Bagaimana Belut Merak Asal Asia Tenggara Bisa Berada Di Danau Kanada?

Bagaimana Belut Merak Asal Asia Tenggara Bisa Berada Di Danau Kanada?

Halo emosi muda,.. Assalamualaikum. Pantai Wasaga di Georgia Bay Danau Huron di Ontario negeri Kanada diakui sebagai pantai air tawar terpanjang di dunia. Dimana baru-bari ini menjadi pantai itu juga dikenal sebagai tempat di mana ratusan belut merak dari Asia Tenggara secara misterius mati terdampar. Bagaimana makhluk yang berasal dari Thailand ini bisa berada di Kanada? tentunya hal ini merisaukan para ahli satwa liar termasuk aktivis konservasi alam setempat.

Terdamparnya belut merak yang mati di daratan dekat muara Sungai Nottawasaga pada awal September 2015 lalu menjadi pertanyaan bagi warga Kanada. Moncong yang runcing, dan ekor yang tidak terlihat layaknya jenis belut yang biasanya berenang di Danau Huron atau danau besar yang lain, belut merak yang mati sampelnya kemudia dikirim ke Departemen Sumber Daya Alam dan Kehutanan (MNRF), yang menetapkan bahwa ini jenis belut merak (Macrognathus siamensis), juga dikenal sebagai belut siam berduri atau belut merak berduri. Belut merak dilaporkan belum pernah terlihat sebelumnya di salah satu Great Lakes Kanada.

Belut jenis ini adalah jenis ikan air tawar asli asal Thailand (Siam) dan juga ditemukan di sungai- sungai di India, Sri Lanka, Sumatera dan Malaysia. Di perairan asal mereka, belut merak adalah ikan yang hidup didasar air yang dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 40 cm (15 inci), kehadiran mereka di danau-danau kanada adalah salah satu hal yang dikhawatirkan oleh ahli satwa liar Great Lakes.

Bagaimana Belut Merak Asal Asia Tenggara Bisa Berada Di Danau Kanada?
Belut Merak yang mati
Mengapa hal itu bisa mengkhawatirkan? sangat jelas, kehadiran hewan pendatang biasanya akan merusak ekosistem lokal yang ada disana. Yang menjadi pertanyaan saat ini bagaimana belut merak bisa sampai ke Danau Huron? Padahal awalnya ikan tersebut hanya menjadi ikan akuarium yang populer, kemungkinan besarnya ikan itu memang dibuang oleh pemiliknya yang ceroboh. Namun hal itu tidak menjelaskan mengapa ada ratusan belut merak di Sungai Nottawasaga dan Georgia Bay. Ini malah terdengar sepertinya ini memang karya seorang peternak belut atau importir yang tidak mengetahui efek buruk dari penyebaran spesies import.

Lalu ada pertanyaan tentang hal apa yang membunuh belut ini? Sebagian pendapat mengatakan bahwa perubahan ilklim dari spesies tropis, para ahli tidak percaya bahwa belut ini bisa bertahan pada musim dingin di Danau Huron, tapi anehnya saat ini air masih hangat. Apakah ada sesuatu yang mereka makan? Atau apakah ada sesuatu yang salah dengan mereka? Mungkinkah sesuatu yang membunuh mereka juga bisa mempengaruhi ikan lain di daerah tersebut? Akankah menyebar ke yang danau-danau besar lainnya? Bagaimana jika para ahli salah perhitungan dan beberapa ekornya mungkin  berhasil bertahan musim dingin dan kemudian berkembang biak? Jelas hal ini akan berdampak pada ikan lokal? The Great Lakes sendiri adalah kelompok danau terbesar dari danau air tawar di Bumi. Dan akan menjadi tragis jika spesies di danau ini akan hancur oleh seseorang yang telah melepaskan hewan pendatang dari tempat lain.

Bagaimana Belut Merak Asal Asia Tenggara Bisa Berada Di Danau Kanada?
Pantai Wasaga - Great Lake - Kanada
Nah emosi muda,. dari tulisan diatas tentu ada yang perlu kita fahami bahwa keseimbangan alam perlu dijaga, tiap-tiap daerah memiliki ekosistem unik masing-masing, dimana keberadaan ekosistem yang ada bisa sangat terganggu oleh hewan pendatang dari daerah lain yang masuk dan berkembang biak. Sudah banyak kejadian dimana terjadi kepunahan spesies dan kerusakan alam akibat manusia melepaskan spesies pendatang ke daerah lainnya yang menyebabkan terjadi ketidakseimbangan rantai makanan, jelas hal ini juga akan merugikan manusia itu sendiri. Semoga anda berfikir. Sekian, terimakasih dan Wasssalamualaikum.
Trims :)

G+

Seorang yang cukup gila dalam sisi lain kehidupan, yang jelas saya normal dan please jangan banyak protes :p, visit my FACEBOOK

Related Posts

Previous
Next Post »

Saya sangat mengharapkan feedback dari pembaca mengenai postingan yang saya tampilkan. Komentar yang anda tulis harap di ketik dengan bahasa yang sopan, apabila saran dalam bentuk kritikan adalah kritikan yang membangun. Tidak meninggalkan link aktif, spamming (I do hate that), ataupun komentar yang tidak berhubungan dengan postingan.