang budiman tutorial singkat ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua dan menjadi amal jariyah bagi saya, selamat membuat blog baru dan semoga sukses. Jika ada kritik dan masukan silahkan berkomentar dibawah ini. Terimakasih telah membaca dan Wassalamualaikum.

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

18 comments

comments
11 September 2015 09.53 delete

Terima kasih ilmunya. Lanjutkan menulis ya kaka' ...

Reply
avatar
11 September 2015 10.05 delete

Sama-sama, Terimakasih juga sudah berkunjung ya

Reply
avatar
11 September 2015 13.20 delete

Mas kalo dari blogspot ngajuin adsense klao uda umur berapa?

Reply
avatar
11 September 2015 20.46 delete

Thanks bang, artikel yang sangat bermanfaat .

Reply
avatar
15 September 2015 16.32 delete

Saya cuma 4 hari udah saya ajukan om, hari ke-enam diterima adsense, itu pengalaman saya

Reply
avatar
16 September 2015 00.00 delete

MªªªªñÑñŤŤŤªªªªªPPPP bang, イєгเ๓คкครเђ sekali, sangat bermanfaat bagi pemula sepertiku, ponselgraphy.blogspot.com

Reply
avatar
21 September 2015 21.12 delete

イєгเ๓คкครเђ ya bang, berkat saran dan masukan abang adsenseku akhirnya diapproved
Boleh dong mampir ke ponselgraphy.blogspot.com buat saran dan masukan selanjutnya 👍

Reply
avatar
21 September 2015 22.22 delete

Alhamdulillah kalo udah berhasil om, selamat

Reply
avatar
21 September 2015 22.26 delete

Alhamdulillah, tetap menuggu kritik & saran abang
Setelah berpuluh kali ditolak akhirnya.....
✗Ȋ✗Ȋ✗Ȋ◦"̮:D"̮◦✗Ȋ✗Ȋ✗Ȋ◦

Reply
avatar
8 Oktober 2015 23.52 delete

Selamat om, semoga sukses :D

Reply
avatar
13 November 2015 19.49 delete

panjang tapi saya mengerti dan tersa terbantu, saya masih peumula bang.. sukses sllu.

Reply
avatar
5 Desember 2015 12.58 delete

Bang, kenapa tombol penghasilan blog ane masih buram padahal umur blog sudah 6 bulan?

Reply
avatar
7 Desember 2015 01.53 delete

Saran saya jangan menunggu tab penghasilan blogspot terbuka dulu om, dan usahakan jangan mendaftar adsense lewat blogspot, blognya segerakan pasang domain dan langsung aja mendaftar adsense di www.adsense.com

Reply
avatar
19 Desember 2015 07.36 delete

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar
19 Juli 2016 21.47 delete

Mas,kalo boleh tau,sarat di approve adsense ada minimal artikel nya gag?,kalo ada minimal nya brapa artikel mas? Trimakasih sblum nya mas, saya sudah berulang kali daftar tapi blum di aprove,mohon bantuan ya mas

Reply
avatar
20 Juli 2016 02.47 delete

Pengalaman saya paling minim 26 post udah di terima om

Reply
avatar

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.